Home Story 7 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Supaya Tahan Lama dan Tidak Bau

7 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Supaya Tahan Lama dan Tidak Bau

Menyimpan daging sapi tidak bisa asal simpan lho, Carnivores. Cara menyimpan yang salah bisa mempengaruhi kualitas daging, kesehatan, hingga rasanya.

Butuh cara menyimpan daging sapi di kulkas atau freezer supaya tahan lama, tidak mempengaruhi rasa, dan tetap menjaga nutrisinya? Say no more, ini tujuh langkah praktikal untuk Carnivores terapkan di rumah.

Catatan: tujuh langkah di bawah adalah cara menyimpan daging sapi yang benar di kulkas menurut United States Department of Agriculture (USDA). Berstandar internasional, langkah ini sudah pasti efektif.

Ini Dia Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Agar Tahan Lama

1. Ketahui Jenis Dagingnya Lebih Dulu, Karena..

Setiap jenis daging punya ketahanan dan keawetan berbeda saat kamu simpan di dalam kulkas.

Sebagai contoh, daging segar yang belum diawetkan + belum dimasak bisa bertahan 4-5 hari di refrigerator dan 6 bulan di freezer. Sedangkan daging segar yang belum diawetkan tapi sudah dimasak bisa bertahan 3-4 hari di refrigerator dan 3-4 bulan di freezer.

Jadi sebelum memasukkan daging sapi ke kulkas, kamu harus cari tahu dulu jenis dagingnya. Cara gampang untuk mengetahuinya adalah bertanya langsung ke butcher tempat kamu membeli daging - nggak perlu malu karena penjual akan dengan senang hati menjawab pertanyaan ini.

Cara menyimpan daging di freezer yang pertama adalah mencari tahu jenis dagingnya - gampang, kan? Langkah selanjutnya akan menentukan bagus atau tidaknya daging yang kamu simpan di kulkas/freezer.

Jangan sampai nggak kamu baca..

2. Mau Cuci Daging Segar Sebelum Memasukkannya ke Kulkas? Nggak Perlu..

Ini pertanyaan yang paling sering muncul: cara menyimpan daging di kulkas dicuci dulu atau tidak? Tidak perlu.

Kenapa nggak perlu cuci daging segar sebelum memasukkannya ke kulkas? Karena dengan mencucinya, kamu meningkatkan risiko kontaminasi silang (cross-contamination) bakteri.

Lagipula, bakteri-bakteri yang ada di dalam daging akan mati dan hilang saat kamu memasaknya. Karena mencuci daging hanya meningkatkan resiko bakteri tambahan dan membantu penyebaran bakteri ke alat masak di dapur, lebih baik tidak perlu kamu cuci untuk meminimalisir kontaminasi silang.

Simpelnya seperti ini, daripada cuci daging, lebih baik cuci tangan kamu!

Terakhir, jangan lewatkan langkah nomor tiga supaya tidak kesusahan untuk memasak daging yang sudah kamu simpan di freezer..

3. Potong Kecil-kecil Supaya Daging Lebih Tahan Lama

Bukan hanya supaya daging lebih tahan lama di kulkas, memotong dengan porsi kecil akan memudahkan kamu saat sampai tiba waktunya untuk mengolah dan memasak daging.

Maksudnya memudahkan adalah, kamu tidak perlu mengeluarkan seluruh daging dari dalam freezer saat ingin memasak sebagian porsi. Karena sudah kamu potong sebelumnya, kamu hanya perlu mengeluarkan daging dari kulkas sesuai porsi yang ingin kamu olah.

Memotong kecil-kecil daging juga salah satu langkah efektif untuk meminimalisir cross-contamination bakteri. Jadi supaya tidak repot dan mengharuskan kamu bolak-balik menyimpan daging di kulkas, potong daging per porsi dulu saja sebelum mengawetkannya.

