Home Story 15 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

15 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat tentu saja menjadi hal yang sangat penting, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Sistem daya tahan tubuh memiliki peranan penting untuk melindungi tubuh kita dari serangan organisme asing dan bakteri yang dapat membuat kita sakit. 

Karenanya, penting untuk selalu menjaga imun tubuh agar terhindar dari penyakit. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh. 

1. Pisang

Ini dia salah satu buah yang dapat meningkatkan imun tubuh yang wajib kamu konsumsi. Selain kaya akan kandungan potassium, pisang juga mengandung vitamin B6, C, tembaga, protein, magnesium, mangan, dan serat.

Kamu harus konsumsi buah pisang setiap hari karena harganya murah, nutrisinya banyak, dan rasanya enak.

2. Oats

Beta-glucan adalah salah satu kandungan di dalam oats yang membuat makanan ini menjadi kandidat kuat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Saat kamu konsumsi, Beta-glucan akan “menjaring” kolesterol di saluran pencernaan yang membuat badan jadi lebih sehat.

Beta-glucan juga stimulan darah putih yang bagus dan efisien karena bertindak sebagai agen imunomodulator di tubuh.

Di pasaran Quaker Oatmeal adalah brand oatmel yang terkenal dan bisa kamu beli untuk sarapan atau kamu olah lagi menjadi overnight oat.

3. Brokoli

Sayur brokoli sangat kaya akan kandungan vitamin C dan juga antioksidan. Dua kandungan ini adalah “kunci” untuk mempertahankan imunitas tubuh tetap tinggi dan terhindar dari penyakit.

Brokoli bisa kamu beli di tukang sayur sekitar rumah untuk kamu olah menjadi pelengkap saat makan siang dan malam.

4. Tomat

Kandungan likopen dan folat di dalam tomat adalah nutrisi alami untuk meningkatkan imun tubuh yang efektif. Tomat adalah sayuran yang wajib Carnivores konsumsi karena harganya murah, carinya gampang, dan cara olahnya juga bervariasi.

Enaknya, tomat juga bisa kamu hidangkan sebagai jus. Tambah sedikit gula supaya manis tidak akan menghilangkan kandungan nutrisinya, kok.

5. Yoghurt

Mengandung kadar protein tinggi, karbohidrat kompleks, dan lemak yang sehat bagi tubuh, yoghurt adalah makanan peningkat imun yang bagus dan boleh kamu konsumsi setiap hari.

Kamu akan mendapat kalsium, fosfor, riboflavin dan vitamin B12 dari segelas yoghurt yang bisa kamu beli dari toko online atau supermarket.

6. Ayam

Setiap 100 gr daging ayam bagian dada, kamu akan mendapat 29.5 gr protein, 7.7 lemak, dan 188 kalori.

Dengan jumlah makro nutrisi yang lebih dominan protein di dalamnya, ayam adalah makanan terbaik untuk menjaga imun tubuh karena kadar proteinnya sangat tinggi.

7. Putih Telur

Selain ayam, putih telur juga mengandung kadar protein tinggi. Setiap 100 gr putih telur, kandungannya adalah 10.9 gr protein, 0.2 gr lemak, 0.7 karbohidrat, dan 52 kalori.

Dengan makro nutrisi seimbang dan lebih didominasi protein, putih telur adalah makanan praktis untuk bisa memenuhi rekomendasi protein harian menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kemenkes RI.

8. Kuning Telur

Keunggulan putih telur adalah protein, sedangkan keunggulan kuning telur adalah vitamin. Vitamin B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E, dan K ada di dalam kuning telur yang membuatnya sangat bagus untuk meningkatkan imun tubuh.

9. Salmon

Salah satu kandungan salmon adalah asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai pembentuk struktur sel tubuh. Asam lemak omega-3 juga sangat baik untuk melancarkan produksi hormon, menjaga jantung, dan kesehatan paru-paru.

Dibandingkan makanan lain, harga salmon memang agak mahal, tapi karena kandungannya superior, sesekali mengonsumsi salmon sangat worth it, lo, Carnivores.

10. Jamur

Vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin C, folat, potassium, dan fiber, ada di dalam jamur. Inilah kenapa alasan jamur sangat bagus sebagai peningkat imun - selain itu, harganya juga murah.

Beberapa jamur mengandung vitamin D2 yang bagus kalau kamu kekurangan vitamin D natural, alias tidak pernah terkena sinar matahari langsung.

11. Kunyit

Kandungan curcumin di dalam kunyit berfungsi sebagai pendorong sistem kekebalan tubuh. Bisa dibilang, curcumin adalah “antivirus” natural terbaik yang bisa kamu dapatkan untuk tubuh.

Bagus untuk antiinflamasi dan mengobati osteoartritis serta artritis reumatoid, kamu bisa mencampur kunyit saat memasak hidangan apapun di dapur sebagai rempah-rempah tambahan.

12. Kacang Almond

Cara meningkatkan imun tubuh saat sakit yang paling gampang adalah mengonsumsi kacang almond. Orang dewasa membutuhkan 15 mg vitamin E setiap hari. Dengan mengonsumsi 46 buah almond utuh, kamu sudah bisa memenuhi standar ini dan membuat tubuh lebih kebal dari virus.

13. Bawang Putih

Bukan cuma bagus sebagai perasa tambahan untuk segala jenis makanan, bawang putih juga bagus  untuk kesehatan. Kandungan senyawa yang mengandung belerang seperti allicin yang berkonsentrasi tinggi inilah yang membuat tubuh kamu mempunyai imun tinggi.

Apapun makanan yang kamu konsumsi setiap hari, pastikan ada bawang putih di dalamnya

14. Jeruk

Sumber vitamin C terbaik yang murah meriah adalah buah jeruk. Ketika rutin mengonsumsi jeruk, produksi sel darah putih kamu akan meningkat tajam. Hasilnya, tingkat imunitas kamu jadi lebih tinggi dan bisa melawan infeksi dengan efektif.

15. Daging Sapi

2 daging steak holycow

Daging merah atau daging sapi adalah sumber protein terbaik untuk tubuh. Bukan cuma itu, daging sapi juga mengandung asam amino bernama karnosin yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Karnosin juga membuat tubuh lebih bertenaga yang membuat kamu bisa berolahraga dan beraktivitas lebih lama dari biasanya.

Mengonsumsi Makanan Bergizi Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Apakah harus rutin mengonsumsi 15 makanan di atas setiap hari supaya imun tubuh tidak drop? Karena terlalu banyak, kamu tidak harus mengonsumsi semuanya, kok. Kamu bisa memilih yang paling penting saja. Contohnya adalah ayam, telur, dan daging sapi.

Kenapa ayam, telur, dan daging sapi jadi yang paling penting? Karena ini adalah makanan yang kadar proteinnya paling tinggi dan makro nutrisinya bagus untuk menjaga dan meningkatkan imun.

Karena ayam dan telur mudah pengolahannya, kamu bisa mempersiapkannya sendiri di rumah.

Leave a comment

All comments are moderated before being published