Home Story 8 Cara Menikmati Hidup: Mudah, Sederhana dan Bermakna

8 Cara Menikmati Hidup: Mudah, Sederhana dan Bermakna

Ketika masalah demi masalah datang silih berganti dalam hidup, rasanya begitu overwhelmed banget. Deraan problem terkadang membuat hidup seolah begitu berat, sampai kadang membuatmu lupa cara menikmati hidup.

Selama hidup, wajar sebenarnya jika masalah selalu ada. Akan tetapi, di tengah lautan gelombang permasalahan yang seolah tanpa ujung itu, selalu ada cara-cara menikmati hidup dengan santai.

Cara Menikmati Hidup

Untuk yang ingin menikmati hidup saat ini, cara-cara mudah dan sederhana berikut bisa membantu membuat hidupmu lebih tenang dan bermakna.

1. Bersyukur untuk Hal Sekecil Apa pun

4 anak kecil sedang duduk di rumput dan tertawa bersama

Tips yang klasik memang, tapi cara ini terbukti efektif membuat pikiran terasa lebih ringan dan hidup lebih riang.

Jika selama ini yang kamu pikirkan hanya masalah yang selalu datang, ini saatnya kamu kesampingkan hal itu. Letakkan sebentar masalahmu di sudut terjauh pikiran dan mulailah mensyukuri kenikmatan yang kamu miliki, sekecil apa pun.

Seperti halnya setiap orang hidup pasti punya masalah, begitu juga setiap kehidupan pasti ada nikmatnya. Bersyukurlah untuk nikmat tersebut, meski hanya udara segar dan matahari pagi, atau sekadar bisa bangun esok hari.

Pada akhirnya, syukur selalu menjadi kunci bagaimana cara menikmati hidup sejati.

2. Fokus dan Menikmati Kehidupan Saat Ini

seorang wanita baju dan celana hitam sedang duduk bermeditasi

Terperangkap dalam bayang masa lalu atau angan masa depan merupakan salah satu penyebab kesedihan yang berlarut dan mendalam. Hal tersebut bisa menimbulkan penyesalan atau ketakutan yang membelenggu hidup kamu.

Walau bagaimanapun, yang berlalu tak akan berubah lagi dan yang akan datang belumlah terjadi. Jadi, alih-alih stres memikirkannya, lebih baik untuk merayakan momen yang sedang kamu alami saat ini.

Salah satu cara menikmati hidup saat ini adalah menemukan kebaikan kecil dalam hidupmu sekarang dan mensyukurinya.

3. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain tidak akan ada habisnya. Ketika sudah bisa melampaui pencapaian seseorang, akan ada orang lain yang pencapaiannya lebih tinggi lagi. So frustrating.

Daripada itu, alangkah lebih baik untuk mensyukuri prestasi yang telah tercapai. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan fokuslah pada diri sendiri.

Lagipula, tak ada rival yang lebih baik dari diri sendiri. Dengan melampaui dirimu sebelumnya, itu sudah merupakan pencapaian yang sangat baik dalam hidup. Celebrate it.

4. Mengelilingi Diri dengan Lingkungan Positif

4 orang dewasa berdiri dan tertawa bersama

Berapa pun besar usaha untuk berpikir positif, akan sulit mempertahankannya ketika berada di lingkungan toksik dan negatif.

Memang, mereka terkadang membantumu untuk bertumbuh. Tuhan mungkin sengaja mempertemukanmu dengan orang-orang sulit sebelum mempertemukanmu dengan orang baik, agar kamu bersyukur karenanya.

Namun, orang toksik dan negatif tersebut tidak layak untuk mendapatkan waktu dan pikiranmu. Jauhi mereka dan mulailah mengelilingi diri dengan lingkungan positif.

Tentu saja positif bukan berarti selalu membenarkanmu. Namun, mereka adalah yang membantumu menemukan jalan hidup, mendukung untuk maju, memberikan saran untuk kebaikanmu, dan menopang saat jatuh.

5. Memasak dan Menikmati Makanan Lezat

daging yang dipanggang di atas panggangan

Makanan lezat adalah bagian dari self reward yang penting untuk membuatmu menikmati hidup. Bahkan, ini merupakan cara menikmati hidup dalam kesendirian paling mudah, kalau kamu jomblo.

Lebih lagi, memakan masakan sendiri akan memberikan kepuasan yang tiada tara. Jika sepotong steak bisa membantumu meredakan rasa lapar, memanggang steak sendiri juga bisa jadi healing yang menyenangkan.

Jangan lupa untuk menggunakan bahan berkualitas saat memasak. Kamu bisa mendapatkan daging steak berkualitas premium dengan harga terjangkau di Holycow Steak.

Pesan satu dan bahagiakan dirimu.

6. Berbuat Baik Kepada Orang Lain

Berbuat baik dan menolong orang lain akan mengalirkan energi positif dalam hati dan pikiranmu. Ini akan membantumu merasa lebih baik, lebih berharga, dan bermanfaat.

Seutas senyum atau ucapan terima kasih dari orang yang kamu bantu bisa jadi sebuah oase di tengah kehidupan yang keras. Lagipula, karma itu ada. Jika saat ini kamu berbuat baik, satu ketika Tuhan dan semesta akan membalas kebaikanmu.

Jadi, yuk berbaik baik pada orang lain, sekecil apapun itu. That is what makes us human.

7. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Semakin dewasa, urusan terasa semakin banyak. Rasanya seolah-olah waktu 24 jam tidaklah cukup. Bila perlu, jumlah jam dalam sehari harus ditambah jadi 30 dan hari dalam seminggu jadi 10.

Meski demikian, sebenarnya itu hanyalah ilusi. Selama hidup, urusan tidak akan pernah berhenti ada. Maka dari itu, menemukan waktu luang untuk bersantai adalah skill yang harus kamu miliki.

Batasi waktu kerja dan waktu bersosialisasi, lalu alokasikan waktu untuk me time dan bersantai. Ini akan membantumu menjalani hari-hari yang penuh dengan rutinitas dan berbagai kepentingan.

8. Mengembangkan Hobi yang Positif

seorang pria berbaju putih dan celana hitam sedang bermain skateboard

Hidup akan lebih menyenangkan kalau bisa melakukan sesuatu yang kamu sukai, terlebih jika dibayar untuk itu. Dan, sebenarnya hal itu tidak mustahil, selama itu hobi yang positif.

Kamu tinggal memilih dan mengembangkan hobi positif tersebut. Contoh, jika kamu hobi masak, kamu bisa mencoba berbagai teknik memasak lalu mendokumentasikan secara online. Bisa via blog, youtube, IG, atau Tiktok.

Jika ada yang tertarik dengan hobimu, bisa juga dapat endorse atau sponsor. Jika tidak, sekadar melakukan hobi dan memamerkannya saja sudah menyenangkan, bukan?

Itu dia 8 cara menikmati hidup yang sederhana, mudah, dan bermakna. Bahkan, kamu bisa mulai melakukannya sekarang juga tanpa prasyarat apa pun.

Yuk, hidup dengan lebih bahagia. 

Leave a comment

All comments are moderated before being published