Home Story Ngantuk? Berikut 12 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Ngantuk? Berikut 12 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Mengantuk adalah hal yang wajar pada manusia normal. Namun mengantuk saat bekerja membuat Kamu tidak fokus saat menyelesaikan pekerjaan. Karenanya penting sekali untuk tahu cara menghilangkan ngantuk saat bekerja

Artikel ini akan membagikan tips untuk menghilangkan kantuk saat bekerja. Apa saja? Yuk Simak selengkapnya.

Cara Hilangkan Kantuk Saat Bekerja

Rasa kantuk saat sedang bekerja tentu sangat mengganggu produktivias kamu. Bila kamu kerap kali mengalami hal ini, berikut ini merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan rasa kantuk saat sedang bekerja.

1. Tidur yang Cukup

Dr Saddam Ismail dalam akun Youtube menjelaskan tentang pentingnya tidur yang cukup untuk mengurangi ngantuk di keesokan hari. Menurut dr Saddam, kurang tidur akan membuat Kamu gampang lelah, mengantuk, cemas, pusing dan stres.

Dari Sleep Foundation, orang dewasa berusia antara 26 hingga 64 tahun, membutuhkan tidur antara tujuh hingga sembilan jam dalam sehari. Tidur yang cukup juga merupakan cara menghilangkan ngantuk saat bekerja di pagi hari. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, hindarkan semua gangguan yang dapat membuat Kamu selalu terjaga, seperti gadget atau televisi

2. Minum Air yang Cukup

Masih menurut dr Saddam, minum air yang cukup, efektif untuk membantu mengurangi rasa kantuk. Saat tubuh kekurangan cairan, ini akan membuat jantung memompa darah lebih cepat, sehingga tubuh lebih gampang lelah dan mengantuk.  

Mengutip dari laman mayoclinic, Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menetapkan jumlah cairan harian bagi dewasa. Yaitu sekitar 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita dewasa.

3. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Berlebihan

Konsumsi karbohidrat tinggi seperti nasi akan membuat tubuh menjadi gampang mengantuk. Karena umumnya karbohidrat tinggi cepat diserap menjadi glukosa atau energi. 

Meningkatnya gula darah akan membuat tubuh memberikan respon dengan menghasilkan hormon insulin. Lalu menyebabkan kadar hormon serotonin dan hormon melatonin meningkat, sehingga menyebabkan mengantuk.

Sebaiknya Kamu tidak sarapan dan makan siang dengan menu nasi dalam porsi yang sangat banyak. Kamu bisa mengganti nasi dengan karbohidrat kompleks misalnya kentang, nasi merah, dan roti gandum. Dengan begitu Kamu dapat tetap berenergi dan kenyang lebih lama. 

Kamu juga bisa mencicipi Tomahawk Steak dari steak hotel by Holycow, yang bisa Kamu bagi bersama teman sekantor saat makan siang. Menu ini disajikan bersama sayuran dan kentang, sehingga tidak membuatmu dan yang lainnya jadi gampang mengantuk setelah makan siang.

4. Minum Kopi Pagi atau Siang Hari

Meski tidak disarankan minum kopi dalam jumlah banyak, Kamu bisa melakukannya untuk cara menghilangkan ngantuk saat bekerja malam hari. Menurut American Academy of Sleep Medicine, kafein adalah jenis zat yang dapat meningkatkan kewaspadaan.

Kafein dapat memblokir reseptor adenosin, zat yang menyebabkan kantuk dalam tubuh, agar Kamu tidak merasa mengantuk. 

5. Cuci Muka dengan Air Dingin

Salah satu cara mengatasi ngantuk saat bekerja di kantor adalah mencuci muka dengan air dingin. Sensasi air dingin akan membuat Kamu lebih segar, sehingga kantuk akan segera pergi.

Terlalu lama menatap layar komputer juga dapat membuat mata menjadi lelah. Dengan beranjak sejenak ke kamar mandi, ini akan mengistirahatkan mata, sehingga bisa lebih fresh. 

Jangan lupa untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit secara berkala untuk untuk merilekskan mata.

6. Melakukan Olahraga Ringan

Dengan melakukan olahraga ringan, ini akan memicu adrenalin dalam tubuh, sehingga meningkatkan kewaspadaan. Dengan begini, akan membuat Kamu tidak mengantuk lagi.  Ini juga merupakan cara menghilangkan ngantuk saat bekerja di depan komputer

Lakukan peregangan ringan seperti berjalan-jalan sejenak atau menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri, untuk menghilangkan kantuk. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi kebugaran yang dapat menjadwalkan olahraga singkat dalam waktu lima menit. Dengan begitu, kantuk hilang, badan jadi lebih bugar.

Agar lebih bersemangat, ajak beberapa teman kerja untuk melakukan peregangan atau gerakan serupa.

7. Menyediakan Camilan Sehat

Dengan mengkonsumsi camilan, ini akan membuat kadar gula dalam darah tetap stabil. Selain itu, juga akan membuat Kamu mengurangi makan porsi berlebih saat waktu makan siang tiba. 

Meskipun begitu, makanlah camilan sekedarnya saja, jangan sampai kekenyangan. Usahakan konsumsi camilan sehat yang rendah kalori, rendah gula, dan rendah lemak. 

8. Tidur Siang Sejenak

Saat jam istirahat siang, usahakan untuk tidur sejenak sekitar 15 hingga 30 menit. Tidur sejenak akan membuat tubuh lebih fresh ketika bangun, sehingga Kamu siap mengerjakan tugas lainnya.

9. Mengobrol Bersama Teman

Mengobrol bersama teman akan membuat Kamu teralihkan dari rasa jenuh dan lelah saat bekerja. Mengantuk adalah salah satu reaksi alami tubuh saat merasa lelah dan butuh istirahat. Setelah kantuk hilang setelah ngobrol, Kamu bisa melanjutkan kembali pekerjaan yang belum terselesaikan.

10. Mendengarkan Musik 

Mendengarkan musik berirama kencang dapat memicu adrenalin, sehingga membuat otak terjaga dan kantuk pun hilang. Kamu bisa membuat sedikit gerakan saat mendengarkan musik, sehingga tubuh menjadi lebih segar.

11. Menghirup Udara Segar

Kekurangan oksigen dapat menyebabkan organ tubuh tidak bisa bekerja dengan baik, lalu mengantuk. Cobalah sejenak berjalan ke arah taman kantor atau kebun belakang, agar tubuh mendapat asupan oksigen yang cukup.

12. Mandi Siang Hari

Jika kantuk sudah sangat berat, Kamu bisa mandi untuk menyegarkan dan membuat tubuh terjaga. Setelah merasakan sensasi segar karena mandi, tubuh akan siap kembali bekerja.

Hilangkan Kantuk, Lebih Produktif Saat Bekerja

Karena erat kaitannya dengan kinerja Kamu ketika bekerja, sebaiknya Kamu mencari cara menghilangkan ngantuk saat bekerja. Terapkan tips di atas, saat Kamu mulai mengantuk di tempat kerja. Ketika kantuk pergi, Kamu bisa fokus kembali bekerja dan dapat menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu.

Leave a comment

All comments are moderated before being published