Home Story Apa Beda Hari Ayah Sedunia dengan Hari Ayah Nasional? Begini Penjelasannya!

Apa Beda Hari Ayah Sedunia dengan Hari Ayah Nasional? Begini Penjelasannya!

Tidak jauh berbeda dengan perayaan “Hari Ibu”, sebagai bentuk apresiasi peran ayah dalam keluarga, masyarakat di dunia juga merayakan “Hari Ayah”. Peringatan Hari Ayah di dunia jatuh setiap tanggal 19 Juni. 

Tak mau kalah, di Indonesia juga memiliki hari spesial untuk ayah. Namun, usut punya usut, tanggal perayaan Hari Ayah Sedunia dan Hari Ayah Nasional tidak sama. Mengapa demikian? Begini penjelasannya.

Sejarah Peringatan Hari Ayah

Agar lebih memahami mengapa peringatan Hari Ayah berbeda antara di dunia dan Indonesia, simak cerita singkat sejarah di bawah ini. 

Sejarah Hari Ayah Internasional

Sejarah Hari Ayah Internasional

Perayaan Hari Ayah merupakan sebuah tradisi dari warga Amerika Serikat sebagai bentuk penghormatan kepada sosok ayah. Peringatan ini merupakan usulan Sonora Smart Dodd yang ingin memberikan penghargaan kepada ayahnya. Ayah Sonora merupakan single fighter yang membesarkan keenam anaknya.  

Sonora mengutarakan keinginannya untuk merayakan Hari Ayah selayaknya Hari Ibu, 22 Desember.  Perjuangannya tidak sia-sia, pada minggu ketiga di Bulan Juni, tepatnya tanggal 19 Juni 1910 akhirnya diperingati sebagai Hari Ayah. 

Namun, pemerintah setempat menolak peringatan Hari Ayah sebagai libur nasional. Hingga pada 1966, Presiden Lyndon B memproklamasikan bahwa Hari Ayah diperingati setiap Minggu Ketiga Bulan Juni. 

Bahkan tahun 1972, Presiden Richard Nixon meresmikan tanggal 19 Juni sebagai Hari Ayah dan hari libur nasional. Jadi, hari ayah sedunia 2022 jatuh pada hari Minggu, 19 Juni 2022. 

Sejarah Hari Ayah Nasional

Sejarah Hari Ayah Nasional

Sejarah Hari Ayah di Indonesia yang berawal dari acara yang diadakan oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Pada waktu itu, tepat 22 November 2004 merupakan sebuah acara peringatan Hari Ibu. 

Dalam acara tersebut juga diadakan sayembara menulis surat untuk Ibu. Kemeriahan acara tersebut, memunculkan sebuah pertanyaan dari peserta, “Kapan ada sayembara menulis surat untuk Ayah”. Acara  yang diadakan di Solo itu, menjadi awal perumusan rencana peringatan Hari Ayah Nasional. 

Dua tahun kemudian, tepatnya 12 November 2006, PPIP mendeklarasikan dan menetapkan tanggal tersebut sebagai peringatan Hari Ayah Nasional.  

Hari itu, juga bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional, sehingga acara tersebut mengusung tema “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.  Hari Ayah Nasional 2022 di Indonesia jatuh tepat Hari Sabtu dapat menjadi momen penting kebersamaan bersama ayah. 

Kendati memiliki tanggal peringatan yang berbeda, namun esensinya tetaplah sama. Hari Ayah merupakan simbolisasi untuk mengapresiasi peran  serta menghormati sosok lelaki hebat yang bernama Ayah. 

Contoh Ucapan Hari Ayah

Contoh Ucapan Hari Ayah

Berikut ini beberapa contoh kata-kata ucapan Hari Ayah yang bisa kamu sampaikan kepada ayah. 

  • “Ayah, terima kasih telah ada dihidupku, menemani sejak aku kecil hingga kini menjadi sahabat terbaikku. Meski Ayah hanya diam dan tak banyak bicara setiap kali aku berulah, tapi tatapan matamu tak bisa bohong. Ayah memang yang terbaik, Selamat hari Ayah.”
  • “Selamat hari Ayah, wahai cinta pertamaku. Terimakasih atas cinta yang luar biasa. Setiap nasehatmu sangat berarti untuk hidupku.”
  • “Selamat Hari Ayah, Pak. Ada banyak hal yang sudah bapak lakukan untuk kami, anak dan istrimu. Kami sangat menyayangimu dengan segenap hati kami. “
  • Seiring dengan perkembangan digital, twibbon yang menampilkan foto dengan bingkai sebagai bentuk social campaign mulai tren. Setiap peringatan hari-hari tertentu, pasti ada twibbon yang bermunculan. 

    Semakin menarik, maka akan semakin banyak orang yang menggunakan. Begitu pula dengan twibbon hari ayah sedunia, juga ramai tersebar di media sosial. 

    Ide Kegiatan di Hari Ayah 

    Meski bisa mengungkapkan rasa kasih sayang kepada ayah setiap hari, namun tak ada salahnya melakukan kegiatan khusus tepat di Hari Ayah. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan  Hari Ayah yang bisa kamu lakukan bersama keluarga. 

    1. Memberi Kejutan saat Pulang Kerja

    Anak bersama ibu bisa membuat sebuah kartu ucapan spesial untuk ayah. Begitu ayah pulang bekerja, sambut dengan kecupan dan pelukan hangat sambil menunjukkan hasil karya bersama. Sambil berkata “Terima kasih sudah bekerja untuk kami.”

    2. Menonton Film Bersama

    Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan bersama ayah adalah menonton film. Kamu bisa mengajak ayah menonton film bergenre drama keluarga yang bisa sederhana namun sarat makna. 

    3. Bersepeda Bersama

    Selain kegiatan di atas, kamu juga bisa mengajak ayah bersepeda bersama. Badan menjadi sehat, pikiran tenang hati pun riang. Bersepeda bersama ayah juga dapat meningkatkan bonding antara ayah dan anak. 

    4. Makan Malam Bersama

    Selain menyambut dan memberi ucapan saat ayah pulang bekerja, kamu juga bisa mengajak makan malam, lho. Ajak ayah ke resto Steak Hotel by Holycow, dan nikmati beberapa sajian olahan daging sapi terbaik. 

    Resto steak terbaik ini menyajikan daging wagyu terbaik untuk para carnivores. Mulai dari Wagyu Tenderloin, Rib Eye, hingga Sirloin Steak.  Di resto Holycow juga terdapat menu baru yang bisa kamu cicipi, seperti menu Nasi Gila US Beef, Sate Taichan Wagyu A5 dan lainnya. 

    Jadi, tunggu apa lagi? Segera datang atau reservasi ke resto Holycow terdekat bersama ayah tercinta. 

    Leave a comment

    All comments are moderated before being published