Home Story Wajib Tahu, Ini 7 Jenis Daging Ayam dan Manfaatnya

Wajib Tahu, Ini 7 Jenis Daging Ayam dan Manfaatnya

Ingin membuat menu masakan kaya protein? Daging ayam merupakan alternatif yang paling tepat. Selain tinggi protein hewani, daging ayam relatif gampang untuk kamu temukan di pasar maupun supermarket terdekat. Namun, jenis daging ayam apa yang terbaik untuk dikonsumsi?

Ternyata, tiap jenis memiliki karakteristik sekaligus keunggulannya tersendiri, lho! Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

7 Jenis Daging Ayam dan Manfaatnya

Mulai dari ayam kampung hingga ayam petelur, ini dia jenis daging ayam paling enak untuk kamu konsumsi sekaligus masing-masing karakteristik dan manfaatnya. Simak selengkapnya!

1. Ayam Kampung

Jenis yang satu ini tentu tak asing lagi. Terkenal dengan kualitas daging yang mantap, ternyata ayam kampung tak melalui proses penyuntikan nutrisi atau vitamin tambahan, lho!

Pasalnya, penambahan nutrisi yang digadang-gadang dapat mempercepat pertumbuhan tersebut berisiko membuat tekstur dan kualitas daging berubah. Maka dari itu, peternak ayam kampung memilih untuk membiarkan ayam tumbuh secara alami untuk menjaga kualitas.

Daging ayam jenis ini cenderung ramping dan bertekstur padat, berisi, serta rendah lemak. Kamu ingin membuat kaldu ayam yang rasanya nendang? Daging ayam kampung adalah pilihan paling top!

2. Ayam Organik

Sesuai dengan namanya, tumbuh kembang ayam ini bebas dari bahan kimia apapun. Tak hanya itu, ayam ini juga dihasilkan dari induk yang dikembangbiakkan secara organik pula.

Kelebihan dari ayam ini adalah kadar nutrisinya yang tinggi, bebas bakteri jahat, serta membantu memelihara kesehatan tubuh. Jadi, ayam ini cocok untuk kamu yang berencana untuk diet.

Sayangnya, daging ayam jenis ini punya harga jual yang relatif lebih tinggi daripada jenis lainnya, terutama jika produsen ayam tersebut juga mengantongi sertifikat organik resmi. Namun, harga tersebut akan sesuai dengan kualitas yang kamu dapatkan.

3. Ayam Broiler

Paling umum beredar di pasaran, ayam broiler jadi jenis ayam konsumsi favorit banyak orang. Selain harganya yang relatif terjangkau, daging ayam broiler juga cenderung lebih tebal. 

Proses pemeliharaan ayam ini meliputi penambahan vitamin dan nutrisi lewat pakan maupun suntikan. Pasalnya, tujuan utama ternak ayam broiler adalah untuk keperluan produksi daging. Maka dari itu, ayam ini juga terkenal dengan sebutan ayam potong. 

Kamu bisa membuat berbagai macam menu lezat berbahan dasar ayam ini, mulai dari sup ayam hingga ayam krispi.

4. Ayam Herbal

Pakan untuk ayam jenis ini biasanya berbahan dasar rempah-rempah. Jenis rempah yang kerap dipakai yakni brotowali, temulawak, jahe, dan lain sebagainya. Memang, apa tujuannya?

Ternyata, pemberian rempah tersebut dapat membantu menyembuhkan sekaligus menyehatkan ayam supaya tumbuh kembangnya berjalan lancar meski tanpa bantuan bahan kimia tambahan. Otomatis, hasil dagingnya pun berkualitas baik.

5. Ayam Pejantan

Sama dengan namanya, ayam pejantan berasal dari telur ayam petelur yang memiliki jenis kelamin jantan ketika menetas. Karakteristik ayam ini cukup serupa dengan ayam kampung, yakni tekstur daging yang padat berisi dan rendah lemak. Bedanya, ukuran ayam cenderung lebih pendek.

6. Ayam Prebiotik

Melansir WebMD[1], prebiotik merupakan serat tanaman khusus yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan. Kandungan prebiotik dapat melancarkan pencernaan makhluk hidup, termasuk ayam.

Biasanya, prebiotik yang digunakan yaitu oligosakarida[2]. Prebiotik ini ditambahkan ke dalam pakan si ayam. Penambahan prebiotik dapat mengurangi risiko kolonisasi usus yang bisa merembet menjadi infeksi pada ayam. Dengan begitu, perkembangan ayam prebiotik akan jadi lebih baik dan sehat.

7. Ayam Probiotik

Serupa dengan prebiotik, probiotik juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan ayam. Biasanya, jenis probiotik[3] yang sesuai untuk tambahan pakan ayam yaitu Bacillus subtilis, Lactobacillus, Bifidobacterium, dan lainnya.

Hasilnya, ayam probiotik mengandung kolesterol yang relatif lebih rendah daripada jenis ayam lainnya.

Ingin Makan Ayam Berkualitas? Pilih Menu Ayam Spesial Ini!

Setelah mengetahui sederet jenis-jenis ayam di atas, apakah kamu sudah menentukan jenis mana yang jadi favoritmu? Tiap jenis ayam punya karakteristik dan keunggulannya tersendiri. Namun, intinya konsumsi ayam secara rutin dapat memberikan manfaat yang baik, asal cara mengolahnya tepat.

Nah, jika kamu ingin merasakan menu hasil olahan ayam berkualitas tanpa perlu repot memasak sendiri, coba variasi menu steak ayam di Steak Hotel by Holycow, yaitu Holychicken Steak. 

Menu ini hadir lengkap dengan saus spesial ala Steak Hotel by Holycow, jagung, dan kentang goreng yang menambah cita rasa serta kenikmatannya. 

Jika ingin merasakan kelezatan ekstra, kamu bisa memesan menu add-ons seperti Mashed Potatoes, Potato Wedges, Mushroom Sautee, Spicy Crosstrax, Tatter Tots, Butter Rice, hingga Fried Mushroom.

Tentu saja, jenis daging ayam yang digunakan di Steak Hotel by Holycow berkualitas tinggi. Jadi, kini kamu tak perlu repot menyiapkan menu ayam sendiri. Cukup pesan di Steak Hotel by Holycow dan rasakan kenikmatannya!

Leave a comment

All comments are moderated before being published