Home Story 8 Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil yang Perlu Kamu Tahu

8 Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil yang Perlu Kamu Tahu

Memilih makanan yang kamu konsumsi menjadi sangat penting ketika kamu sedang hamil. Selain berdampak pada kesehatan secara umum, makanan yang kamu pilih juga mempengaruhi perkembangan janin. 

Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah salmon. Lalu, kenapa ikan salmon bagus untuk ibu hamil? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui manfaat ikan salmon untuk ibu hamil.

Kenali 8 Manfaat Ikan Salmon

Bagi ibu hamil, kandungan gizi dalam makanan harus selalu diperhatikan. Salah satu menu yang paling direkomendasikan adalah ikan salmon. Lebih lanjut, berikut ini adalah 8 manfaat ikan salmon yang akan diperoleh ibu hamil.

1. Tinggi Kandungan Omega-3

Asam lemak omega-3 ikan salmon berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otak, dan juga perkembangan janin. DHA dan EPA yang terkandung juga berperan penting dalam perkembangan sistem saraf otak dan janin. 

Oleh karena itu, salmon sangat penting untuk kesehatan ibu hamil secara umum dan juga mendukung perkembangan janin yang optimal.

2. Sumber Vitamin B Kompleks

Salah satu kandungan gizi ikan salmon adalah vitamin B kompleks. Selama masa kehamilan, nutrisi penting seperti vitamin B kompleks, terutama vitamin B6, B9, dan B12, membantu mengurangi resiko cacat lahir. 

Selain itu, asupan vitamin B yang cukup juga meminimalisir beberapa gejala kehamilan yang dialami ibu hamil. Meskipun demikian, sebaiknya kamu tetap mengkonsumsi sumber protein lainnya.

3. Kaya Protein

Salmon mengandung 25 gram protein dalam setiap 100 gramnya, yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Protein tidak hanya penting bagi kesehatan umum, tetapi juga berperan penting dalam menjaga masa kehamilan yang sehat. 

Para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi hingga 100 gram protein setiap hari. Selain mendukung pertumbuhan jaringan tubuh janin, protein juga meningkatkan suplai darah dan jaringan rahim ibu hamil.

4. Dapat Menutrisi Otak Janin

Tahukah kamu bahwa sekitar setengah dari otak manusia terdiri dari lemak omega-3? Seperti penjelasan sebelumnya, salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. 

Tubuh manusia sendiri tidak bisa memproduksi asam lemak ini sendiri, sehingga konsumsi salmon menjadi sangat penting. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa bayi yang mendapat asupan omega-3 yang cukup memiliki IQ yang lebih tinggi.

5. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Manfaat ikan salmon yang berikutnya adalah menangkal radikal bebas. Hal tersebut terjadi karena ikan yang satu ini mengandung asam amino, yang membantu pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. 

Selain itu, nutrisi ini bermanfaat untuk menurunkan resiko anemia pada bumil. Asam amino sendiri memiliki peran penting dalam melawan berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes.

6. Minimalisir Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur merupakan masalah global – sekitar 15 juta bayi yang lahir prematur setiap tahunnya. Pola makan yang tidak sehat dan lifestyle secara umum berkontribusi terhadap kondisi ini. 

Nah, jika ibu hamil memiliki pola makan yang buruk, resiko persalinan prematur pun akan meningkat akibat kekurangan gizi. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang secara gizi, termasuk ikan salmon yang mengandung asam lemak.

7. Sumber Energi Ibu Hamil

Ikan yang satu ini dan semua seafood merupakan sumber energi yang baik. Oleh karena itu, penting sekali memilih ikan salmon berkualitas untuk ibu hamil. Kandungan protein dan vitamin yang terdapat dalam ikan salmon berkontribusi dalam pertumbuhan janin yang optimal. 

Selain itu, kandungan vitamin A yang ada pada ikan ini dapat memelihara kesehatan mata baik untuk ibu dan janinnya. Tidak hanya vitamin A, ikan salmon juga sumber vitamin D dan E yang baik – yang membantu mencegah osteoporosis dan merawat kesehatan kulit sang ibu.

8. Cegah Postpartum Depression

Postpartum depression adalah kondisi yang perlu menjadi waspada. Apabila seorang ibu yang baru melahirkan mengalami kondisi ini, akan cukup sulit baginya untuk merawat bayi dan dirinya sendiri.

Untuk menjaga suasana hati yang baik sebelum dan setelah melahirkan, ibu hamil bisa mengadopsi pola makan sehat dan memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3. Asam lemak yang satu ini, selain meningkatkan fungsi otak, juga berkontribusi dalam memperbaiki suasana hati yang tidak stabil.

Penuhi Kebutuhan Gizi dengan Salmon Fillet Holycow

Lengkapi kebutuhan gizi kamu dengan menu salmon untuk ibu hamil yang berkualitas. Kami merekomendasikan Salmon Fillet Frozen Chile dari Holycow yang kaya akan nutrisi penting untuk ibu hamil dan janinnya.

Semua produk yang ditawarkan oleh Holycow Steak terjamin kualitasnya dan sudah mengantongi sertifikat Halal. Ikan salmon beku ini siap masak dan bisa kamu simpan di freezer hingga satu bulan.

Lebih dari apapun, ikan salmon memiliki manfaat yang luar biasa bagi ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya para ibu hamil memasukkan ikan salmon ke dalam menu makanan mereka. 

Dengan memilih salmon berkualitas seperti Salmon Fillet Frozen Chile dari Holycow, kamu dapat memenuhi kebutuhan gizi dan mendapatkan manfaat ikan salmon untuk ibu hamil secara  mudah dan praktis.

Leave a comment

All comments are moderated before being published