Home Story Ini Dia Cara Memotong Daging Sapi agar Steak Makin Empuk!

Ini Dia Cara Memotong Daging Sapi agar Steak Makin Empuk!

Ada banyak faktor saat memasak steak yang mempengaruhi hasil akhirnya, salah satunya cara memotong daging sapi. Ternyata, ada teknik memotong daging khusus dalam cara memotong daging sapi agar menu steak makin enak, lho! Penasaran? Simak macam-macam teknik memotong daging yang akan dibahas di artikel ini.

Untuk berbagai jenis daging, baik itu daging sapi, kambing, hingga ayam, kelezatannya akan makin terasa bila hasil olahan daging empuk dan juicy. Namun, tak hanya jenis daging atau hasil potongan daging yang mempengaruhi hasil akhirnya.

Lalu, apa saja tips untuk cara memotong daging sapi agar empuk? Baca selengkapnya.

1. Gunakan Pisau yang Tajam

Untuk memotong daging sapi, kamu perlu menggunakan pisau yang super tajam. Hal ini berkaitan dengan kemudahan proses pemotongan.

Apabila pisau yang kamu gunakan tidak terlalu tajam, proses pemotongan daging akan jadi makin susah dan lama. Nah, jika kamu menggunakan pisau yang tajam, maka kamu akan lebih mudah saat memotong daging. 

Selain itu, pisau yang tajam juga akan memberikan hasil daging yang clean-cut.

2. Perhatikan Alur Serat Daging

Ini dia hal penting selanjutnya saat memotong daging sapi. Serat daging memiliki pola yang beragam. Oleh karena itu, kamu wajib mengamati terlebih dahulu arah serat daging.

Setelah mengetahui arahnya, maka kamu akan siap untuk lanjut ke proses selanjutnya, yaitu memotong daging.

3. Potong Berlawanan Arah dengan Serat Daging

Ini dia fungsi mengetahui arah serat daging terlebih dahulu sebelum memotong daging sapi. Yang harus kamu lakukan adalah memotong daging berlawanan arah dengan arah seratnya.

Cara ini merupakan langkah tepat untuk cara memotong daging sapi supaya empuk. Dengan begitu, hasil daging pastinya jadi lebih empuk dan anti alot daripada daging yang kamu potong mengikuti arah seratnya.

4. Perhatikan Ketebalan Potongan Daging

Selain mengetahui cara memotongnya yang benar, kamu juga harus tahu bahwa ketebalan potongan daging juga dapat mempengaruhi empuk atau tidaknya daging tersebut.

Hal ini terkait dengan serat pada daging terdiri atas otot yang padat dan sejajar satu sama lain. Meski kamu telah memotongnya berlawanan arah dengan serat, potongan daging yang tebal akan tetap menyisakan otot yang sulit kamu kunyah.

Oleh karena itu, cara memotong daging sapi tipis cocok untukmu apabila kamu ingin daging lebih empuk, perhatikan ketebalan daging. Jangan sampai potongan dagingmu terlalu tebal.

Sebenarnya, Apa Itu Serat Daging?

Sedari tadi, kamu telah memahami cara tepat untuk memotong daging sapi, yaitu secara berlawanan arah dengan serat daging. Namun, apa itu serat daging sebenarnya?

Pengertian serat daging mengarah kepada arah dari serat otot yang ada di potongan daging sapi. Serat otot ini benar-benar kuat karena ia menyokong aktivitas sapi dalam bergerak.

Serat daging bisa dilihat secara kasat mata dengan memperhatikan garis-garis yang melintasi potongan daging. 

Nah, tidak semua jenis daging sapi memiliki serat yang mudah untuk kamu lihat. Biasanya, potongan daging seperti tenderloin lebih sulit untuk kamu identifikasi seratnya dibandingkan bagian flank atau samcan serta skirt.

Mengapa Harus Memotong Berlawanan Arah dengan Serat Daging?

Mungkin kamu bertanya-tanya, memangnya sepenting itu memotong daging berlawanan arah dengan seratnya? Jawabannya, benar, sepenting itu!

Meskipun dengan memotong sesuai arah serat tetap akan membuat dagingmu bisa dimakan, pengalaman mengunyah daging akan jadi berbeda dengan daging yang dipotong berlawanan arah dengan serat.

Pada dasarnya, alasan di balik hal ini adalah untuk mengurangi panjangnya serat otot yang terdapat pada daging. Semakin pendek serat otot pada potongan daging yang kita kunyah, maka hasilnya akan jadi lebih tidak alot.

Sebuah studi menggunakan CT3 Texture Analyzer[1] menemukan bahwa steak yang ketika pengolahan melalui pemotongan searah serat dagingnya menjadi 4 kali lebih susah diiris daripada steak yang dipotong berlawanan arah dengan seratnya.

Selain itu, memotong daging sapi dengan cara ini juga bisa mengunci kandungan air yang terdapat pada daging. Dengan begitu, daging yang kamu konsumsi akan jadi lebih juicy.

Apabila kamu memperhatikan dan mempraktekkan seluruh petunjuk di atas dengan akurat, maka hasil steak yang kamu masak niscaya akan jadi lebih empuk dan anti alot.

Nah, apakah kamu ingin mengkonsumsi steak yang sudah pasti empuk, anti alot, dan berkualitas? Namun, kamu tak ingin repot-repot melakukan langkah-langkah di atas?

Tenang saja, kamu bisa memilih opsi order steak nikmat di restoran steak bersertifikat CHSE dan Halal MUI, Steak Hotel by Holycow!

Leave a comment

All comments are moderated before being published