Home Story Sejarah Peristiwa Hari Buruh Internasional dan Nasional

Sejarah Peristiwa Hari Buruh Internasional dan Nasional

Mendekati bulan Mei peristiwa Hari Buruh semakin gencar pemberitaannya. Hari buruh atau May Day ini dianggap sebagai salah satu hari penting sejarah pekerja internasional.

Hari ini diperingati sebagai hari untuk mengenang perjuangan para buruh untuk mendapatkan haknya. Peringatan Hari Buruh sendiri identik dengan adanya demo atau aksi turun ke jalan para pekerja.

Tahukah kamu bagaimana sejarah diperingatinya hari buruh? Atau kamu hanya sekedar ikut merayakan saja tapi tidak tahu sejarahnya? Simak penjelasan lengkap sejarahnya di sini.

Apa itu May Day? Bagaimana Sejarahnya?

May Day merupakan istilah lain dari Hari Buruh Internasional. Kapan tepatnya diperingati hari tersebut?

1 Mei adalah Hari Buruh atau May Day. Pekerja seluruh dunia libur di hari itu. Hal ini dilakukan untuk mengenang gerakan buruh pertama kalinya untuk menuntut haknya.

Peringatan May Day ada sejak abad ke 19. Bermula dari berkembang pesatnya industri dunia terutama di Eropa dan Amerika. Perkembangan industri ini tidak dibarengi dengan pemenuhan hak para pekerja.

Para pekerja tetap mendapatkan upah yang minim dengan jam kerja yang panjang. Buruknya keadaan kerja di tingkat industri ini membuat para buruh melakukan perlawanan.

Perlawanan pertama dilakukan pekerja di Cordwainers yang mogok kerja di tahun 1806. Pekerja mogok karena jam kerjanya tidak realistis yaitu 16 jam sehari dengan upah kerja yang minim. Para pekerja menuntut untuk kenaikan upah dan pemangkasan jam kerja menjadi 8 jam sehari.

Perlawanan dari kaum buruh meluas di Amerika Serikat bahkan sampai ke Eropa. Puncaknya terjadi kerusuhan di Chicago yang menelan banyak korban jiwa termasuk kaum buruh dan polisi.

Untuk mengatasi hal ini diadakanlah Kongres Internasional Buruh Pertama di Jenewa tepatnya bulan September tahun 1866. Setelah melalui proses yang panjang akhirnya pada tahun 1886 ditetapkanlah sebagai hari buruh dan menjadi hari libur internasional.

Jadi Hari Buruh Internasional yang pertama diperingati pada 1 Mei 1886. Peringatan ini terus berlangsung sampai sekarang.

Peringatan Hari Buruh di Indonesia

Sejarah Hari Buruh di Indonesia tidak jauh berbeda dengan sejarah hari buruh secara internasional. Perjuangan kaum buruh di Indonesia sudah dilakukan sejak zaman kolonial Belanda.

Setelah era reformasi kaum buruh tetap meminta keadilan mengenai haknya. Pemerintah didesak untuk membuat peraturan yang tidak hanya memihak pengusaha saja tapi juga harus memihak para buruh.

Narasi Hari Buruh identik dengan kenaikan ubah, pemberian tunjangan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan hak para buruh. Seiring berkembangnya zaman, buruh di Indonesia kesejahteraannya naik. Peraturan pemerintah tidak hanya memihak pengusaha saja tapi juga melindungi hak-hak para pekerja.

Peringatan May Day di Indonesia masih identik dengan unjuk rasa. Namun ada juga banyak kegiatan positif yang dilakukan bersama oleh pemerintah, pekerja, dan pengusaha untuk memperingati hari buruh ini.

Di tahun 2023 ini Kementerian Ketenagakerjaan bersama dengan pengusaha dan serikat buruh mengadakan turnamen futsal pekerja. Diharapkan dengan adanya kegiatan yang positif ini bisa membangun kerjasama yang baik antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja.

Ketiga stockholder ini memang sangat terkait dan tidak bisa terpisahkan. Oleh karenanya, semua pihak harus bisa bekerjasama untuk mewujudkan Indonesia yang maju.

Rekomendasi Kegiatan Libur Hari Buruh

Hari buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei ini menjadi salah satu hari libur nasional dan semua pekerja libur. Di hari libur ini ada banyak hal yang bisa kamu lakukan.

Memperingati hari buruh kamu bisa memberikan apresiasi kepada diri kamu sendiri yang sudah bekerja keras selama ini. Kamu bisa mengisi hari libur ini dengan jalan-jalan maupun bersantai menikmati makan malam yang enak.

Kamu yang bingung mau ngapain ajah selama libur hari buruh, bisa pilih Holycow sebagai tempat makan atau nongkrong. Holycow menyediakan beragam menu premium yang sudah pasti enak.

Ada banyak pilihan menu recommended yang bisa kamu nikmati di Holycow, di antaranya yaitu:

  • Menu Gemas, menu ini merupakan paket hemat yang berbeda setiap harinya. Kamu bisa menikmati menu ini dengan harga mulai dari Rp115.000 - Rp150.000 tergantung menunya. Satu paket ini kamu akan mendapatkan steak daging wagyu, kentang goreng, dan minuman.
  • US Beef Steak, menu ini terdiri dari berbagai pilihan steak seperti US Rib Eye, Sirloin, bahkan juga ada nasi gila dengan US beef steak. Harganya mulai dari Rp159.000 - Rp199.000.
  • Bifuteki, ini merupakan menu baru dari Holycow yaitu steak daging Wagyu terbaik. Harganya sekitar Rp149.000 per porsi.
  • Selain ketiga menu ini masih banyak pilihan menu lainnya seperti menu khusus untuk anak-anak, dan lain sebagainya. Selain daging wagyu, kamu juga bisa pesan daging sapi australia. Dijamin semua rasa steak yang ada di Holycow sangat enak.

    Peristiwa Hari Buruh yang diperingati setiap awal bulan Mei ini harus kamu manfaat sebagai waktu liburan. Nikmati hari libur kamu dengan berbagai kegiatan menyenangkan termasuk memanjakan diri dengan makan steak premium di Holycow.

    Leave a comment

    All comments are moderated before being published