Home Story Ini Dia 8 Cara Memilih Daging yang Baik dan Berkualitas

Ini Dia 8 Cara Memilih Daging yang Baik dan Berkualitas

Dalam proses pengolahan daging, kualitas daging akan menentukan rasa makanan hasil olahannya. Selain itu, memilih daging dengan kualitas buruk juga memberikan risiko pada kesehatan. Maka dari itu, penting sekali mengetahui cara memilih daging yang baik.

Daging adalah salah satu bahan makanan yang sudah menjadi santapan manusia dalam ribuan tahun. Bahkan dalam beberapa literatur, manusia sudah mengkonsumsi daging lebih dari 10,000 tahun yang lalu. Hingga saat ini, daging masih menjadi makanan kegemaran banyak orang. 

Tentu saja, salah satu alasannya adalah rasa yang tidak mungkin tergantikan oleh bahan makanan lain. Selain itu, daging juga memberikan banyak sekali nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh.

Hati-Hati Dalam Memilih Daging!

Bagi meat lovers, memilih daging bisa menjadi tantangan tersendiri. Ketelitian dan kecermatan dibutuhkan untuk bisa mendapatkan daging berkualitas. Terlebih lagi, salah memilih daging, tidak hanya berpengaruh pada rasa makanan saja, tetapi juga bisa mengancam kesehatan.

Daging yang tidak berkualitas bisa membawa berbagai bakteri yang bisa membuat kamu sakit. Setidaknya ada 2 bakteri yang umum ada pada daging dengan kualitas buruk. 

  • Bakteri Patogen ini mudah hidup pada daging busuk dalam suhu ruangan. Jenis bakteri ini juga bermacam-macam, seperti E-coli, Salmonella, Campylobacter jejuni dan lain-lain. Mengkonsumsi daging yang terdapat bakteri ini bisa membuat Meat lovers keracunan, dengan efek samping diare, muntah-muntah hingga bisa membahayakan nyawa. 

Oleh karena itu, penting bagi meat lovers untuk membeli dan memilih dengan teliti daging segar.

  • Selanjutnya adalah bakteri pembusuk yang biasa ada pada daging beku dengan penyimpanan yang tidak steril dan beku dalam waktu lama. Bakteri yang ada dalam daging beku ini adalah listeria monocytogenes. Bakteri ini bisa menyebabkan meningitis septikemia serta ensefalitis.

Walaupun meat lovers membeli daging beku, pastikan kamu mendapatkan dari pedagang yang dapat dipercaya.

Agar meat lovers tidak salah memilih daging untuk hidangan. Berikut ini merupakan cara mudah memilih daging berkualitas.

8 Cara Memilih Daging Yang Baik dan Berkualitas untuk Dikonsumsi

1. Memilih Daging dengan Memperhatikan Warna

Pemilihan daging berdasarkan warna adalah yang paling mudah untuk meat lovers lakukan dalam memilih daging berkualitas. Namun perlu meat lovers ingat, jika warna daging sangat bergantung pada jenis hewannya.

Saat membeli daging sapi segar sebaiknya memilih yang berwarna merah. Sedangkan, apabila daging berwarna merah tua atau coklat, berarti daging telah terkena oksigen. Daging dengan warna ini masih bisa digunakan sebagai bahan makanan.

2. Cium Aroma Daging Tersebut

Selanjutnya, periksalah aroma daging. Daging segar akan beraroma khas seperti daging pada umumnya.

Sedangkan daging yang mulai busuk atau kualitasnya sudah menurun, biasanya ditandai dengan bau amis atau anyir yang cukup menyengat.

Apalagi jika daging sudah mulai memiliki bau busuk, maka harus sangat dihindari membeli daging seperti ini.

3. Kemasan Daging

Daging dengan pengemasan yang buruk bisa mengakibatkan kontaminasi dan membuat daging tidak steril. Meat lovers bisa memilih daging dengan kemasan yang aman dan tidak rusak untuk mendapatkan daging berkualitas.

4. Perhatikan Permukaan Daging

Memilih berdasarkan permukaan daging akan membantu meat lovers menentukan jenis masakan. Daging yang memiliki serat kecil dan halus akan empuk saat dimasak. 

Sedangkan, daging sapi dengan tekstur serat yang besar, akan memberikan daging yang keras tetapi memiliki layer rasa bermacam-macam. Daging dengan tekstur keras bisa meat lovers masak dengan teknik slow cook.

5. Penyimpanan Daging

Lemari pendingin penting untuk memastikan daging tersimpan dengan baik dalam jangka waktu tertentu. Penyimpanan yang buruk bisa membuat daging busuk lebih cepat dan tentu saja kehilangan kesegaran.

Apabila meat lovers mencari daging berkualitas, jangan lupa memeriksa tempat penyimpanan, apakah cukup dingin (antara 1° hingga 4° celcius).

6. Jangan Lupakan Lemak Pada Daging

Daging dengan marmer atau garis dan bintik lemak yang tersebar otot daging akan menghasilkan sensasi juicy dan empuk. Biasanya, daging dengan karakteristik marmer memiliki harga yang lebih mahal.

7. Tekstur Daging Tidak Berair dan Lembek

Daging seharusnya memiliki tekstur kering, kenyal dan padat. Apabila daging berair dan berlendir sebaiknya meat lovers hindari, karena bisa jadi daging sudah tidak segar.

8. Perhatikan Tanggal Pada Label

Biasanya saat meat lovers membeli daging, pada kemasan terdapat label best use yang merupakan tanda kesegaran optimal daging tersebut. Dan pada beberapa kemasan daging yang lain juga barangkali terdapat label expired date. Sebagai tanda bahwa daging sudah tidak layak konsumsi jika melebihi tanggal tersebut.

Daging Berkualitas Hanya di Holycow!

Sebenarnya ini adalah salah satu cara juga bagi meat lovers yang ingin beli daging sapi berkualitas. Yaitu dengan memilih penyedia daging sapi terpercaya seperti Holycow. Meat lovers dapat berkonsultasi dan mendapatkan daging berkualitas langsung dari ahlinya.

Berikut ini merupakan jenis daging steak yang bisa kamu dapatkan di Holycow:

Di Holycow, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap tentang produk, dari jenis daging, penyimpanan hingga tanggal kadaluarsa. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi mengenai daging terbaik untuk masakan yang kamu inginkan.

 

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published