Home Story 9 Fakta Unik Mengejutkan Seputar Daging Ayam!

9 Fakta Unik Mengejutkan Seputar Daging Ayam!

Bila membahas daging apa yang paling enak untuk dihidangkan, maka daging ayam  bisa menjadi salah satu jenis daging yang mudah ditemui dan dapat dimasak dengan berbagai cara. Apalagi, dengan harganya yang relatif terjangkau dan juga penuh nutrisi, maka daging ayam semakin menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, rasanya kurang lengkap jika kamu belum mengetahui beberapa fakta menarik daging ayam. Nah, di artikel ini kami akan membahas macam-macam fakta unik tentang daging ayam. Yuk, simak terus artikel berikut!

Fakta Unik Daging Ayam

Buat kamu yang sudah penasaran, yuk simak beberapa fakta unik dan menarik seputar daging ayam di bawah ini!

  1. Mampu Mencegah Terkena Penyakit Alzheimer

    Salah satu kandungan vitamin dalam daging ayam, yakni vitamin B, ternyata memiliki bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak kita. Hal ini membuat daging ayam dapat mencegah penyakit otak, salah satunya adalah alzheimer.

    Penyakit Alzheimer sendiri dapat menyebabkan kemampuan dan kinerja otak untuk menurun dan acapkali menyerang orang lansia. Oleh karena fakta di atas, orang yang sudah berusia lanjut sangat kami anjurkan untuk mengonsumsi daging ayam yang cukup.

  2. Sumber Protein yang Tinggi

    Selanjutnya, selain mengandung vitamin, daging ayam juga merupakan sumber nutrisi protein yang tinggi.

    Daging ayam rata-rata memiliki kandungan protein sebanyak 18,2 gram per 100 gram. Kandungan protein yang tinggi ini akan membantu tubuh untuk membentuk otot dan jaringan atau sel tubuh yang perlu diperbarui. Sehingga, daging ayam sangat baik jika kamu konsumsi di masa pertumbuhan.

  3. Mencegah Keroposnya Tulang

    Fakta unik yang satu ini ternyata sangat jarang orang ketahui, lho. Faktanya, daging ayam mampu mencegah proses pengeroposan tulang. Wah, bagaimana bisa, ya?

    Pengeroposan tulang dapat terjadi seiring dengan bertambahnya umur. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini, kita perlu mengonsumsi kalsium yang cukup. 

    Nah, ternyata daging ayam juga memiliki kadar kalsium yang cukup. Kadar kalsium yang tinggi dapat kamu temukan di daging ayam terutama pada bagian dada. Sehingga, sangat bagian dada pada daging ayam sangat banyak orang gunakan sebagai menu diet sekaligus baik untuk meningkatkan kadar kalsium pada tubuh.

  4. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

    Selanjutnya, salah satu manfaat daging ayam adalah mampu menurunkan risiko kanker, lho!

    Kanker dapat terjadi karena adanya zat radikal bebas dalam tubuh. Hal yang dapat mencegah serangan dari radikal bebas ini termasuk vitamin B, niacin, dan selenium. Dan faktanya, daging ayam mengandung zat yang telah disebutkan di atas.

    Dengan mengonsumsi daging ayam yang cukup maka kamu dapat mencegah rusaknya sel dan berubah menjadi sel kanker.

  5. Mampu Merawat Kesehatan Jantung

    Faktanya, salah satu kandungan dalam daging ayam, yakni niacin, dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh di dalam tubuh.

    Hal ini dapat terjadi karena niacin dapat mengubah karbohidrat menjadi energi. Jika tidak ada karbohidrat yang menumpuk, maka tingkat kolesterol dan lemak jenuh akan menurun. Menurunnya kadar kolesterol dan lemak jenuh tentu akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan terhindar dari resiko penyumbatan jantung.

  6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

    Tahukah kamu jika daging ayam ternyata juga mengandung piridoksin? Faktanya, zat dalam daging ayam ini dapat meningkatkan metabolisme untuk protein dan karbohidrat. 

    Tidak hanya itu, piridoksin juga mampu menstimulasi sistem imun tubuh kita menjadi lebih aktif. Sistem metabolisme di dalam tubuh juga akan terbantu dengan kandungan selenium yang ada di dalam daging ayam.

  7. Membantu Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh

    Jaringan tubuh dapat terganggu apabila kita kekurangan kandungan tertentu dalam tubuh kita. Contohnya seperti bibir pecah-pecah, kulit yang kering, dan lain-lain. 

    Kerusakan pada jaringan tubuh seperti ini ternyata dapat kamu obati dengan riboflavin, vitamin C, dan antioksidan yang juga terkandung dalam daging ayam. Ketiga kandungan ini dapat merawat kesehatan jaringan tubuh sehingga bebas dari gangguan.

  8. Merupakan Anti Depresan Alami

    Fakta unik daging ayam berikutnya adalah adanya kandungan triptofan di dalam daging ayam.

    Triptofan dapat meningkatkan serotonin dalam otak yang akan berakibat pada mood yang lebih baik dan perasaan yang lebih tenang. Hal inilah yang membuat daging ayam memiliki kemampuan untuk menjadi antidepresan.

  9. Membuat Tekanan Darah Lebih Teratur

    Yang terakhir, Daging ayam ternyata memiliki kandungan zat besi dan juga niacin yang dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh.

    Niacin berperan dalam menurunkan tekanan darah dan zat besi memiliki peran untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi daging ayam yang cukup akan mampu membuat tekanan darah dan juga peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lebih terjaga.

     

    Nah, demikianlah fakta unik daging ayam yang wajib kamu ketahui. Selain bergizi, daging ayam memang menjadi salah satu hidangan lezat primadona semua orang. Salah satunya adalah olahan steak ayam yang ada di Holycow.

    Tidak hanya menyediakan hidangan sapi, di Holycow kini juga menghadirkan berbagai menu olahan daging ayam. Yang tentu saja, mampu memanjakan lidahmu dan telah melalui proses pemasakan dengan standar premium. Sangat menarik, bukan?

    Semoga artikel seputar fakta menarik daging ayam ini bermanfaat, ya!

Leave a comment

All comments are moderated before being published