Home Story 5 Manfaat Daging Ayam Bisa Bantu Tingkatkan Kognisi Otak

5 Manfaat Daging Ayam Bisa Bantu Tingkatkan Kognisi Otak

Hidangan berbahan dasar daging ayam kini makin banyak berkembang. Selain karena harganya murah,  rasanya juga lezat. Ditambah lagi, ada banyak manfaat daging ayam bagi kesehatan.

Seperti membantu mengontrol berat badan tetap ideal, menjaga kondisi tulang makin kuat dan sehat, serta membantu menjaga kognisi otak orang dewasa. Hal ini karena ayam mengandung banyak sekali vitamin dan protein yang penting bagi tubuh.

Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat dan kandungan nutrisi daging ayam:

1. Menjaga Kekuatan Tulang dan Otot

Daging ayam terkenal sebagai sumber makanan yang kaya protein. Dalam satu porsi sajian ayam (85 gram) kandungan protein daging ayam cukup besar, yaitu 24 gram (lebih dari 30%).  Bagian yang paling tinggi kandungan proteinnya adalah dada.

Kandungan protein yang tinggi ini berdasarkan penelitian mampu membantu metabolisme kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini berperan aktif untuk menjaga dan melindungi tulang dari kerusakan (mencegah tulang keropos).

Selain itu protein yang berlimpah pada dagingnya juga berperan aktif dalam mencegah hilangnya massa otot. Seiring bertambahnya usia, massa otot akan berkurang dan berganti dengan lemak. Langkah untuk mencegahnya adalah meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan protein.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Setiap satu sajian ayam (85 gram) hanya mengandung 122 kalori saja. Ini tandanya daging ayam adalah sumber protein rendah kalori. Inilah sebabnya mengapa daging ayam menjadi menu andalan orang yang ingin mengontrol berat badannya tetap ideal.

Akan tetapi, kamu harus mengolah dan mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah menghindari kulit ayam. Manfaat daging ayam tanpa kulit adalah mengurangi kadar lemak jenuh yang menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat.

Selain itu, hindari olahan ayam goreng. Kandungan lemak pada minyak penggorengan bisa menempel pada ayam dan mengurangi manfaatnya. Konsumsi daging ayam yang tidak digoreng, seperti steak, sup, atau oseng-oseng.

3. Mengelola Mood dan Mencegah Stres

Berdasarkan penelitian, orang yang makan daging ayam setiap hari ternyata cenderung lebih bahagia daripada orang yang jarang mengonsumsi daging ayam. Hal ini karena dagingnya memiliki kandungan L-tryptophan dan vitamin B5.

Kedua zat tersebut memiliki efek pada pelepasan hormon di otak, salah satunya adalah serotonin. Efek ini mirip ketika kamu mengonsumsi cokelat. Badanmu terasa lebih ringan, hati terasa lebih lega, dan pikiran menjadi lebih terbuka.

Selain itu, kandungan magnesium yang cukup tinggi pada dagingnya juga memiliki peranan penting untuk mengelola rasa nyeri, terutama ketika sedang PMS (pre-menstrual syndrome). Inilah sebabnya orang yang lebih sering mengonsumsi ayam cenderung bahagia.

4. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu kandungan daging ayam yang tidak boleh kamu remehkan efeknya bagi kesehatan adalah selenium. Meskipun kadarnya hanya sedikit, mineral ini berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selenium akan berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari reaktif oksigen dan nitrogen. Berdasarkan penelitian, selenium juga mampu menghambat perkembangan HIV dan AIDS. Selain itu, orang yang kekurangan selenium juga cenderung lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Daging ayam juga mengandung niacin yang lumayan baik. Kandungan antioksidan niacin ini memiliki peranan penting dalam menghambat penuaan sel kulit tubuh. Sehingga, selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh juga menjaga kulit tetap sehat.

5. Meningkatkan Kognisi Otak Orang Dewasa

Tahukah kamu, daging ayam mengandung vitamin B yang tinggi. Berdasarkan Healthline, satu porsi daging ayam (85 gram) mengandung vitamin B6 sebanyak 16% (dari kebutuhan dosis harian) dan vitamin B16 sebanyak 10% (dari kebutuhan dosis harian).

Vitamin B yang sangat besar ini ternyata memiliki efek positif terhadap perkembangan otak. Untuk anak-anak, bisa mempercepat perkembangan otaknya. Sementara untuk orang dewasa, bisa menjaga kemampuan kognitifnya.

Hal ini karena vitamin B ini memicu produksi energi bagi otak, meningkatkan reaksi sintesis DNA/RNA, memperbaiki sel yang rusak, serta meningkatkan perkembangan sistem neuron. Oleh karena itu, daging ayam bisa kamu pertimbangkan sebagai sumber lauk yang sehat.

Menu Steak Ayam Lezat dan Nikmat Hanya di Holycow Steak

Daging ayam memiliki kandungan nutrisi yang baik dan berlimpah. Namun pengolahannya harus tepat agar kandungan nutrisinya tidak rusak. Salah satu metode pengolahan yang baik adalah dengan menjadikannya sebagai bahan steak.

Kamu bisa mengolah sendiri daging ayamnya menjadi steak dengan cara memanggang serta menambahkan bumbu rempah. Namun, bila kamu belum terbiasa ada baiknya memesan saja. Salah satu rekomendasi kami adalah olahan steak ayam dari Holycow.

Daging ayamnya premium dan pengolahannya profesional, sehingga menghasilkan tekstur steak yang juicy serta lezat. Olahan steak dari Holycow juga telah dipercaya oleh Nagita Slavina. Sehingga makin yakin kalau rasanya nikmat banget, kan?

Keunggulan memesan dari Holycow adalah bisa melakukan pemesanan secara online. Tinggal pilih saja menu steak ayam, pesananmu akan diantar. Lebih praktis dan lebih hemat!

Tunggu apa lagi, yuk nikmati kelezatan steak ayam Holycow dan dapatkan beragam manfaat daging ayam untuk kesehatanmu. Kami tunggu pesanan kamu ya!

Leave a comment

All comments are moderated before being published