Home Story 7 Cara Seru dan Efektif untuk Mengembalikan Mood yang Drop

7 Cara Seru dan Efektif untuk Mengembalikan Mood yang Drop

Momen mood drop secara tiba-tiba tentu pernah dirasakan semua orang. Tidak jarang kondisi ini mengganggu aktivitas, bahkan daya kreativitas kita. Namun, jangan khawatir – ada berbagai cara mengembalikan mood yang cukup ampuh dan tetap menyenangkan. Apa saja itu? 

Artikel ini akan membawamu mengeksplorasi banyak cara untuk mengatasi mood swing. Selain itu, temukan juga mood booster yang cocok dengan kondisimu saat ini!

Apa Itu Mood Booster?

Mood booster adalah kunci untuk mengembalikan semangat dan mood. Keberadaannya seperti sinar matahari yang muncul setelah hari-hari mendung. Maka dari itu, mood booster memberikan energi positif dan rasa bahagia.

Baik itu mendengarkan musik favorit, berolahraga, bertemu teman, atau menikmati makanan lezat, setiap aktivitas ini dapat memicu hormon kebahagiaan seperti serotonin dan dopamin. 

Uniknya, setiap orang memiliki mood booster yang berbeda. Oleh karena itu, mengenali diri sendiri adalah langkah pertama untuk menemukan booster terbaik untuk mood kamu.

Apa yang Harus Dilakukan ketika Bad Mood?

Mulai dari berolahraga dan berlibur, hingga menyantap kuliner lezat, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki mood yang sedang turun.

1. Spa Day

Apa yang bisa mengembalikan mood kamu? Merencanakan satu hari untuk menikmati perawatan di spa favorit bisa menjadi jawabannya. Selain menyempatkan diri untuk merawat tubuh, kamu juga memberikan ruang bersantai dan memanjakan dirimu. 

Dari aroma terapeutik yang menenangkan hingga pijatan yang melepaskan ketegangan, spa day menawarkan pelarian dari rutinitas. Tentu saja, mood pun menjadi lebih baik setelahnya.

2. Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu tips mengatasi bad mood yang paling efektif. Ketika berolahraga, tubuh melepaskan sejumlah hormon seperti endorfin, serotonin, dan dopamin, yang sering disebut sebagai 'hormon kebahagiaan'. 

Endorfin dikenal dapat menimbulkan perasaan positif dan mengurangi persepsi rasa sakit. Sementara itu, serotonin dan dopamin berkontribusi pada perasaan bahagia dan puas.

Aktivitas fisik, baik itu latihan kardio ringan seperti berjalan kaki atau latihan yang lebih intens seperti angkat beban, dapat secara signifikan mengangkat mood kamu. 

Selain itu, olahraga juga membantu mengurangi hormon stres seperti kortisol, memberikan efek relaksasi dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Dengan begitu, olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

3. Jalan-Jalan di Alam

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa berjalan-jalan di alam membantu mengurangi aktivitas di bagian otak terkait dengan pemikiran negatif, yang umumnya ditemukan di pasien pengidap depresi. 

Selain itu, berada di alam membantu menurunkan kadar kortisol, hormon stres, dan meningkatkan perasaan positif seseorang. 

Hal ini terjadi karena alam menawarkan environment yang menenangkan sehingga meminimalkan kelelahan mental, apalagi untuk kita yang tinggal di ramainya lingkungan perkotaan.

4. Liburan

Tahukah kamu bahwa liburan menjadi salah satu cara cepat memperbaiki mood yang drop? Hal ini bisa terjadi karena liburan menjauhkan kamu dari pekerjaan. Berlibur, di sisi lain, meningkatkan kualitas tidur dan membuatmu bisa melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan.

Bahkan, efek positif ini bisa bertahan hingga beberapa minggu setelah liburan, terutama untuk kamu yang memiliki pekerjaan dengan stress level rendah. Jadi, berlibur sekadar istirahat dari rutinitas, tapi juga recharging energi kamu.

5. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga

Berinteraksi dengan anggota keluarga dan mereka yang tercinta memberikan dukungan emosional dan menciptakan rasa kebersamaan. Selain itu, kamu juga merasa ikatan yang semakin kuat dan rasa aman. 

Oleh karena itu, melakukan kegiatan bersama keluarga, seperti makan malam bersama, main game, atau ngobrol santai, semua itu bisa meningkatkan perasaan terhubung. 

Tidak hanya mendapatkan dukungan sosial secara keseluruhan, hal ini menurunkan perasaan kesepian, yang semua itu berkontribusi dalam memperbaiki mood.

6. Berkebun

Ketika berkebun, kamu berinteraksi langsung dengan alam. Seperti penjelasan sebelumnya, alam memiliki kemampuan ajaib dalam menenangkan pikiran dan mengurangi stres. 

Menggali tanah, menanam, dan menyaksikan tanaman tumbuh juga memberikanmu kepuasan tersendiri. Selain itu, kegiatan ini memberikan tubuhmu kesempatan untuk menghirup udara terbuka dan menikmati sinar matahari, yang berkontribusi meningkatkan mood dan kesehatan mental.

7. Jelajah Kuliner

Mencicipi makanan lezat membuat tubuh melepaskan hormon dopamin. Oleh karena itu, mencicipi makanan favorit atau sesuatu yang baru akan memuaskan inderasa perasa dan juga kepuasan emosional.

Contoh makanan peningkat mood yang harus kamu coba adalah varian steak di Steak Hotel by Holycow! Selain menikmati steak kualitas premium, kami juga menawarkan harga yang terjangkau. Maka dari itu, kamu akan mendapatkan pengalaman makan enak yang ramah kantong dan mood pun meningkat.

Mood yang baik tidak hanya menyenangkan tapi juga kunci dari kebahagiaan dan kreativitas kita. Melalui berbagai aktivitas seperti berkebun, olahraga, atau beraktivitas dengan yang tercinta, kita dapat membangkitakan semangat di kehidupan sehari-hari. 

Ingat, setiap langkah kecil dalam mencari cara mengembalikan mood dapat berdampak besar pada kesehatan mental kita.

Leave a comment

All comments are moderated before being published