Home Story 6 Macam Macam Saus Steak yang Spesial dan Populer di Dunia

6 Macam Macam Saus Steak yang Spesial dan Populer di Dunia

Dari banyaknya macam macam saus steak spesial dan populer di dunia, enam saus ini wajib Carnivores coba karena menawarkan tidak hanya rasa, tapi lebih dari itu.

Peppercorn sauce misalnya, saus klasik asal Prancis ini punya keunikan yang membuat steak lebih juicy karena..

Langsung baca di bawah saja, yuk!

Macam Macam Saus Steak Yang Populer di Dunia

Saus Béarnaise

Bearnaise sauce (saus bearnaise)

Kuning telur, mentega, dan cuka anggur putih - tiga komponen ini adalah bahan utama untuk membuat saus steak Béarnaise. Saus ini berasal dari Perancis dan pertama kali disajikan pada tahun 1836 saat pembukaan restoran bernama Le Pavillon Henri IV.

Apa yang membuat saus steak ini spesial? Karena Béarnaise termasuk ke dalam jajaran saus klasik Perancis. Butuh keahlian khusus untuk membuatnya. Tidak seperti jenis saus steak lain, cara pembuatannya tidak pakai alat sama sekali.

Karena sekarang sudah ada blender dan food processor, cara buatnya jadi lebih mudah. Makan daging yang tingkat kematangannya Medium Rare sampai Well Done sangat cocok bersama saus steak Béarnaise.

Saus Peppercorn

Peppercorn sauce (saus peppercorn)

Satu lagi saus steak dari Perancis yang terkenal di seluruh dunia sebagai saus yang enak untuk makan daging potongan apapun. Dengan bahan utama merica dan krim kental, saus Peppercorn mempunyai tekstur yang lunak dan lembut.

Dengan tekstur yang lembut dan creamy, saus Peppercorn membuat steak dengan kematangan Medium lebih juicy saat kamu kunyah di mulut.

Bukan hanya merica dan krim kental, saus ini juga pakai bahan tambahan. Mentega, anggur, bawang merah, Brandy, Cognac, dan bumbu pelengkap adalah bahan tambahan umum di saus ini.

Saus Diane

Diane sauce (saus diane)

Saus klasik ala New York tahun 1930-an ini memberikan sensasi creamy di lidah saat kamu menyantapnya dengan steak. Diane punya cita rasa kaya yang unik dan menarik karena terbuat dari paduan bawang merah, kaldu, jamur, mentega, mustard, krim dan bahan lainnya.

Dari tahun 1940-1960, menyajikan steak dengan saus Diane adalah hal wajib dan sudah menjadi standar “Masakan Kontinental”. Sekarang, Diane adalah salah satu saus steak retro yang populer di dunia karena cara pembuatan dan bahan utamanya mudah didapat.

Saus Ponzu

ponzu sauce (saus ponzu)

Saus Ponzu berasal dari Jepang dan sering terlihat sebagai pelengkap di berbagai kuliner Asia Timur. Sashimi, shabu-shabu, pangsit, gyoza, makanan laut, steak, ayam, bahkan babi cocok dengan saus ini.

Seperti apa rasa saus ini? Ponzu rasanya agak asam dan beraroma tajam. Kenapa? Karena terbuat dari tamari, mirin, cuka beras, katsuobushi, dan kombu yang difermentasi selama 24 jam.

Ponzu dan soy sauce punya karakteristik rasa yang sama. Kalau Carnivores tidak suka dengan soy sauce, Ponzu bukan pilihan saus yang tepat untuk kamu pilih.

Saus Chimichurri

chimichurri sauce (saus chimichurri)

Ini dia saus steak sederhana yang rasanya melegenda. Kenapa sederhana? Karena cara pembuatan saus Chimichurri tidak perlu dimasak sama sekali.

Saus ini lahir di Argentina. Untuk membuat saus Chimichurri, warga lokal hanya menyiapkan bawang putih, peterseli, oregano, minyak zaitun, tomat, dan paprika merah. Campur semua bahan dan tunggu sekitar 30-50 menit, jadilah Chimichurri.

Mempunyai warna hijau yang mencolok seperti sambal, saus ini sangat enak Carnivores santap bersama steak dengan tingkat kematangan sesuai selera.

Saus Demi-Glace

demi glace sauce (saus demi glace)

Saus bisa dibuat dengan bahan utama beef stock, chicken stock, atau bahkan vegetable stock. Supaya jadi saus steak yang enak, beef atau chicken stock lebih dianjurkan sebagai bahan utama. Alasannya, karena warna saus akan terlihat coklat dan aromanya juga lebih sedap.

Karena warnanya coklat, Demi-Glace juga sering disebut dengan nama brown sauce.

Populer di seluruh penjuru dunia, saus Demi-Glace punya banyak versi cara pembuatan.

Salah satu contohnya adalah resep Demi-Glace Perancis tradisional. Mereka membuatnya dengan bahan utama daging sapi muda dan kolagen tulang sapi. Dua bahan ini menjadi satu yang membuat saus lebih kental teksturnya, lebih coklat warnanya, dan rasa yang lebih kompleks.

Bermacam-macam Saus Steak Enak Ada di Sini

Di mana lagi kalau bukan di Holycow Steak. Daging premium rasa mantap, lengkap dengan macam macam saus steak enak bisa bebas kamu pilih sendiri. Kunjungi outlet terdekat atau pesan online via Gofood/Grabfood, yuk!

Leave a comment

All comments are moderated before being published