Home Story Daftar 15 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Konsumsi

Daftar 15 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Konsumsi

Gaya hidup sehat pada umumnya penting untuk semua orang. Terlebih lagi bagi  ibu hamil, pola hidup sehat menentukan kesehatan ibu dan bayi.

Menyediakan makanan yang bergizi untuk ibu hamil juga merupakan pola hidup sehat dan upaya pemenuhan nutrisi bagi tumbuh kembang bayi.

Daftar 15 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil bisa didapatkan dari berbagai sumber, dari buah-buahan, sayuran, daging, ikan, dan produk olahan susu. 

1. Alpukat

Saat masa kehamilan, konsumsi kalori dan lemak sangat ibu butuhkan, terutama konsumsi lemak sehat. Alpukat merupakan salah satu buah yang baik bagi ibu hamil karena memiliki kalori cukup tinggi dan mengandung lemak sehat. 

Fungsi lemak sehat pada alpukat bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak, sistem saraf dan mata  dari janin.

Selain itu, alpukat kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B6, K dan C, kemudian mengandung Asam Folat dan Kalium.

2. Pisang

Apabila kamu sering mengalami morning sickness pada awal kehamilan, pisang bisa menjadi solusi untuk menghilangkan mual. 

Hal ini karena kandungan vitamin B6 yang terdapat pada buah pisang. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C yang bisa membantu ibu melawan radikal bebas.

3. Jeruk

Tidak hanya rasa yang menyegarkan, buah jeruk juga kaya akan vitamin C , asam folat, Mineral dan serat. Tentu saja hal ini bisa menjaga kesehatan ibu serta bayinya. Selain itu, buah jeruk juga memiliki banyak kandungan air sehingga mencegah kondisi dehidrasi pada ibu hamil.

4. Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang banyak ada di daerah tropis serta memiliki kandungan zat besi tinggi. Buah ini sangat baik untuk menjaga ibu hamil dari anemia. Selain itu, kandungan Vitamin C dan A yang tinggi bisa menjaga daya tahan ibu saat masa kehamilan.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa kandungan gula pada buah mangga bisa dibilang cukup tinggi. Sehingga perlu ibu hamil sehat perlu membatasi mengkonsumsi buah mangga dalam kuantitas banyak sekaligus.

5. Bayam

Sayuran hijau berdaun gelap seperti bayam, memiliki berjuta manfaat bagi ibu hamil. Terlebih lagi, sayuran berdaun hijau mengandung banyak kalsium dan zat besi sehingga baik untuk pertumbuhan tulang bayi, dan mencegah ibu dari anemia.

6. Brokoli

Sayuran seperti brokoli memiliki kandungan kalsium tinggi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Pasalnya kandungan kalsium ini bisa mencegah ibu hamil mengalami komplikasi selama kehamilan.

7. Umbi-umbian

Apabila kamu ingin mengganti asupan karbohidrat dari beras, umbi-umbian bisa menjadi alternatif tepat. Pasalnya, umbi-umbian memiliki karbohidrat kompleks yang membuat kamu jadi kenyang lebih lama. 

Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan magnesium, kalium dan kalsium yang baik bagi ibu hamil sehat.

8. Daging

Selanjutnya, mengkonsumsi daging bisa menjadi asupan nutrisi dan protein bagi ibu hamil. Kandungan zat besi dan protein tinggi pada daging bisa membantu pembentukan sel darah merah yang penting dalam masa kehamilan.

Namun, kamu perlu hati-hati dalam memilih daging untuk ibu hamil, pemilihan daging dengan kualitas buruk bisa membahayakan ibu dan janin. Selain itu, sebisa mungkin ibu hamil hanya mengkonsumsi daging yang sudah benar-benar matang saja.

Oleh karena itu, kamu bisa beli daging sapi berkualitas hanya di Holycow. Kami menyediakan banyak varian daging sebagai asupan protein alami yang lezat. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi mengenai berbagai pilihan daging sapi secara langsung melalui customer care secara langsung.

Apabila kamu sedang mager dan ingin daging sapi yang bisa langsung dimakan. Kamu bisa memesan berbagai menu Holycow secara langsung di outlet terdekat. Atau melakukan pemesanan melalui website resmi Holycow.

9. Ikan-ikanan

Mengkonsumsi ikan-ikanan, terutama salmon yang kaya akan lemak omega 3 sangat baik bagi perkembangan saraf dan otak janin. Selain itu, ikan juga mengandung Vitamin D tinggi untuk mengurangi resiko preeklamsia pada ibu hamil.

Hanya saja, ibu hamil tidak bisa sembarangan makan ikan. Ada beberapa ikan dengan tingkat merkuri tinggi seperti udang, lele, tuna, nila, sarden dan banyak lagi yang harus dihindari.

10. Olahan Susu

Kandungan nutrisi pada olahan susu yang tinggi akan protein, vitamin D dan kalsium sangat penting bagi ibu hamil. Olahan susu pada umumnya memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Sebagai alternatif, ibu hamil sehat bisa mengkonsumsi yogurt dan keju rendah lemak.

11. Telur

Manfaat mengkonsumsi telur pada masa kehamilan tidak dapat kamu ragukan lagi. Dengan kandungan asam folat, fosfor, selenium, zinc dan berbagai vitamin. Tentu saja akan sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi ibu hamil sehat dan perkembangan janin.

12. Minyak Zaitun

Salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi selain ikan-ikanan adalah minyak zaitun. Seperti yang sudah kamu ketahui, minyak zaitun sangat bermanfaat untuk bisa membantu perkembangan saraf dan otak janin. Selain itu, minyak zaitun juga bisa membantu perkembangan psikomotorik bayi.

13. Bawang Putih

Salah satu bahan masakan yang sering digunakan di dapur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Bawang putih dapat mengurangi resiko kanker selama masa kehamilan, dan mengurangi resiko peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

14. Gandum

Sumber karbohidrat alternatif lain yang baik bagi ibu hamil adalah gandum. Karena gandum kaya akan serat, bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan pada ibu hamil. Selain itu, gandum juga bisa mengurangi kolesterol dalam darah sekaligus menjaga kesehatan jantung pada masa kehamilan.

15. Air Putih

Yang terakhir adalah menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih. Karena saat masa kehamilan, volume darah dan plasma darah akan meningkat. Jadi ibu hamil akan lebih beresiko mengalami dehidrasi, yang juga meningkatkan resiko infeksi saluran kemih.

Mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil tetap harus seimbang. Ada sumber lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published