Home Story Apa itu Wagyu A5? Seberapa Istimewa Daging Premium Ini?

Apa itu Wagyu A5? Seberapa Istimewa Daging Premium Ini?

Apa itu wagyu A5? Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah daging wagyu, bukan? Daging ini sangat naik daun dan banyak diburu oleh semua kalangan.

Konon katanya daging ini sangat istimewa sehingga banyak orang yang ingin mencicipinya. Apa yang membuat daging ini istimewa? Simak penjelasan lengkapnya hanya di sini.

Apa itu Daging Wagyu A5?

Wagyu A5

Mendengar nama daging wagyu apa yang kamu bayangkan? Daging sapi yang sangat lezat dan sangat menggoda bukan?

Apa itu sebenarnya wagyu beef atau daging wagyu? Sebenarnya wagyu beef merupakan daging sapi premium dari Jepang.

Di Jepang sendiri terdapat 2 jenis sapi yaitu sapi biasa atau sapi cattle dan sapi wagyu. Kedua jenis sapi ini tentu saja berbeda kualitas dagingnya. Tidak cukup sampai di sini, sapi jenis wagyu juga masih dibagi menjadi 4 jenis lagi berdasarkan keturunannya, yaitu:

  • Sapi Japanese Polled atau Mukaku Wa-Shu
  • Akage Wa-Shu atau Sapi Japanese Brown
  • Sapi Japanese Black atau Kuroge Wa-Shu
  • Nihon Tankaku-Shu atau Sapi Japanese Shorthorn

Sapi jenis wagyu ini mendapatkan perawatan khusus, mulai dari pakan sampai cara pemeliharaannya. Selain berdasarkan keturunan, sapi jenis wagyu juga dibedakan berdasarkan asal atau tempat budidayanya. Sapi jenis wagyu yang terbaik dan paling terkenal adalah daging sapi miyazaki.

Daging sapi ini berasal dari indukan sapi hitam Jepang atau Kuroge Wa-Shu. Karena perawatan dan iklim di Miyazaki yang bagus maka kualitas daging sapinya juga bagus.

Umur sapi juga memengaruhi kualitas dagingnya. Sapi yang dipotong sebelum kawin mempunyai kualitas daging yang lebih bagus. Oleh karenanya, di Jepang sapi yang untuk dikonsumsi biasanya disembelih sebelum kawin.

Selain berdasarkan jenisnya, daging wagyu juga diklasifikasikan lagi berdasarkan kategori kepadatan dan kualitas dagingnya. Pernahkah kamu melihat label daging sapi wagyu A5 atau A2 atau bahkan A1? Kode ini sebenarnya mempunyai makna tersendiri.

Huruf pada label daging ini menunjukkan proporsi daging yang bisa dimakan dari seekor sapi. Grade tertingginya adalah A, sedangkan terendahnya adalah C.

Sedangkan kode angka menunjukkan kualitas daging dari segi warna, tekstur, dan lainnya. Kode angka daging ini dari 1 sampai 5. Semakin tinggi angkanya maka kualitasnya semakin bagus.

Jadi dapat disimpulkan jika daging wagyu A5 adalah daging wagyu kualitas terbaik. Dari segi proporsi maupun kualitas, daging ini adalah daging terbaik dikelasnya.

Keistimewaan Daging Wagyu A5 Miyazaki

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa daging wagyu terbaik adalah wagyu A5 dari Miyazaki. Sapi jenis wagyu dari Miyazaki memang dikenal mempunyai kualitas daging terbaik dibanding daging wagyu lainnya. Tidak salah jika harganya sangat mahal.

Harga daging wagyu A5 Miyazaki bisa mencapai Rp 7,5 juta per kilogram nya. Walaupun harganya mahal tapi kualitas dagingnya premium dan lezat.

Selain harganya yang mahal, daging wagyu A5 juga mempunyai banyak keunggulan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan daging wagyu A5 Miyazaki yang wajib kamu ketahui.

1. Mempunyai Marbling yang Terbaik

Marbling merupakan serat putih yang ada di permukaan daging wagyu. Ini merupakan salah satu ciri khas dari daging ini.

Wagyu A5 Miyazaki ini mempunyai marbling yang sempurna dan banyak. Tahukah kamu semakin banyak marbling maka rasanya akan semakin lezat.

2. Rasanya Lembut dan Juicy

Keistimewaan selanjutnya dari daging wagyu ini adalah rasanya yang lembut dan juicy. Daging wagyu A5 mempunyai tekstur yang lembut dan rasanya sangat juicy. Ketika memakannya, kamu akan merasakan sensasi makan daging juicy yang langsung lumer di mulut.

Baru sekali gigit saja kamu sudah akan merasakan sensasi makan daging yang berbeda. Kelezatannya akan langsung kamu rasakan di gigitan pertama.

3. Jumlahnya yang Terbatas

Tidak hanya karena rasanya saja, daging wagyu A5 Miyazaki ini jumlahnya sangat terbatas sehingga sulit untuk mendapatkannya. Karena alasan inilah daging ini sangat mahal dan banyak diburu.

Menu Olahan Terbaik Daging Wagyu A5 Miyazaki

Tidak salah bukan jika daging wagyu A5 ini sangat menggiurkan dan wajib untuk dicicipi? Keistimewaannya ini sangat menggoda, kamu yang mengaku pecinta makanan khususnya daging wajib mencobanya.

Namun keistimewaan daging ini tidak bisa kamu dapatkan jika kamu salah mengolahnya. Daging wagyu A5 harus diolah dengan benar agar rasanya tetap lezat.

Salah satu menu wagyu A5 terbaik ada di Holycow yaitu Sate Taichan Wagyu A5. Menu ini merupakan salah satu menu terbaru yang menyajikan sate kekinian taichan dengan bahan utama wagyu A5. Sudah pasti rasanya sangat lezat.

Sate taichan ini disajikan dengan salad dan nasi yang membuat rasanya semakin lezat. Apalagi ditambah dengan sambal taichan yang gurih pedas, rasanya semakin lengkap.

Kamu bisa menikmati menu ini di semua Holycow yang ada di seluruh Indonesia. Segera reservasi sekarang juga untuk menikmati kelezatan sate taichan wagyu A5 ini.

Sekarang sudah tahu bukan apa itu wagyu A5? Pastikan kamu mendapatkan menu terbaiknya agar bisa merasakan kelezatan daging sapi premium Jepang yang sebenarnya. Hanya di Holycow kamu bisa menikmati kelezatan daging ini secara sempurna.

Leave a comment

All comments are moderated before being published