Home Story 5 Cara Menyimpan Daging Ayam Yang Sudah Direbus di Lemari Es

5 Cara Menyimpan Daging Ayam Yang Sudah Direbus di Lemari Es

Dunia masak-memasak punya banyak trik yang bisa kamu terapkan dalam keseharian. Salah satunya adalah cara menyimpan daging ayam yang sudah direbus. Cara ini bisa kamu terapkan untuk prep meals seminggu ke depan maupun ketika punya kelebihan stok. 

Proses penyimpanan yang tepat bisa membuat ayam rebus bertahan lebih lama. Dalam ulasan ini, kita akan fokus dengan cara menyimpan daging yang sudah direbus di kulkas. Ini karena penyimpanan di suhu ruang tidak tahan lama untuk kasus ayam rebus. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pastikan Kondisi Ayam Rebus Sudah Dingin

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam cara menyimpan daging yang sudah direbus di kulkas adalah temperaturnya. Jangan pernah menyimpan daging yang masih panas. 

Alasannya, suhu panas ini akan memicu uap air muncul ketika daging disimpan dalam wadah. Kumpulan air dari uap bisa menjadi penyebab munculnya bakteri. Kamu tentu tidak ingin mengonsumsi daging yang ada bakterinya kan? 

Proses pendinginan daging ayam rebus ini sekitar dua jam di suhu ruang. Pastikan kamu meletakkan daging di tempat yang tertutup saat mendinginkannya agar terhindar dari lalat dan kotoran. 

Setelah memastikan daging telah dingin, kamu baru bisa masuk ke langkah selanjutnya.

2. Gunakan Wadah yang Tertutup

 Pemilihan wadah atau tempat untuk menyimpan daging juga perlu kamu perhatikan dengan seksama. Daging yang sudah direbus harus kamu simpan di wadah yang tertutup rapat. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih wadah kedap udara dan memiliki sertifikat food grade

Kenapa? Karena ketika udara masuk ke wadah, ini bisa mempengaruhi daging yang kamu simpan. Entah itu usia penyimpanan yang berkurang atau justru kuman dan bakteri yang masuk melalui celah wadah.

Wadah dengan sertifikat food grade artinya tempat penyimpanan tersebut aman untuk bahan makanan. Kamu bisa tenang karena tidak ada partikel dari wadah yang membahayakan kesehatan. Selain itu, hindari juga menyimpan daging rebus menggunakan plastik ya!

3. Bagian Kulkas untuk Menyimpan Daging

Bolehkah daging yang sudah direbus disimpan di freezer?

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa freezer adalah tempat yang tepat untuk menyimpan daging masak. Namun jangan salah, daging ayam yang sudah direbus sebaiknya tidak disimpan dalam freezer. 

Tekstur daging ini sudah keras dan kadar airnya rendah sehingga akan semakin keras saat kamu simpan di freezer. Namun, jika kamu tidak punya pilihan lain, cara menyimpan daging ayam di freezer tetap lebih baik dari suhu ruang. 

Perlu diingat, ketika kamu menyimpan daging rebus di freezer, maka tekstur dagingnya akan sangat keras. Hindari mendiamkan daging rebus beku di suhu ruang saat akan memasak. Kamu bisa menggunakan oven atau microwave untuk mencairkan daging beku ini. 

Lalu, jika freezer jadi opsi kedua, maka di mana tempat ideal untuk menyimpan daging ini? Kamu bisa memilih rak kulkas paling bawah. Pastikan untuk tidak menyimpan daging ayam rebus terlalu lama agar cita rasanya tidak berubah ya! 

4. Perhatikan Temperatur Kulkas

Daging sapi punya perbedaan ketahanan di bagian-bagian tertentu ketika disimpan di kulkas. Ini berbeda dengan daging ayam. 

Kamu hanya perlu memperhatikan pengaturan suhu atau temperatur kulkas. Ini karena level suhu bisa mempengaruhi tekstur dan usia simpan daging, lho. 

Idealnya kamu bisa mengatur temperatur kulkas di angka 4 derajat Celsius. Hindari kebiasaan untuk buka tutup kulkas terlalu sering agar tidak mengurangi usia simpan daging. 

5. Beri Label Tanggal Penyimpanan

Langkah terakhir ini cukup sering terlewat. Apalagi banyak dari kamu yang mungkin berpikir sepele dan memiliki rencana di angan-angan untuk mengolah daging dengan cepat. 

Sayangnya, tidak jarang kamu justru lupa punya simpanan daging ayam rebus di kulkas dan justru beli daging segar lagi. 

Untuk menghindari masalah di atas, pastikan kamu menempelkan label berisi tanggal penyimpanan. Pada dasarnya kamu menyimpan daging ayam rebus di kulkas memang untuk memperpanjang masa simpan. 

Namun, menyimpan daging rebus terlalu lama bisa mengurangi kualitas daging. Sayang banget kan, kamu sudah keluarkan uang untuk beli tapi ayamnya tidak bisa diolah.

Lalu, daging ayam rebus tahan berapa lama di kulkas? Usia simpannya hanya sekitar 3-4 hari saja ya. Lewat dari itu, kemungkinan besar kualitasnya sudah menurun. 

Langkah-langkah di atas bisa kamu terapkan untuk menyimpan stok daging ayam rebus di rumah atau kos. Jika tidak ingin ribet, kamu juga bisa kok membeli menu daging ayam untuk konsumsi harian.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Holychicken Steak dari Steak Hotel by Holycow. Ada dua jenis steak dari daging ayam yang tersedia yakni menu untuk anak-anak dan orang dewasa. 

Jadi, meskipun kamu sedang bosan atau tidak mengonsumsi daging sapi, bisa banget memilih menu ini. Yuk, pesan menu favorit pecinta daging ayam di Holycow terdekat dari rumahmu!

Leave a comment

All comments are moderated before being published