4. Bungkus Daging Sekencang dan Serapat Mungkin, Supaya..

Daging yang kamu simpan tidak mengalami efek mematikan bernama freezer burn. Singkatnya, ini adalah efek yang daging alami saat terpapar udara dan membuat daging seperti kering dan matang saat di dalam freezer, alias freezer burn.

Kenapa mematikan? Karena uang yang kamu keluarkan untuk membeli daging mahal jadi terbuang percuma. Sebenarnya, daging yang terkena freezer burn masih bisa kamu masak dan nikmati. Masalahnya adalah, kualitasnya sudah menurun - rasanya juga tidak seenak “itu”.

Bungkus daging sekencang dan serapat mungkin dengan plastik khusus pembungkus makanan. Buang juga udara di dalamnya menggunakan sedotan supaya lebih aman.

5. Tulis Catatan Tanggal Penyimpanan Daging

Karena kodrat manusia itu pelupa, menulis catatan tanggal penyimpanan daging di kulkas akan memudahkan kamu saat ingin mengolah dan memasaknya. Tulis tanggal di wadah atau pembungkus. Nantinya, catatan ini adalah pengingat untuk memilih mana daging yang harus dimasak terlebih dahulu.

Mencatat tanggal juga termasuk langkah efektif untuk mengetahui daging yang sudah terlalu lama di freezer dan tidak layak untuk kamu konsumsi.

Dari kelima langkah yang sudah kami tulis, langkah nomor enam adalah yang terpenting. Carnivores harus baca, ya!

6. PENTING! Suhu Freezer Harus -17 Derajat Celcius

Tidak ada pengecualian - untuk menyimpan daging segar, suhu freezer harus -17 derajat celcius atau lebih. Maksud lebih di sini adalah, suhunya menurun ke -18, -19, dan seterusnya, ya. Bukan -16, -15, -14, dst.

Kenapa harus -17 derajat celcius? Karena menurut United States Department of Agriculture (USDA), ini adalah suhu di mana pertumbuhan bakteri, ragi, jamur, dan mikroba lain yang mematikan terhambat.

Untuk memastikan freezer kulkas kamu beroperasi dengan suhu -17 derajat celcius adalah menempatkan termometer di antara makanan beku dan membiarkannya selama lima sampai delapan jam. Setelah itu, cek suhu di termometer - lakukan hingga 2 kali untuk memastikan hasilnya.

Nomor tujuh adalah langkah terakhir yang krusial. Wajib kamu baca, ya!

7. Setelah Keluar dari Kulkas, Dilarang Memasukkan Daging Kembali

Larangan terbesar ketika menyimpan daging adalah mengeluarkannya untuk kamu olah lalu memasukkannya lagi ke freezer. Kenapa dilarang? Lagi-lagi karena potensi kontaminasi silang yang resikonya semakin besar.

Sebersih apapun prosedur yang kamu lakukan saat mengeluarkan daging, bakteri dan mikroba tidak akan bisa kamu cegah sepenuhnya mengkontaminasi daging karena ukurannya sangat-sangat kecil.

Selain membuat daging jadi cepat busuk, daging yang terkontaminasi akan membuat kulkas bau dan mempengaruhi kualitas seluruh makanan di dalam kulkas. Catat!

Daging di Freezer Menghitam? Solusinya Adalah..

Perubahan warna daging di freezer bisa disebabkan banyak hal, seperti: freezer burn, protein myoglobin terpapar oksigen, atau penyimpanan yang durasinya sudah terlalu lama.

“Apa masih bisa dimakan kalau daging menghitam?”

Bisa, tapi pasti ada perubahan dari sisi rasa dan kualitasnya. Itulah kenapa cara menyimpan daging sapi di kulkas di atas penting: supaya daging tidak menghitam, rasanya tetap enak, dan nutrisi tidak berkurang sama sekali saat kamu konsumsi.

Nah, solusinya adalah..

Beli daging sapi segar dan terjamin kualitasnya di Holycow steak - bisa order online, koleksi dagingnya lengkap, dan tersedia paket untuk 2-10 orang yang bisa kamu pesan kapan saja.

Leave a comment

All comments are moderated before being published