Home Story Chiller dan Freezer: Apa yang Membedakan Keduanya?

Chiller dan Freezer: Apa yang Membedakan Keduanya?

Pernahkah kamu merasa bingung kenapa daging cepat rusak di chiller? Atau, kenapa kamu tidak bisa menyimpan es krim di sana? Mungkin kamu salah memilih jenis makanan untuk masuk ke chiller atau freezer. Yuk, bongkar perbedaan chiller dan freezer melalui artikel ini!

Mengenal Chiller Lebih Dekat

Chiller adalah mesin pendingin yang lebih kompleks dari kulkas biasa. Umumnya chiller berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan, meskipun suhunya lebih tinggi daripada freezer. Dalam konteks penyimpanan makanan, chiller biasanya bisa menjaga suhu dingin tapi tidak beku.

Maka dari itu, mesin pendingin ini cocok untuk makanan yang  akan dikonsumsi dalam waktu dekat, seperti sayur, buah, atau produk susu. Suhu chiller umumnya berada di rentang 2°C hingga 8°C, tergantung pada model dan pengaturannya. 

Selain cukup untuk memperlambat pertumbuhan bakteri, suhu ini cukup rendah untuk menjaga kesegaran makanan. Namun, chiller tidak cukup untuk membuat makanan menjadi beku.

Apa Itu Freezer?

Freezer atau lemari es beku adalah kompartemen dalam sistem pendinginan yang khusus untuk menyimpan makanan atau bahan-bahan pada suhu sangat rendah. Bahkan, suhunya biasanya di bawah titik beku air. 

Singkatnya, ini adalah zona paling dingin di sekitar kamu—tempat di mana es krim tak akan meleleh dan daging bisa bertahan lama. Salah satu keuntungan menggunakan freezer adalah memungkinkan kamu untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Dengan demikian, kamu pun tidak perlu khawatir jika daging atau makanan mengalami kerusakan atau pembusukan. Hal ini sangat penting, terutama jika kamu suka membeli makanan dalam jumlah besar atau mempersiapkan makanan dalam porsi banyak.

Chiller vs Freezer: Perbedaan Suhu

Perbedaan suhu antara chiller dan freezer adalah salah satu faktor utama yang membedakan keduanya.

Seperti penjelasan sebelumnya, chiller memiliki suhu di atas titik beku. Oleh karena itu, salah satu keuntungan menggunakan chiller adalah menyimpan makanan yang akan segera kamu konsumsi atau dijual.

Sementara itu, suhu freezer bisa jauh lebih rendah. Biasanya ada di sekitar -18°C atau lebih rendah. Oleh karena itu, lemari pendingin yang satu ini cocok untuk menyimpan makanan dalam waktu yang lebih lama. 

Selain itu, freezer sangat berguna untuk menyimpan makanan beku, seperti daging, ikan, atau es krim. Secara keseluruhan, perbedaan suhu chiller dan freezer membuat mereka ideal untuk kebutuhan penyimpanan yang berbeda.

Masak Steak ala Resto di Rumah dengan Holycow!

Nah, kalau kamu sudah tahu perbedaan chiller dan freezer, kini kamu bisa menyimpan daging di tempat tepat. Kabar baiknya, sekarang kamu bisa pesan daging dan masak steak ala resto di rumah saja, dengan produk Steak Hotel by Holycow. 

Holycow memberikan kesempatan untuk membawa kenikmatan makan steak berkualitas dan lezat ke rumahmu. Ada berbagai jenis daging dan menu makanan lainnya untuk kamu siapkan sendiri di rumah. 

Tak perlu khawatir tentang kesegarannya! Daging dan makanan dari Holycow bisa bertahan hingga satu bulan di freezer dan 48 jam di kulkas atau chiller, menjaga rasa dan nutrisi tetap sempurna. 

Berikut adalah beberapa produk Steak Hotel by Holycow yang akan menemani hari-harimu di rumah.

1. Daging Australian Tenderloin

Nikmati pengalaman memasak steak dengan daging Australian Tenderloin yang pasti halal dan berkualitas tinggi. Paket yang kamu dapatkan sudah termasuk seasoning, saus BBQ, french fries, dan sayuran steak. 

Selain itu, kemasannya sudah vacuum pack dan terpisah setiap bahannya. Dengan begitu, kontaminasi pun bisa dicegah. Kamu bisa menyimpannya di freezer hingga satu bulan atau 48 jam di kulkas.

2. Wagyu Rib Eye

Lalu, untuk kamu pecinta Wagyu, Holycow punya Wagyu Rib Eye yang pantang kamu lewatkan. Sudah mengantongi sertifikat halal, paket ini juga sudah termasuk seasoning, BBQ sauce, dan lain sebagainya. Plus, daging wagyu ini bisa tahan di freezer selama enam bulan!

3. Salmon Fillet

Kalau kamu ingin menu selain daging, Steak Hotel by Holycow juga punya opsi Salmon Fillet. Selain nikmat, produk yang satu ini kaya akan Omega-3 dan protein. 

Kemasan vacuum pack juga membuat salmon ini bertahan 1 bulan di freezer dan 48 jam di kulkas. Namun, perlu kamu tahu bahwa paket ini belum termasuk sauce ya.

4. Australian Sirloin Steak Set

Mau makan steak mewah di rumah tapi praktis? Kamu bisa coba Steak Set Australian Sirloin. Kamu hanya perlu siapkan pan dan kompor untuk membuatnya!

5. Wagyu Sirloin Steak Set

Wagyu Sirloin Steak Set ini juga menawarkan pengalaman masak steak Wagyu yang simpel namun enak dan memuaskan. Kualitas dan kesegaran bahannya pun terjamin dengan kemasan vacuum pack.

Lebih dari apa pun, memahami perbedaan chiller dan freezer sangat penting. Hal ini akan semakin krusial ketika kamu ingin menikmati aneka steak dan makanan berkualitas nan fancy dari Steak Hotel by Holycow di rumah saja. 

Dengan memilih alat penyimpanan yang tepat, kamu tidak hanya mempertahankan kesegaran dan kualitas makanan, tapi juga memperpanjang umur simpannya.

Leave a comment

All comments are moderated before being published