Home Story 7 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan oleh Tubuh agar Tetap Sehat

7 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan oleh Tubuh agar Tetap Sehat

Pengertian nutrisi terkait dengan segala sesuatu yang menyediakan kebutuhan manusia untuk bisa tumbuh dan berkembang. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh terbagi menjadi dua kategori, yakni makronutrien dan mikronutrien. 

Protein, lemak, dan karbohidrat masuk dalam kategori makronutrien ini. Sebaliknya, mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral.

Meski banyak nutrisi yang baik, namun setidaknya ada beberapa nutrisi yang wajib kamu masukkan ke dalam konsumsi harian. Berikut kami jelaskan jenis-jenis nutrisi dan fungsinya:

1. Karbohidrat

Mengonsumsi karbohidrat adalah bagian dari keseimbangan nutrisi. Nutrisi ini akan diubah jadi glukosa dan menjadi bahan bakar utama bagi otak dan tubuh.

Keberadaan karbohidrat juga bisa menghindarkan tubuh untuk memecah protein agar bisa mendapat energi. Jadi, massa otot tidak akan berkurang.

Agar nutrisi tetap seimbang dan kamu tidak mendapat efek negatif dari konsumsi karbo, maka pilih karbohidrat kompleks. Tubuh butuh waktu lebih lama untuk memecah karbo kompleks sehingga kamu kenyang lebih lama.

Beberapa contoh makanan sebagai sumber karbohidrat kompleks adalah:

  • Buah: Apel, beri, jeruk, kiwi
  • Sayuran: Brokoli, asparagus, apel
  • Kacang-Kacangan: Lentil, kacang merah, polong, kacang hitam
  • Biji-Bijian Utuh: Gandum, quinoa, beras merah

2. Protein

Tak hanya otot, tapi hormon, antibodi, dan setiap sel dalam tubuh terdiri dari protein. Sekitar 16% dari total rata-rata berat manusia berasal dari protein. 

Tubuh memang bisa memproduksi beberapa asam amino. Namun, masih banyak asam amino penting yang hanya bisa kamu peroleh dari makanan.

Ada dua jenis protein yang bisa kamu peroleh dari makanan, yaitu protein hewani dan nabati.

Protein nabati terdiri dari kacang-kacangan, kedelai, dan beberapa biji-bijian lain. Sedangkan protein hewani bisa kamu peroleh dari daging, telur, ikan, dan lain sebagainya.

Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi daging adalah dalam bentuk steak. Dapatkan daging steak segar dan berkualitas premium di Steak Hotel by Holycow terdekat di kotamu.

3. Lemak

Nutrisi penting lain yang mendapat reputasi buruk adalah lemak. Padahal fat ini berperan penting bagi tubuh kamu.

Kehadirannya bisa membantu meningkatkan penyerapan vitamin dan juga melindungi organ.

Jika memang ingin menghindari lemak, maka jauhi lemak jenuh dan perbanyak konsumsi lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh banyak ditemukan di makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, olive, flaxseed dan juga salmon.

Memasukkan lemak sehat ke dalam diet bisa membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan fungsi otak.

4. Vitamin

Apa nutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh?

Jawabannya adalah vitamin. Nutrisi ini penting untuk menangkal penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat. 

Setidaknya ada 13 vitamin esensial yang tubuh perlukan, seperti vitamin A, B6, C, D, dan E.

Asupan vitamin yang cukup bisa membantu menurunkan risiko kanker paru-paru dan prostat karena kandungan antioksidannya tinggi. Vitamin A untuk kesehatan mata dan kulit, sedangkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan saraf. 

Vitamin C juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses penyembuhan.

Tidak ada makanan yang menyediakan setiap vitamin esensial. Kamu perlu mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah untuk mencukupi kebutuhannya. Bantu dengan konsumsi suplemen dengan kandungan multivitamin untuk memenuhi asupan nutrisi.

5. Mineral

Ini adalah mikronutrien esensial lain yang memiliki peran berbeda untuk setiap jenis mineralnya. Setidaknya ada 7 mineral penting bagi tubuh seperti fosfor, sodium, zinc, kalium, besi, magnesium, dan kalsium.

Dari ketujuh mineral tadi, kalsium memiliki peran penting untuk sirkulasi, fungsi otot dan saraf, serta kesehatan tulang.

Zat besi mendukung pembuatan sel darah merah dan hormon. Zinc bisa membantu meningkatkan sistem imun dan penyembuhan luka.

Kamu bisa memperoleh asupan kalsium dari susu, sayuran berdaun hijau, dan ikan sarden serta salmon.

6. Serat Tumbuhan (Dietary Fiber)

Ini adalah bagian makanan yang tidak di-breakdown oleh tubuh. Memiliki fungsi untuk menjaga sistem pencernaan.

Konsumsi serat ini bisa membantu proses penyerapan nutrisi penting di usus. Serta juga bisa menjaga kondisi usus agar bekerja optimal. 

Agar tubuh tidak kekurangan serat, kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau. Contohnya kale, seledri, brokoli, parsley, dan juga bayam. 

Ada juga opsi makanan lain yang kaya serat seperti pisang, edamame, tempe, gandum, dan juga sorghum.

7. Air

Menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi sangatlah penting. Ini karena air adalah elemen utama untuk bertahan hidup. 

Apa kamu tahu bahwa 60% tubuh orang dewasa terdiri dari air?

Manusia hanya mampu bertahan tanpa air antara 2 hari hingga 1 minggu, tergantung situasinya. Tubuh kamu bergantung pada air untuk mengeluarkan kotoran dan juga mengatur suhu.

Hindari minum saat merasa haus karena saat tubuh merasa haus, artinya kamu sudah masuk tahap awal dehidrasi. Tak hanya minum air saja, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kandungan airnya tinggi seperti sayur dan buah.

Setelah memahami jenis dan apa fungsi nutrisi bagi tubuh, tentunya sekarang kamu tak bisa asal mengonsumsi makanan. Pilih menu makanan kaya nutrisi untuk konsumsi harian agar tubuh bisa bekerja dengan optimal.

Menurut kamu, dari ketujuh nutrisi yang dibutuhkan tubuh di atas, mana yang asupannya paling sedikit dalam konsumsi harianmu?

Leave a comment

All comments are moderated before being published