Home Story Bosan dengan Wine? Cobain deh 5 Minuman Pendamping Steak Ini

Bosan dengan Wine? Cobain deh 5 Minuman Pendamping Steak Ini

Wine adalah minuman pendamping steak yang klasik. Entah itu red wine, white wine, atau bahkan wine putih kering selalu jadi pasangan sempurna untuk daging.

Menikmati steak dengan wine sudah menjadi tradisi sejak lama. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh keluar dari tradisi ini. Faktanya, tidak semua orang suka dan bisa minum wine

Kabar baiknya, ada 5 minuman selain wine yang cocok untuk steak. Kelima minuman yang akan dibahas ini ada yang mengandung alkohol dan tidak. Jadi, kamu yang muslim tak perlu khawatir ya.

1. Bir Hitam

segelas bir hitam yang disajikan bersama steak

Porters dan stouts sangat direkomendasikan menemani kamu menyantap daging steak. Jenis bir hitam ini punya kemampuan untuk menahan rasa khasnya saat menyantap potongan steak seperti rib-eye

Stout mengandung roasted barley yang memiliki karakter kering sehingga kontras dengan steak yang juicy. Saran saja, kamu bisa meminta segelas bir hitam dengan sedikit rasa pahit untuk membantu mengurangi richness pada daging steak.

Bagaimana jika kamu memesan flank atau skirt

Tak masalah, kamu tetap bisa menyantapnya dengan nikmat bersama nutty brown ale. Bir hitam jenis ini memiliki rasa pahit dan hoppy yang luas. Kandungan alkohol di dalamnya juga tidak akan merusak palet kamu saat menyantap steak.

Rekomendasi lain adalah Belgian strong dark ale. Minuman ini punya kandungan alkohol yang lebih tinggi dengan karakter yang lebih menarik. Mayoritas Belgian strong dark ale akan terasa fruity dengan sedikit rasa dark malt.

2. Whiskey

segelas whiskey

Minuman ini adalah pasangan steak sempurna untuk potongan daging merah yang lebih beraroma. 

Aroma karamel pada whiskey bisa menahan rasa yang kuat dari si daging merah. Apalagi jika kamu menyantap steak yang baru keluar dari panggangan, rasanya akan lebih baik.

Selain itu, aroma asap dari steak panggang bisa terasa lebih enak dengan seteguk whiskey. Butuh rekomendasi? 

Kamu bisa memilih antara rye, bourbon, ataupun scotch. Namun, sejujurnya scotch adalah opsi yang populer untuk steak karena mampu meniru rasa yang keluar dari steak.

Kamu juga bisa mencoba campuran Manhattan atau Old Fashioned

Old fashioned menggunakan campuran whiskey berkualitas, angostura yang pahit, gula, dan beberapa orange peel. Campuran ini memiliki keseimbangan yang sempurna untuk potongan steak apa pun.

3. Jus Cranberry

2 gelas jus cranberry dengan lemon di sampingnya

Jika kamu tidak minum alkohol, tidak ingin mabuk, atau berperan sebagai supir, maka minuman beralkohol is a big no

Sebaliknya, jus cranberry atau delima bisa jadi alternatif pilihan. Minuman ini memiliki visual yang tak kalah menggoda dengan red wine

Cranberry juga memiliki kandungan tanin layaknya red wine yang memberikan efek kering di mulut sehingga bisa mengimbangi richness pada steak. 

Jus ini juga bisa memunculkan cita rasa kompleks di lidah, lho. Cranberry juice memiliki rasa asam, jadi kamu perlu menambah sentuhan club soda di dalamnya agar semakin padu dengan daging steak yang juicy

Kamu juga bisa menambahkan lemonade untuk menambah rasa manis pada jus.

4. Fruity Cocktail

3 gelas fruity cocktail yang disajikan oleh bartender

Steak memiliki citarasa khas yang kaya. Terkadang manis, tapi juga bisa subtle.

Cocktail adalah minuman pendamping daging sapi yang sempurna. Minuman ini memiliki karakter yang ringan dan tidak memabukkan. 

Agar bisa memberikan rasa segar dan bersih di lidah, kamu bisa memilih racikan cocktail dengan campuran buah. Sangria cocktail bisa jadi pilihan jika kamu menginginkan unsur wine di dalamnya.

Kamu juga bisa mencoba ginger and pear punch untuk menghasilkan cocktail yang segar dan tajam. Ginger and pear punch adalah campuran dari jahe segar, jus pir, soda, gula, sirup jahe, dan jus lemon.

Kurang suka pir? Tenang, kamu bisa menggantinya dengan apel. Sari apel juga sangat cocok untuk menikmati daging merah.

5. Es Kelapa Muda

sebuah kelapa muda yang telah dipotong

Siapa yang tak kenal es kelapa muda?

Kamu bisa dengan mudah menemukan minuman ini di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Biasa jadi minuman favorit saat cuaca panas. Air kelapa memiliki cita rasa segar yang khas. 

Ini membuat es kelapa jadi minuman yang cocok disajikan dengan steak. Ingin mendapat sensasi rasa yang lebih segar dan sempurna untuk potongan steak kamu? 

Coba deh tambahkan sedikit perasan jeruk, maka tercipta minuman yang segar dengan sentuhan rasa asam manis. Minuman ini akan sukses membersihkan palet kamu.

Sejujurnya mudah untuk mencari minuman pendamping di pesta steak-mu. Beragam minuman alkohol dan nonalkohol tersedia. Namun perlu diingat, hindari menambah gula terlalu banyak di minuman karena rasa khas steak bisa hilang.

Untuk menikmati olahan steak lezat, kamu bisa menyambangi cabang-cabang Holycow terdekat. Restoran steak ini menyajikan daging-daging yang segar berkualitas premium dengan harga minimum. Jangan lupa pilih minuman pendamping steak favoritmu ya.

Leave a comment

All comments are moderated before being published