Home Story Cara Mencairkan Ayam Beku dengan 3 Langkah Mudah

Cara Mencairkan Ayam Beku dengan 3 Langkah Mudah

Setelah membeli daging ayam, alangkah baiknya segera menyimpannya pada lemari pendingin terlebih dahulu. Namun, sebelum membuat olahan daging ayam, kamu juga harus memperhatikan cara mencairkan ayam beku agar hidangan yang kamu sajikan tetap nikmat. 

Menyimpan daging ayam dalam kondisi beku sangat efektif untuk menjaga kesegarannya. Namun sebelum dibekukan, pastikan daging dalam keadaan kering. Daging ayam beku dalam kondisi mentah dapat bertahan hingga 9-12 bulan. Sementara daging ayam beku yang sudah matang dapat bertahan hingga 4 bulan. 

Kandungan air pada daging ayam akan bertambah jika dalam kondisi beku. Hal itu mengakibatkan proses pematangan daging menjadi lebih lama. Maka kamu perlu mencairkan daging ayam terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mencairkan daging ayam beku pada tempat tertutup.

1. Pindahkan dari Freezer

Suhu dingin pada freezer dapat menjaga kesegaran dan kandungan daging ayam tetap terjaga. Namun, sebelum memasukkan daging ke dalam freezer, pastikan suhu freezer stabil. Pastikan juga tidak banyak benda lain pada freezer agar suhu tersebar secara merata. Simpan daging ayam pada suhu 0oC hingga -15oC. 

Cara pertama ini merupakan cara yang paling aman untuk mencairkan daging ayam beku, yaitu dengan memindahkan daging dari freezer ke bagian kulkas paling bawah. Cara tersebut terbilang aman karena daging ayam tetap di dalam kulkas sehingga mencegah pertumbuhan bakteri. 

Namun, cara tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung bentuk daging ayam. Daging ayam berbentuk potongan membutuhkan waktu satu malam, sedangkan ayam utuh membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari untuk mencair.

2. Rendam pada Wadah Berisi Air

Sebelum kamu melakukan cara kedua ini, perlu kamu ketahui bahwa meletakkan daging ayam pada wadah lain terlebih dahulu. Wadah yang kamu gunakan tentunya wadah yang aman untuk makanan. Lakukan untuk menghindari pertumbuhan bakteri jika daging ayam bersentuhan langsung dengan air. 

Jika wadah sudah tertutup rapat, rendam daging ayam beserta wadahnya menggunakan air hangat atau biasa. Hindari penggunaan air panas ketika mencairkan daging. Jangan lupa untuk mengganti air setiap 30 menit agar tetap bersih dan segar.

Cara kedua ini membutuhkan waktu lebih cepat daripada cara pertama, yaitu hanya sekitar 2-3 jam. Akan sangat cocok dan efisien bila kamu merencanakan masak daging ayam di hari yang sama. Tidak harus menunggu 1-2 hari seperti cara pertama.

3. Hangatkan dengan Microwave

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan microwave. Kamu bisa menghangatkan daging ayam beku pada suhu 40-600C sekitar 30 detik saja agar ayam tidak matang. Penggunaan microwave menjadi cara mencairkan ayam beku dengan cepat

Sesuaikan porsi daging ayam yang akan kamu cairkan agar tidak ada daging yang terbuang. Daging ayam yang sudah mencair sebaiknya segera diolah hingga matang. Daging ayam yang sudah mencair hendaknya tidak dibekukan kembali untuk menjaga kualitas daging tidak berkurang dan mencegah pembusukan. 

Hindari Cara Berikut Ketika Mencairkan Ayam Beku

  • Mencairkan daging ayam beku di tempat terbuka. Hal tersebut sangat berbahaya karena bakteri dapat hinggap pada permukaan daging. 
  • Mencairkan daging ayam beku pada suhu ruang. Suhu ruang membuat bakteri berkembang dengan cepat.
  • Merendam daging ayam beku dengan air panas. Air panas hanya mencairkan daging ayam pada bagian luarnya saja. Bahkan, lapisan luar daging dapat terkontaminasi bakteri dan racun.

Pasalnya, pada daging ayam mentah terdapat bakteri salmonella yang berbahaya bila dikonsumsi oleh tubuh. Bakteri ini dapat menimbulkan penyakit, seperti mual, muntah, diare, kram perut, demam dan penyakit lainnya. Jadi, kamu harus memperhatikan dengan baik pengolahan daging ayam.

Setelah memastikan semua proses aman, kamu bisa mulai mengolah daging ayam. Kamu bisa mendapatkan daging ayam di berbagai tempat termasuk di holycow steak.Kamu juga bisa berkunjung langsung ke toko Steak Hotel by HOLYCOW! yang sudah ada di berbagai kota di Indonesia. 

Tidak hanya daging ayam saja, kamu juga bisa mendapatkan 1 paket berisi daging ayam 250gr, mix vegetables, french fries, seasoning serta saus pelengkap yang bisa kamu pilih sesuai selera. 

Daging ayam dan bahan pelengkap dikemas secara terpisah untuk menjaga kualitas daging ayam tetap terjaga. Pastinya daging ayam dari Steak Hotel by HOLYCOW! bersertifikasi halal dan berkualitas

Kamu dapat memesan daging ayam pada laman holycowsteak.com setiap hari Senin-Jumat pukul 10.00-15.00 WIB. Kamu cukup duduk manis di rumah dan kurir akan mengirim pesananmu dengan metode same day dan instan.

Itu dia beberapa cara mencairkan ayam beku yang dapat kamu lakukan. Untuk membuat hidangan yang bermutu. tentunya kamu juga memperhatikan proses pengolahannya dengan baik agar makananmu tetap sehat dan nikmat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published