Home Story Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Daging Ayam untuk Anak

Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Daging Ayam untuk Anak

Untuk menunjang tumbuh kembang anak, tiap orang tua wajib memilih menu yang tepat supaya nutrisi si kecil terpenuhi. Salah satu menu yang kerap kali anak-anak gemari yaitu daging ayam. Selain enak dan gampang dikreasikan, manfaat daging ayam ternyata tak kalah menarik untuk menunjang perkembangan anak.

Faktanya, para ahli mengatakan bahwa daging ayam bisa kamu gunakan sebagai opsi pengganti daging merah[1] pada menu makan si kecil. Pasalnya, daging ayam menyimpan segudang manfaat bagi tumbuh kembangnya. Apa saja? Simak selengkapnya!

Ini 7 Manfaat Daging Ayam untuk Anak

Kandungan dan manfaat daging ayam yang tinggi protein dan rendah lemak telah diakui oleh para ahli sejak dulu. Bahkan, daging ayam juga bisa jadi alternatif dari daging merah, lho. 

Memangnya, apa saja manfaatnya? Ini dia sederet manfaat daging ayam untuk tubuh, terutama anak-anak. Simak selengkapnya!

1. Menguatkan Tulang dan Otot

Untuk membangun jaringan otot, tubuh manusia membutuhkan asam amino. Hal ini diperkuat dengan hasil studi[2] yang menunjukkan bahwa makin tinggi asupan protein, kepadatan mineral tulang dapat senantiasa terjaga.

Melansir data WebMD[3], daging ayam dapat jadi sumber asam amino yang bagus untuk tubuh. Kandungan daging ayam ini salah satunya bisa membantu menguatkan tulang dan otot si kecil, terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dan jumlah yang sesuai.

2. Meningkatkan Mood

Si kecil kerap kali rewel? Daging ayam bisa jadi solusinya! Kok bisa? Ternyata, daging ayam mengandung asam amino triptofan[4]. Nah, fungsi dari asam amino triptofan salah satunya adalah meningkatkan produksi hormon serotonin di dalam otak.

Meski begitu, kadar asam amino triptofan pada daging ayam tidak berada pada level yang terlampau tinggi. Namun, berbagai studi menunjukkan bahwa konsumsi daging ayam dan kombinasi faktor lain dapat membuat hormon serotonin naik. Dengan begitu, kamu bisa membuat mood si kecil jadi lebih bagus!

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam tubuh manusia terdapat asam amino bernama homosistein yang berbahaya bagi dinding pembuluh darah dan berisiko menyebabkan penyakit kardiovaskular. Ternyata, konsumsi daging ayam dapat mengontrol kadar asam amino ini!

Oleh karena itu, konsumsi daging ayam yang diolah dengan tepat bisa membantu menjaga kesehatan jantung si kecil sejak dini.

4. Meningkatkan Perkembangan Otak

Daging ayam mengandung vitamin B12[5] dan kolin[6]. Kombinasi kedua nutrisi ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan si kecil.

Misalnya, nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan perkembangan otak, membantu kerja sistem saraf, sekaligus membantu kinerja kognitif kelak saat anak menginjak usia dewasa.

5. Mengontrol Berat Badan

Manfaat konsumsi daging ayam selanjutnya adalah kebolehannya untuk mengontrol berat badan. Bagian daging ayam yang tanpa lemak merupakan sumber protein yang amat bagus untuk tubuh anak. Pasalnya, protein dari daging ayam tanpa lemak tersebut bisa tubuh gunakan dengan gampang.

Nah, daging ayam tanpa lemak dapat kamu gunakan untuk mengontrol berat badan anak sekaligus mengontrol kadar gula darah supaya tetap normal[7].

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Faktanya, daging ayam mengandung vitamin B6, zinc, dan magnesium yang penuh manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk membuat daya tahan tubuh si kecil jadi makin kuat. Kok bisa?

Ternyata, kandungan nutrisi tersebut dapat membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak jadi tak mudah jatuh sakit.

7. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Untuk memfasilitasi pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh anak, kamu dapat memilih daging ayam yang kaya akan zat besi sebagai menu makanan anak. Tak cuma itu, kandungan potassium dalam daging ayam juga bisa menjaga kesehatan pembuluh darah.

Dengan kombinasi kedua nutrisi tersebut di dalam tubuh anak, kamu bisa membantu melancarkan sistem peredaran darah anak sehingga si kecil jadi tetap sehat.

Olah Menu Daging Ayam dengan Tepat, Rasakan Manfaatnya

Segudang manfaat daging ayam bagi tubuh manusia, terutama untuk kesehatan si kecil tentu menjanjikan untuk tumbuh kembangnya. Berbagai olahan menu bisa kamu coba, mulai dari sup ayam hingga steak ayam.

Akan tetapi, kamu juga perlu memperhatikan cara mengolah daging ayam untuk menu makan si kecil supaya ia bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Nah, jika kamu ingin menu berbahan dasar daging ayam yang praktis, coba Kids Menu dari Steak Hotel by Holycow. Pasalnya, variasinya cukup beragam dengan serving yang menarik dan harga relatif terjangkau.

Terdapat tiga alternatif menu untuk si kecil, yaitu Holychicken Schnitzel atau steak ayam, My First Steak atau steak daging, serta Mini Frankfurter atau mini hotdog. Tak hanya itu, seluruh menu anak di Steak Hotel by Holycow lengkap dengan minuman sehat sebagai pendamping.

Berikan manfaat daging ayam untuk si kecil dengan praktis anti ribet dengan memesan di Steak Hotel by Holycow sekarang juga!

Leave a comment

All comments are moderated before being published