Home Story Keto Diet untuk Pemula: Apa yang Perlu Kamu Tahu?

Keto Diet untuk Pemula: Apa yang Perlu Kamu Tahu?

Tubuh normalnya menggunakan karbohidrat dan glukosa untuk sumber utama energi. Namun, hal ini tidak berlaku kalau kamu menerapkan keto diet. Alih-alih mengubah carbs dan glukosa, metode diet yang satu ini mengandalkan asupan lemak dan protein sebagai sumber energi kamu. 

Apakah diet keto ampun dan aman? Keto diet seperti apa yang tidak mengorbankan kesehatan? Cari tahu di artikel ini, yuk!

Apa Itu Keto Diet?

Jenis diet yang satu ini adalah pendekatan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Konsepnya khusus dirancang agar tubuh berada dalam kondisi ketosis. Ketosis ini adalah keadaan di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi. 

Tujuan utamanya adalah mengubah fungsi metabolisme. Ketika tubuh sudah terbiasa, maka pembakaran lemak pun semakin optimal. Hasilnya? Pelaku diet biasanya mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Meskipun begitu, kamu tetap perlu melakukan konsultasi sebelum memulai diet ini. Apabila kamu akan memulai keto diet, pastikan kamu melakukannya secara bertahap.

Lima Alasan Utama Orang Memilih Keto Diet

Ada berbagai alasan yang membuat metode diet yang satu ini menjadi pilihan banyak orang. Dengan manfaat yang variatif, tergantung tujuan pribadi dan kondisi kesehatan, berikut adalah alasan umum mengapa diet keto memiliki banyak penggemar.

1. Energi yang Konsisten

Tahukah kamu kalau konsumsi karbohidrat membuat badan relatif cepat lelah? Hal ini mungkin terjadi karena kadar energi yang fluktuatif. Setelah mengikut keto, tingkat energi pun lebih stabil, mengingat tubuh menggunakan pasokan lemak untuk beraktivitas.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Menurut penelitian, keton yang terbentuk dari proses ketosis berpotensi memberikan fungsi neuroprotektif. Selain memperbaiki fungsi kognitif, keberadaannya disinyalir memberikan kontribusi positif untuk kondisi neurodegeneratif, mulai dari epilepsi hingga Alzheimer dan Parkinson.

3. Kontrol Gula Darah

Dengan mengonsumsi karbo dan gula yang terbatas, kadar gula dalam darah pun semakin terkontrol. Hal ini sangat penting untuk penderita diabetes tipe 2.

4. Perbaikan Profil Lipid

Salah satu manfaat keto diet adalah meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat). Selain membuat stabil kadar kolesterol, kondisi ini juga baik untuk mencegah terserang penyakit jantung.

5. Menurunkan Berat Badan

Tentu saja, orang memilih metode diet ini karena kemampuannya menurunkan berat badan. Dengan asupan karbohidrat yang minimal, tubuh akan menggantikannya dengan lemak. Ini adalah langkah yang baik untuk menurunkan berat badan.

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi dalam Keto Diet

Apa pun itu, diet akan selalu menghadapkanmu dengan anjuran dan pantangan. Perhatikan anjuran dan pantangan berikut ini agar keto diet yang kamu jalankan berhasil dengan optimal.

Rekomendasi Makanan

Ada serangkaian makanan yang diperbolehkan di keto diet. Ini artinya bahwa kamu bisa mengonsumsinya – dan sebaiknya harus ada di menu harianmu.

  • Lemak sehat: Rekomendasi pertama adalah lemak sehat. Jenis lemak ini bisa kamu temukan di mentega, minyak kelapa, minyak zaitun, dan alpukat. Tidak hanya mengenyangkan, jenis lemak ini juga cocok untuk dressing.
  • Protein: Sumber protein tertinggi ada di daging merah. Kamu juga bisa mendapatkannya dari ikan dan telur. Akan lebih baik lagi jika kamu mengkombinasikan semuanya.
  • Sayuran rendah karbo: Mentimun, kembang kol, brokolo, dan bayam adalah sahabatmu ketika keto.
  • Keju dan kacang-kacangan.

Kamu bisa mendapatkan makanan-makanan di atas di Holycow dan Holycow Meatshop. Selain menyediakan daging merah dan ikan segar berkualitas, kami menawarkan harga yang terjangkau, lho! Tersedia juga opsi makan di tempat dan delivery.

Apa yang Tidak Boleh Dimakan saat Diet Keto?

Selain mengetahui apa yang boleh dimakan, kamu juga harus memperhatikan tentang pantangannya.

  • Karbohidrat tinggi: Kentang, roti, pasta, dan sereal adalah makanan yang wajib kamu hindari.
  • Gula dan makanan manis: Hindari kue, es krim, permen, dan makanan manis lainnya – meskipun enak.
  • Buah tinggi gula: Sebaiknya kamu tidak makan anggur, mangga dan pisang serta buah tinggi gula lainnya.
  • Makanan olahan: Junk food, makanan kalengan, dan makanan instan juga harus kamu hindari sepenuhnya.

Berhenti makan junk food dan makanan instan adalah langkah awal yang cerdas untuk memulai metode diet yang satu ini. Setelahnya, perlahan kurangi asupan karbohidrat dan tingkatkan protein serta lemak dalam menu harian yang kamu makan. 

Selain itu, kami menyarankan untuk masak sendiri makananmu. Selain lebih aman, kamu juga tahu apa yang masuk ke dalam tubuh.

Pada akhirnya, diet keto bukan semata membatasi asupan karbohidrat, tapi juga memilih makanan dengan nutrisi tepat untuk tubuhmu. Perlu kamu ingat bahwa hasil dan reaksi pada setiap orang bisa berbeda-beda. 

Bahkan, kamu wajib konsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi apabila memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Demikian serba-serbi keto diet yang perlu kamu ketahui. Jadikan pengalaman diet semakin menarik dengan menjadikan Holycow dan Holycow Meatshop sahabat protein sehatmu!

Leave a comment

All comments are moderated before being published