Home Story 7 Tips Memelihara Hewan Peliharaan yang Baik di Rumah

7 Tips Memelihara Hewan Peliharaan yang Baik di Rumah

Memelihara hewan memang banyak manfaatnya, namun kamu harus tahu tips memelihara hewan peliharaan yang baik terlebih dahulu. Dengan demikian kamu bisa merasa nyaman, bebas dari penyakit, dan hewan juga enjoy tinggal bersamamu.

Memelihara hewan tanpa memiliki pengetahuan cara merawatnya akan merugikan diri sendiri. Kamu merasa stress karena banyak yang harus diurus. Begitu juga hewan tidak merasa nyaman, sering kabur, bahkan tidak patuh terhadap majikannya.

“Hewan peliharaanmu juga ingin disayang dan diperhatikan, moodnya bakal bahagia terus kalau ngerawatnya tepat” 

Agar sama-sama merasa nyaman, yuk ikuti beberapa tips memelihara hewan berikut!

1. Siapkan Kandang yang Proper

Layaknya manusia, hewan peliharaan juga perlu tempat nyaman untuk ia beristirahat. Terutama bila merawat hewan peliharaan kucing. Kamu perlu menyediakan kendang khusus yang nyaman serta bersih.[1]

Kandang kucing tidak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat, tetapi juga sebagai tempat untuk membatasi pergerakannya. Ini penting bila kamu ingin meninggalkan peliharaan sejenak di dalam rumah.

Dengan demikian hewan peliharaan kucing tidak akan berkeliaran terlalu bebas di dalam rumah. Hal ini juga membantumu menjaga kondisi rumah tetap rapi, meminimalisir munculnya kotoran di mana-mana, serta menjaganya tetap aman.

2. Vaksinasi untuk Mencegah Munculnya Penyakit

Bentuk menyayangi hewan peliharaan adalah memberikannya perlindungan dari berbagai jenis penyakit. Kamu bisa melakukannya dengan cara memberikan vaksinasi kepada hewan kesayangan.

Selain menjaga imun tubuhnya tetap kuat, vaksinasi juga bisa memproteksi kamu dan anggota keluarga di rumah. Sebab, melalui vaksinasi, bisa mencegah terjadinya penyebaran penyakit antara hewan ke hewan, maupun hewan ke manusia.[2]

Untuk melakukan vaksinasi, kamu bisa mengantarkannya ke dokter hewan terdekat. Dokter akan memeriksa  kondisinya dan memastikan hewan siap mendapatkan vaksinasi.

3. Jangan Sampai Lupa Memberi Makan dan Minuman

Kewajiban utamamu adalah memastikan peliharaan memperoleh nutrisi yang terbaik. Kamu harus memberikan makanan sehat, bergizi, serta bersih. Selain itu, pastikan makanannya cukup untuk 3 kali makan sehari.

Usahakan memberi makanan yang beragam, hal ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain itu, bisa juga menghindari rasa bosan karena makan itu-itu saja.

4. Sediakan Ruangan untuk Bermainnya

Hewan juga bisa merasakan stress, terutama bila terus terkurung di kandangnya. Hewan yang stress akan mengalami penurunan fisik, depresi, serta mudah terserang penyakit. Untuk itu, pastikan memiliki ruang terbuka untuk arena bermain hewan peliharaan.[3]

Kamu bisa memberikan ruang khusus atau membiarkannya bermain di dalam rumah dan pekarangan. Namun, pastikan untuk selalu mengawasinya, karena hewan peliharaan bisa saja tak sengaja merusak perabotan, kabur, atau bahkan terluka.

Berikan juga mainan khusus untuk hewan peliharaan agar selalu bahagia. Apabila hewan peliharaan Bahagia, ia akan lebih mudah nurut. Selain itu, apabila hewan Bahagia, tandanya kamu sudah memperlakukan peliharaan secara baik.

5. Pastikan Kebersihan Peliharaan Terjaga

Hewan yang kotor juga rentan terhadap serangan bakteri dan virus. Itulah sebabnya kamu harus senantiasa menjaga kebersihannya, mulai dari kebersihan tubuh hingga kandangnya. Semprotkan juga desinfektan pada area-area yang sering terkena kotorannya, sehingga steril kembali.[4]

Khusus untuk merawat hewan peliharaan ikan, kamu harus teratur mengganti air dan membersihkan tangki aquariumnya. Cara membersihkan aquarium yang tepat adalah menyisakan ¼ air di tangki kemudian lap kaca aquariumnya. Hal ini untuk menjaga bakteri baik tetap tertinggal di aquarium.[5]

6. Ajaklah Berinteraksi, Main, dan Jalan-Jalan

Hewan juga butuh untuk bersosialisasi, mereka butuh untuk kamu temani, ajak mengobrol, dan bermain. Kegiatan bersama tersebut bisa menyalurkan naluri alamiahnya dan mengasah ketajaman instingnya.[6]

Terlalu lama mengekang hewan peliharaan di dalam kandang atau rumah tanpa interaksi bisa membuat hewan peliharaan merasa tidak nyaman. Bahkan merasa stress serta menganggap kamu sudah tidak menyukai mereka.

Pada suatu titik, hewan peliharaan bisa kabur atau bahkan menyerang pemiliknya. Itulah sebabnya, penting untukmu meluangkan waktu sejenak dan bermain bersama hewan peliharaan. 

7. Rawat dengan Hati Gembira

Tips dan cara merawat hewan peliharaan yang baik berikutnya adalah merawatnya dengan hati gembira. Hewan bisa memahami emosi pemiliknya, ketika pemiliknya sedih, hewan juga merasa sedih, begitu pula ketika pemiliknya senang, hewan juga merasa senang dan nyaman.[7]

Itulah sebabnya, penting menjaga mood dan emosi tetap dalam kondisi baik ketika berinteraksi dengan hewan peliharaan. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang lezat dan bergizi, karena bisa memicu hormon serotonin yang meningkatkan kadar kebahagiaanmu.

Rekomendasi makanan lezat tetapi harga tetap murah dan terjangkau adalah steak Holycow. Potongan dagingnya berasal dari wagyu premium pilihan yang terkenal empuk, juicy, dan nikmat sekali. Bikin mood happy dan makin ceria.

Tips merawat hewan peliharaan cukup gampang-gampang susah untuk diterapkan. Namun yang terpenting dan tak boleh kamu lewatkan adalah jalani dengan hati gembira. Ketika hati gembira, semua masalah terasa ringan dan peliharaan juga akan semakin nyaman denganmu. 

Leave a comment

All comments are moderated before being published