Home Story Apa Saja Perbedaan Daging Merah dan Daging Putih?

Apa Saja Perbedaan Daging Merah dan Daging Putih?

Tahukah kamu bahwa perbedaan daging merah dan daging putih tidak hanya pada warnanya? Ternyata keduanya bisa memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, lho.

Nah, sebelum kamu menentukan akan makan steak daging atau ayam malam ini, yuk, pelajari dulu perbedaan antara keduanya!

Apa Itu Daging Merah?

Daging berwarna merah karena memiliki kadar mioglobin yang tinggi. Beberapa contoh hewan dengan daging merah yang sering untuk digunakan steak meliputi sapi, domba atau kambing, dan babi. 

Mioglobin sendiri merupakan protein yang memberi warna merah pada daging dan lebih umum terdapat pada hewan yang aktif. Selain rasa yang menggoda, manfaat daging merah juga meliputi kandungan nutrisi yang kaya, seperti protein dan zat besi.

Sapi misalnya, menjadi favorit banyak orang, terutama untuk steak dan burger. Sementara itu, daging domba atau kambing cukup sering dijumpai dalam kari dan sup. Rasanya pun lebih kuat.

Lalu ada juga babi, yang meskipun agak kontroversial di beberapa negara, juga memiliki tempatnya dalam kategori daging merah. Bacon dan ham adalah jenis olahan daging babi yang paling umum.

Mengenal Daging Putih

Daging putih adalah pilihan favorit bagi mereka yang mencari alternatif lebih sehat daripada daging merah. Hal ini terjadi karena jenis daging ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih rendah. 

Selain itu, daging putih juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang sangat kaya. Contoh daging putih yang paling populer adalah ayam, yang serbaguna dan pengolahannya mudah. 

Selain ayam, ikan juga termasuk dalam kategori ini. Bahkan, ikan kaya akan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan jantung. Opsi daging putih lainnya adalah kalkun. Tekstur yang mirip ayam sering kali menjadi alternatif. Jadi, daging putih tidak hanya lezat tapi juga kaya manfaat kesehatan.

Kandungan Nutrisi Daging Merah dan Daging Putih

Berikut adalah perbandingan kandungan nutrisi daging merah dan daging putih yang dapat membantu Anda memahami lebih jauh perbedaannya.

 

Daging Merah

Daging Putih

Protein

Tinggi protein, tapi jenisnya berbeda tergantung pada jenis daging merahnya.

Tinggi protein dan mudah dicerna oleh tubuh

Lemak

Umumnya lebih tinggi dalam lemak jenuh dan kolesterol. Konsumsi dengan moderasi.

Lebih rendah dalam lemak jenuh dan kolesterol, membuatnya lebih baik untuk kesehatan kardiovaskular. Ikan, khususnya, kaya akan asam lemak Omega-3.

Mineral dan Vitamin

Kaya akan nutrisi esensial seperti zat besi, seng, dan vitamin B12. Zat besinya mudah diserap.

Meski tak sebanyak daging merah, daging putih juga punya vitamin dan mineral. Ikan, sebagai contoh, adalah sumber selenium yang kaya.

Kalori

Biasanya lebih tinggi kalorinya karena kandungan lemak yang lebih banyak.

Lebih rendah kalori, membuatnya lebih sesuai untuk diet penurunan berat badan atau pengelolaan berat badan.

 

Dengan memahami kandungan nutrisi daging putih dan daging merah, kamu bisa memilih yang lebih tepat, sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan kesehatan kamu.

Steak Hotel by Holycow!

Kalau kamu tertarik mencicipi daging merah dan daging putih dalam bentuk yang paling lezat, Holycow punya banyak pilihan untukmu. Selain menawarkan steak daging sapi yang luar biasa, Holycow juga memberikan ragam pilihan untuk pecinta daging putih, seperti ayam dan ikan. Berikut ini adalah rekomendasi menu di Holycow yang harus kamu coba.

1. Holychicken Steak

Tak hanya terkenal dengan steak sapinya, Holycow juga menyajikan Holychicken Steak yang tak kalah menggugah selera. Dengan porsi 250 gram, steak ayam ini sempurna untuk kamu yang mencari alternatif protein yang lebih ringan namun tetap lezat. 

Berpadu dengan saus pilihan, Holychicken Steak ini akan memanjakan lidah sambil memberikan nutrisi yang kamu butuhkan.

2. Holyfish Salmon Steak

Siapkan dirimu untuk petualangan rasa yang luar biasa. Steak Hotel by Holycow menyediakan opsi daging putih lain yaitu Holyfish Salmon Steak. Dengan porsi 200 gram, steak salmon ini menghadirkan kombinasi  sempurna antara kelezatan dan nutrisi. 

Kaya akan Omega-3 dan protein, Holyfish Salmon Steak ini disajikan dengan side sauce yang memukau, menjadikannya pilihan makanan yang sehat tanpa mengorbankan rasa. Steak salmon ini sangat cocok untuk para pecinta seafood atau siapa saja yang ingin variasi dalam menu steak-nya!

3. Steak Au Poivre

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Steak Au Poivre dari Holycow. Pilihan steak sapi yang satu ini akan membawa kamu pada perjalanan kuliner ala Prancis yang autentik! 

Beratnya yang pas dan bumbu yang khas menambah kelezatan di setiap gigitan. Steak yang satu ini tersaji dengan saus krim lada yang kaya rasa. Tidak heran Steak Au Poivre menjadi surga bagi para pecinta bumbu pedas.

Atau, kamu bisa menikmati rasa autentik dan kualitas bahan dari Steak Hotel by Holycow di rumah hanya dengan kompor saja! Ada Salmon Fillet, Australian Tenderloin, dan Ayam Bakar Kecap yang siap santap.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti perbedaan daging merah dan daging putih. Mana yang paling kamu suka?

Leave a comment

All comments are moderated before being published