Home Story Cara Mencuci Daging Sapi yang Benar, Tak Perlu Air Mengalir!

Cara Mencuci Daging Sapi yang Benar, Tak Perlu Air Mengalir!

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang banyak orang gemari. Selain nutrisinya bermanfaat, rasanya juga enak. Namun, masih banyak orang yang belum paham benar cara mencuci daging sapi yang tepat. Penasaran caranya? Simak selengkapnya!

Fakta Menarik Tentang Cara Mencuci Daging Sapi Mentah dengan Air

Selama ini, kebanyakan orang yang meyakini bahwa membersihkan sesuatu wajib dengan menggunakan air, termasuk membersihkan daging sapi. Kebanyakan, mereka mengira bahwa selama kotoran di permukaan daging telah bersih, maka daging juga bersih pula.

Namun, ternyata cara ini bukan cara tepat untuk diaplikasikan pada daging sapi mentah, lho! Kok bisa?

Menurut USDA[1], membersihkan daging dengan air adalah hal yang tak baik, termasuk daging sapi, unggas, hingga domba. Hal ini terkait dengan fakta bahwa daging sapi mentah memiliki kandungan foodborne pathogens yang melimpah, termasuk Salmonella, E. coli, Campylobacter, hingga Listeria.

Kemudian, studi terbaru dari USDA juga menyatakan bahwa mencuci atau membilas daging meningkatkan resiko cross-contamination di dapur tempat mengolahnya.

Apa itu cross-contamination?

Cross-contamination[2] atau kontaminasi silang adalah situasi di mana bakteri yang ada pada daging mentah mengkontaminasi permukaan yang bersentuhan langsung dengan daging tersebut. 

Hal ini termasuk juga wadah tempat pencucian daging, kran dan bak cuci piring, serta barang-barang lain di dapur yang bersinggungan dengan daging itu.

Nah, apabila barang-barang yang terkontaminasi tak kamu sanitasi dengan baik, kemungkinan bakteri akan makin menyebar jadi lebih besar. Apabila bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh, mereka dapat menimbulkan risiko terkena keracunan makanan[3], lho!

Oleh karena itu, mencuci daging sapi mentah dengan air adalah hal yang tidak recommended. Jadi, bagaimana cara mencuci daging sapi yang direkomendasikan? Lalu, daging sebaiknya dicuci atau tidak sebelum masuk freezer? Ini dia jawabannya!

Ini Dia Cara Mencuci Daging Sapi dengan Benar!

Selain menggunakan air, ada beberapa orang yang mengira bahwa mengganti air dengan perasan air lemon, cuka, bahkan air garam dapat menjadi alternatif dalam membersihkan daging sapi. 

Nyatanya, masih belum ada bukti nyata bahwa cara ini bisa membunuh patogen yang ada di dalam daging sapi. Jadi, cara ini juga tidak valid, ya! Lalu, bagaimana cara yang akurat?

Ternyata, cara mencuci daging sapi agar tidak bau dan bersih adalah dengan memanaskan daging tersebut!

Bakteri umumnya akan cepat tumbuh di media bersuhu 5°-60°C. Jadi, memanaskannya adalah jalan utama untuk mematikan bakteri-bakteri tersebut.

Selama proses pemanasan dengan suhu yang tepat, bakteri yang terdapat di dalam daging sapi mentah akan mati dan membuatnya aman untuk kamu simpan atau konsumsi. Ini dia langkah-langkah selengkapnya:

1. Pertama, cuci tangan sebelum memegang daging sapi mentah.

2. Bersihkan bagian kotor daging dengan lap bersih atau tisu. Apabila terdapat bagian yang terlalu kotor, buang bagian tersebut dengan memotongnya menggunakan pisau dapur.

3. Siapkan panci berisi air dan didihkan. Kemudian, ambil daging dan masukkan ke dalam air mendidih. Suhu minimal untuk membunuh bakteri adalah 145°F atau sekitar 63°C.

4. Rebus daging kurang lebih 5 menit saja. Lalu, setelah air rebusan telah berubah menjadi keruh, buang air dan simpan daging di wadah bersih. Selain itu, kamu juga bisa mendidihkannya sekali lagi untuk membuat kaldu.

Setelah membersihkan daging sapi sebelum dimasak di atas telah kamu lakukan, kamu bisa segera mengolah daging menjadi menu yang kamu inginkan saat itu juga. Apabila kamu tak ingin segera mengolahnya, kamu bisa menyimpan daging di dalam freezer.

Nah, banyak rekomendasi menu yang bisa kamu masak dengan mengolah daging sapi yang telah bersih tersebut. Kamu bisa memasak makanan lokal seperti rendang, semur, dan dendeng.

Namun, apabila kamu ingin mencoba makanan western, daging sapi paling cocok dibuat menjadi steak!

Tak ingin repot-repot melakukan langkah-langkah cara mengolah daging sapi mulai dari proses pencucian hingga pengolahan menjadi sajian steak yang nikmat? Tenang saja, kamu bisa order steak nikmat dan halal di Steak Hotel by Holycow!

Leave a comment

All comments are moderated before being published