Home Story Kenali 5 Tingkat Kematangan Daging Steak, Mana Yang Terbaik?

Kenali 5 Tingkat Kematangan Daging Steak, Mana Yang Terbaik?

Carnivores, tingkat kematangan daging steak yang mana yang biasa kamu pilih untuk disantap? Atau selama ini kamu belum tahu dengan tingkat kematangan daging steak ini dan selalu memesan steak tanpa request tingkat kematangan dagingnya?

Lalu tingkat kematangan daging steak mana yang menjadi favorit para carnivores di luar sana? Ternyata setiap tingkat kematangan daging steak itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada apa saja? Mari kita rangkum lima jenis tingkat kematangan daging steak.

Tingkat Kematangan Daging Steak Terbaik dan Paling Enak

1. Rare

Steak dengan tingkat kematangan rare merupakan steak yang rasanya paling juicy. Meski juicy, biasanya tingkat kematangan daging steak ini tidak cocok dengan lidah Asia, hal ini dikarenakan orang Asia tidak terbiasa dengan daging mentah.

Tingkat kematangan ini memiliki bagian samping yang berwarna kecoklatan, sedikit hangus di bagian luar namun bagian dalamnya masih berwarna merah terang daging mentah.

Bagian terluar akan terasa hangat dan semakin dalam akan semakin dingin. Steak ini biasa dipanggang di suhu 120-130 F atau setara dengan 49-55 C, dengan cara meletakkan steak di atas panggangan panas selama 5 menit, balikkan dan lanjutkan memanggang selama 3 menit lagi.

2. Medium Rare

Steak jenis ini merupakan steak yang memiliki tingkat kematangan paling disukai karena memiliki tingkat juiciness yang pas karena masih berair menyerupai steak rare yang lembut bagian dalamnya tetapi dengan tekstur yang lebih keras di bagian luar.

Bagian luar steak berwarna kecoklatan yang didominasi coklat tua karena dikaramelisasi dan bagian tengahnya berwarna merah hingga merah muda. Medium rare juga sangat cocok dimakan dengan side dish salad yang terbuat dari sayur-sayuran segar.

Steak ini biasa dipanggang di suhu 130-135 F atau setara dengan 55-57 C, dengan cara meletakkan steak di atas panggangan panas selama 5 menit, balikkan dan lanjutkan memanggang selama 4 menit lagi.

3. Medium

Steak medium memiliki tekstur yang terasa kencang saat disentuh dan mengeluarkan tetesan berwarna merah ketika dipotong atau digigit.

Bagian luarnya berwarna coklat seperti terpanggang tetapi tidak hangus dan bagian dalamnya berwarna merah muda terang. Ini dia yang menjadi favorit kebanyakan carnivores, karena daging sudah dimasak sampai matang namun tetap menyisakan sensasi juicy ketika dimakan.

Steak ini biasa dipanggang di suhu 140-150 F atau setara dengan 60-66 C, dengan cara meletakkan steak di atas panggangan panas selama 6 menit, balikkan dan lanjutkan memanggang selama 4 menit lagi.

4. Medium Well

Jika carnivores merasa geli melihat warna daging steak yang berwarna merah tetapi masih ingin merasakan daging yang juicy, medium well adalah pilihan yang tepat.

Warna dari steak ini merah muda pucat yang samar di bagian dalam dan coklat keabuan di bagian luarnya. Teksturnya kencang dan agak keras, tapi tetap empuk di bagian dalamnya.

Steak ini biasa dipanggang di suhu 155-165 F atau setara dengan 68-74 C, dengan cara meletakkan steak di atas panggangan panas selama 7 menit, balikkan dan lanjutkan memanggang selama 5 menit lagi.

5. Well Done

Favorit orang Indonesia sudah ketebak dong apa? Yup benar carnivores, well done jawabannya. Tingkat kematangan ini adalah yang paling matang dengan warna coklat keabuan di seluruh bagian dagingnya.

Teksturnya agak sedikit kaku dan kering dengan rasa juicy yang paling rendah. Steak ini biasa dipanggang di suhu 170 F atau setara dengan 77 C atau lebih tinggi, dengan cara meletakkan steak di atas panggangan panas selama 10-12 menit di setiap sisinya.

 

Setelah mengetahui tingkat kematangan daging steak, carnivores sudah menentukan akan coba tingkat kematangan yang mana? Atau carnivores sudah punya favorit tersendiri? Steak dengan tingkat kematangan medium menjadi juara umum di dunia, namun di Indonesia well done yang menjadi juaranya. 

Apapun pilihan carnivores, tak perlu jauh-jauh dan kebingungan jika ingin makan steak dengan tingkat kematangan daging yang bermacam-macam.

Carnivores bisa langsung datang ke cabang Holycow terdekat, atau bisa langsung membuka aplikasi pesan antar dan memesan via online. Steak enak dan berkualitas akan langsung ada di depan pintu rumahmu.

Leave a comment

All comments are moderated before being published