Home Story 7 Cara Membuat Sate Sapi Agar Empuk dan Juicy Termudah

7 Cara Membuat Sate Sapi Agar Empuk dan Juicy Termudah

Sudah tahukah kamu bagaimana cara membuat sate sapi agar empuk? Kunci membuat sate agar empuk ada pada pemilihan jenis daging dan proses pembakarannya. Selain itu, masih ada beberapa cara lainnya yang bisa membuat daging sapi semakin empuk.

Sate sapi memang tidak terlalu populer dibandingkan sate ayam maupun sate kambing. Namun sate ini tetap banyak peminatnya. Salah satu alasannya adalah dagingnya yang lebih juicy dan kandungan kolesterolnya yang tidak terlalu tinggi.

Nah, untuk kamu yang ingin membuat sate sapi yang empuk dan juicy bisa mencoba salah satu cara yang akan dijelaskan di sini.

Cara Mudah Membuat Sate Sapi yang Empuk dan Juicy

Ada 7 cara yang bisa kamu gunakan agar sate daging sapi menjadi lebih empuk. Berikut ini adalah penjelasan lengkap cara membuat sate sapi empuk dan juicy yang bisa kamu coba.

1. Pilih Jenis Daging yang Berkualitas Baik

Cara pertama agar kamu bisa membuat sate sapi yang empuk adalah memilih jenis daging yang berkualitas bagus. Kamu bisa memilih daging bagian khas dalam yang mempunyai tekstur lembut. Selain itu, pastikan kamu menggunakan daging sapi terbaik agar sate menjadi empuk dan juicy.

Salah satu jenis daging sapi yang bisa menjadikan sate sapi kamu empuk adalah daging sapi wagyu A5. Daging sapi premium dari Jepang ini sudah pasti menghasilkan sate sapi yang empuk dan juicy.

2. Jangan Cuci Daging Terlebih Dahulu

Cara selanjutnya agar sate sapi tidak alot adalah dengan tidak mencucinya terlebih dahulu. Walaupun terkesan jorok, tapi cara ini sangat efisien. Mencuci daging sebelum mengolahnya menjadi sate justru akan membuat daging semakin alot.

3. Baluri Parutan Nanas Sebelum Dipotong

Jika ingin menggunakan cara yang lebih praktis kamu bisa menggunakan parutan nanas untuk mengempukkan daging. Cara membuat sate sapi empuk dengan nanas ini sangat mudah, kamu hanya cukup membalut daging dengan parutan nanas sebelum mengolahnya.

Agar lebih empuk kamu bisa membalut daging sebelum memotongnya. Balut daging dengan nanas parut selama kurang lebih 1 jam, kemudian potong dan olah menjadi sate.

4. Potong dan Tusuk Daging Melintang Serat

Agar daging sapi empuk ketika diolah menjadi sate, kamu juga harus memotong dan menusuknya melintang dengan serat. Potongan dan tusukan yang melintang serat ini akan membuat daging menjadi lebih empuk setelah dibakar.

Agar matangnya merata, kamu juga harus memotong daging dengan ukuran yang sama. Tidak perlu terlalu besar, kamu bisa memotongnya dengan ukuran 2 cm. Ukuran ini merupakan ukuran ideal sate sapi agar empuk dan juicy.

5. Bungkus dengan Daun Pepaya

Resep sate sapi empuk yang selanjutnya adalah dengan membungkus daun pepaya. Daging yang sudah kamu potong selanjutnya bungkus dengan daun pepaya. Kamu bisa membungkusnya kurang lebih 30 menit sebelum membakarnya.

6. Baluri Bumbu Terlebih Dahulu

Agar lebih empuk, sebelum membakarnya kamu bisa membaluri daging sapi dengan bumbu terlebih dahulu. Bumbu sate daging sapi sebelum dibakar diantaranya yaitu:

  • 8 butir bawang putih
  • 9 siung bawang merah
  • ½ sendok teh ketumbar, merica, dan gula
  • 3 sendok makan air asam jawa
  • 1 ruas jari laos
  • 1 ruas jari jahe

Semua bumbu ini dihaluskan kemudian dicampur dengan kecap. Takaran bumbu ini untuk setiap 500 gram daging sapi.

7. Bakar dengan Cara yang Tepat

Agar daging sapi empuk kamu juga harus membakarnya dengan tepat. Bakarlah sate dengan menggunakan arang batok yang sudah panas. Cukup bakar kurang lebih 2 - 5 menit saja.

Semakin lama kamu membakar satenya maka dagingnya bisa keras dan alot. Maksimal 5 menit saja untuk membakar sate daging sapi agar teksturnya tetap empuk dan juicy.

Rekomendasi Sate Sapi Empuk Terenak

sate wagyu

Masih ingin mencoba membuat sate sapi yang empuk? Kamu bisa menggunakan salah satu cara yang sudah dijelaskan ini.

Untuk kamu yang ingin menikmati sate sapi yang empuk dan juicy tanpa repot membuatnya kamu bisa mencoba sate sapi taichan di Holycow Steak. Menu sate sapi di Holycow ini merupakan menu terbaru hasil kolaborasi dengan Nagita Slavina.

Berbeda dengan sate sapi pada umumnya, sate sapi di sini menggunakan daging sapi wagyu A5. Daging sapi wagyu A5 merupakan daging sapi premium khas Jepang yang mempunyai tekstur yang lembut dan juicy.

Keunikan dari sate di Holycow ini tidak hanya pada dagingnya saja tapi juga bumbunya. Bumbu yang digunakan pada sate sapi di sini adalah bumbu taichan yang khas.

Selama ini sate taichan identik dengan sate ayam, bukan? Nah, di sini kamu bisa menikmati sate taichan dengan menggunakan daging sapi.

Tunggu apalagi kamu yang ingin menikmati sate taichan dengan daging sapi wagyu terbaik bisa langsung datang ke Holycow yang ada di kota kamu. Rasakan kelezatan sate daging sapi wagyu A5 yang lembut dan juicy. 

Tanpa repot menggunakan cara membuat sate sapi agar empuk, kamu bisa menikmati sate sapi terbaik yang sudah pasti empuk dan lezat di Holycow.

Leave a comment

All comments are moderated before being published