Home Story Mudah! Ini Resep Black Pepper Sauce dalam 3 Langkah Praktis

Mudah! Ini Resep Black Pepper Sauce dalam 3 Langkah Praktis

Carnivores sudah sering mencoba kelezatan resep black pepper sauce ala restoran atau cafe? Lezat kan? Sebenarnya, kamu juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. 

Bahkan, prosesnya sangat mudah. Kamu hanya perlu ikuti tiga langkah praktis yang bakal kami bagikan dengan baik. Kalau dihitung-hitung, prosesnya tak akan memakan waktu sampai 20 menit.

Untuk kamu yang mau menyetok sausnya, kami juga memberikan cara agar saus dapat kamu simpan dalam waktu yang lumayan lama.

Resep Black Pepper Sauce

Kamu sudah penasaran kan bagaimana resep saus black pepper ini? Oke, mari kita mulai! 

1. Siapkan Bahan-Bahan

Resep black pepper sauce untuk steak membutuhkan sejumlah bahan yang perlu kamu siapkan, antara lain: 

  • Mentega atau minyak goreng untuk menumis secukupnya
  • Bawang bombay (½ buah, potong bentuk kotak-kotak kecil)
  • Bawang putih (2 siung, cincang lalu haluskan)
  • Kecap (2 sendok makan)
  • Saus sambal (2 sdm)
  • Saus tiram (5 sdm)
  • Gula pasir, kaldu bubuk, garam, dan lada hitam (Masing-masing ¼ sendok teh)
  • Air secukupnya
  • Tepung maizena  (1 sendok teh, larutkan di dalam air)

Dalam resep western, saus black pepper biasanya mendapat tambahan cuka apel atau red wine. Namun bagi kamu yang muslim dan menjaga kehalalan makanan, skip saja bahan tersebut, cukup gunakan list di atas.

Kemudian, untuk bahan lada hitam, sebenarnya sah-sah saja jika kamu menggunakan lada bubuk instan yang banyak beredar di pasaran.

Hanya saja, jika kamu mengharapkan cita rasa dan aroma yang lebih kuat, kami sarankan gunakan lada utuh yang masih berbentuk butiran. Untuk mengontrol aroma lada hitam, kamu bisa juga campurkan dengan lada putih bubuk.

Tentu saja, tumbuk kasar terlebih dahulu sebelum kamu olah ya!

2. Cara Membuat Black Pepper Sauce

Jika semua bahan sudah siap, kamu bisa ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Nyalakan kompor dengan api kecil lalu masukan mentega atau minyak untuk menumis. Kamu bisa pilih salah satu, karena fungsinya kurang lebih sama. Meski secara penggunaan, mentega biasanya untuk hidangan western, sedangkan minyak jadi bahan hidangan asia. 
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih. Oseng-oseng dan tunggu hingga aromanya bisa kamu hirup dan warnanya berubah agak kecoklatan.
  • Tuangkan saus tiram dan ubah suhu api ke sedang. Tunggu hingga cairan saus tampak sedikit mengeluarkan buih-buih.
  • Setelah itu, secara berurutan kamu bisa tuang bahan-bahan saus lainnya seperti kecap, gula pasir, garam. kaldu, lada hitam, dan juga air. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik sambil mengoreksi rasa dan menyesuaikannya dengan selera.
  • Terakhir, tuang larutan tepung maizena dan aduk-aduk lagi perlahan. Jika tekstur saus sudah mengental, kamu bisa matikan kompor dan menghidangkan saus.

3. Siram Steak dengan Saus Black Pepper

Saus black pepper bisa kamu langsung hidangkan bersama dengan hidangan steak yang sudah kamu siapkan. Baik steak daging sapi maupun daging ayam, rasanya tetap enak dan bisa nge-blend.

Namun jika tak terpakai semua dalam satu kali makan, kamu bisa menyimpannya dalam wadah tertutup di kulkas. Dengan cara ini, black pepper sauce dapat bertahan hingga 2 minggu. Cukup lama bukan?

Hanya saja, pastikan sebelum memasukkannya saus sudah dalam posisi dingin. Jadi, jangan langsung dimasukkan ketika baru selesai mengolahnya. Saus ini akan tetap segar dan lezat jika kamu menyimpan dengan cara seperti ini.

Leave a comment

All comments are moderated before being published