Home Story 13 Bumbu dan Saus yang Cocok Untuk Steak Daging Sapi

13 Bumbu dan Saus yang Cocok Untuk Steak Daging Sapi

Mengolah steak tak hanya sekedar memilih potongan daging. Kamu perlu mengolah steak dengan bumbu yang tepat. Selain itu, saus pendamping juga perlu kamu sesuaikan dengan steaknya. Lalu, saus dan bumbu steak sapi seperti apa yang cocok?

Bumbu Terbaik Untuk Steak Rub

Semahal apapun potongan daging sapi untuk steak, kamu tetap memerlukan bumbu yang tepat. Metode paling baik untuk membumbui daging steak adalah dengan “mengelap” bagian luar daging dengan paper towel. 

Kemudian oleskan bumbu di seluruh permukaan daging. Diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap dan temperatur daging meningkat. Berikut beberapa bumbu terbaik untuk steak rub:

  1. Herbes de Provence

Racikan satu ini bisa kamu dapatkan di pusat perbelanjaan. Atau jika tak ingin repot, kamu bisa menggunakan thyme kering, marjoram, rosemary, oregano, atau sage. Kamu bisa membuat resep bumbu steak dengan mengkombinasikan spices kering tadi sesuai selera.

  1. Cumin

Cumin atau jintan adalah rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Bumbu ini cocok untuk steak rubs karena bisa menambahkan aroma pedas pada steak. Bahkan kehadirannya juga memberikan tekstur pada permukaan steak.

  1. Tomahawk

Ini adalah bumbu khusus untuk daging steak tomahawk. Memiliki sedikit aroma rempah India. Hasil akhir olesannya bisa membuat steak memiliki crust. Sementara itu, rempah ini juga bisa mengeluarkan aroma alami daging.

  1. Chimichurri Kering

Selain untuk saus, kamu juga bisa menggunakan chimichurri kering sebagai baluran steak. Ini adalah cara tercepat untuk membumbui steak yang akan di-grill. Daging steak akan memiliki rasa tangy dan manis.

  1. Bumbu Steak Montreal

Ini adalah raja campuran rempah untuk berbagai daging. Terdiri dari 8 bumbu dan rempah yakni biji adas, bubuk bawang bombay, ketumbar, bubuk paprika, garam kosher, bubuk bawang putih, lada hitam, dan red pepper flakes.

  1. Spicy Tomahawk

Bumbu ini sempurna untuk berbagai potongan daging steak. Kandungan gulanya memunculkan aroma manis dan membantu proses karamelisasi permukaan daging. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan grilled onion.

  1. Bumbu Steak Sederhana

Bumbu steak sapi sederhana yang bisa kamu gunakan adalah kombinasi sea salt flakes, paprika, bubuk bawang bombay, dan bubuk bawang putih. Kamu bisa menggunakan bumbu ini untuk olesan selain steak lho.

Rekomendasi Saus Steak di Holycow

Setelah daging steak dibumbui dengan sempurna, maka kamu tinggal memanggang sesuai dengan selera tingkat kematangan. Ingat, cara membuat steak sapi empuk adalah dengan menyesuaikan tingkat kematangan dengan jenis potongan daging.

Meski daging sudah dibumbui, namun kamu tetap perlu menyediakan saus pendamping. Berikut kami rekomendasikan beberapa saus steak terbaik dari Steak Hotel by Holycow:

  1. Mushroom Sauce

Pilihan saus pertama adalah mushroom sauce. Bahan utamanya adalah jamur kancing atau champignon, krim/susu cair, bawang putih, garam, gula, mentega, air, lada hitam, dan juga daun thyme.

Penggunaan krim lebih baik dari susu cair karena lebih gurih dan lezat sebagai saus.

  1. Black Pepper Sauce

Ini adalah salah satu saus steak klasik yang jadi favorit pecinta steak. Kamu tidak akan pernah mendapat rasa yang salah dengan saus lada hitam.

Cukup tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan kecap manis, oyster sauce, saus sambal, gula, garam, kaldu bubuk, dan lada hitam. Masukkan air secukupnya. Koreksi rasa.

Langkah terakhir, kamu hanya perlu menambahkan tepung maizena agar saus mengental. Citarasa pedas dari lada hitam akan membuat steak lebih lezat.

  1. BBQ Sauce

Daging sapi selalu identik dengan acara barbeque. Inilah yang membuat saus barbeque sempurna untuk mendampingi steak.

Saus ini dapat dibuat dengan mudah jika kamu sudah punya stok bumbu dasar BBQ. Tinggal tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dengan mentega. Tambahkan bumbu dasar dan kaldu sapi bubuk.

Koreksi rasa, dan saus BBQ siap untuk kamu santap bersama steak favorit.

  1. Cheese Sauce

Siapa yang bisa menolak tekstur lembut yang ditawarkan oleh cheese sauce?

Jenis saus yang satu ini bisa terbuat dari berbagai jenis keju. Namun, Holycow menggunakan keju cheddar yang lembut dan cocok untuk hidangan steak.

Rasa sausnya yang creamy dan lezat dijamin bisa menggugah selera kamu deh.

  1. Buddy Sauce

Ini adalah saus pendamping steak khas Holycow. Terbuat dari campuran daun basil, krim, kacang mede, serta bumbu pilihan. 

Saus yang satu ini memiliki citarasa khas dan cocok untuk pendamping steak dengan tingkat kematangan sesuai selera kamu.

  1. W Sauce

Tak hanya Buddy Sauce, Holycow juga punya saus andalan yang tak bisa kamu temukan di tempat lain. W sauce.

Saus ini mendapat julukan sebagai pesto saus lokal karena warnanya hijau. Bahan utamanya adalah daun pohpohan yang berasal dari Jawa Barat. Ada tambahan bawang putih dan minyak zaitun sehingga cita rasanya sangat khas.

Kamu bisa menikmati berbagai jenis saus pendamping steak pilihan di atas di Steak Hotel by Holycow. Ingin berkreasi dengan membuat saus dan bumbu steak sapi di rumah? Tenang, kamu tetap bisa berbelanja daging sapi premium di Holycow kok.

Leave a comment

All comments are moderated before being published