Home Story 7 Tips Liburan Akhir Tahun Agar Tidak Membosankan

7 Tips Liburan Akhir Tahun Agar Tidak Membosankan

Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Apakah kamu sudah punya rencana untuk menghabiskan waktu bersama siapa? Atau mungkin kamu sudah tahu mau liburan kemana? 

Jika masih bingung menentukan pilihan, mungkin ulasan ini bisa membantumu. Kali ini kami akan membahas beberapa tips sekaligus opsi untuk rencana liburan akhir tahun 2022. Simak daftarnya di bawah ini

1. Wisata Sambil Belanja

Tips pertama, kamu bisa menghabiskan waktu liburan untuk wisata sambil belanja. Ada beberapa tempat di Indonesia yang terkenal dengan wisata belanja. 

Ambil contoh seperti Solo dan Yogyakarta. Kamu bisa mengunjungi berbagai pasar tradisional dan juga Malioboro saat akhir tahun. Kain batik dan jajanan khas Yogyakarta serta Solo bisa banget jadi pilihan souvenir untuk keluarga dan teman. 

Namun perlu kamu ingat, Solo dan Yogyakarta termasuk area yang ramai saat peak season. Jadi, pastikan kamu menyiapkan rencana perjalanan dengan matang ya! 

2. Camping Seru 

Siapa yang suka liburan seru? Daripada bosan di rumah atau sekedar liburan ke hotel, kamu bisa menghabiskan akhir dan awal tahun dengan camping. Pilihan ini cocok untuk liburan keluarga ataupun bersama teman. 

Jika dulu camping identik dilakukan dengan naik gunung, maka kini berbeda. Sudah banyak area camping atau kawasan berkemah di Bandung, Malang, Bogor, dan kota lain yang bisa jadi pilihan. 

Kamu bisa camping menggunakan tenda layaknya kemping tradisional. Atau opsi lebih modern dengan memilih camping ground yang menawarkan penginapan unik. 

Apapun pilihanmu yang pasti suasana seru seperti tidur di bawah hamparan bintang dan dikelilingi alam sangat menakjubkan. 

3. Jelajah Alam

Wisata alam selalu jadi pilihan terbaik untuk libur akhir tahun. Jika kamu tertarik dengan opsi ini, pastikan cuaca di hari liburanmu mendukung. 

Atau kamu juga bisa membuat rencana cadangan. Misalkan plan A untuk cuaca cerah dan plan B khusus saat cuaca mendung atau hujan. Sesuaikan jenis wisata alamnya dengan kondisi cuaca agar kamu tetap bisa berlibur dengan seru.

Butuh rekomendasi? Jika cuaca cerah, kamu bisa pilih wisata alam seperti curug, air terjun, atau bahkan naik gunung. Sebaliknya, saat cuaca kurang mendukung mungkin pantai bisa jadi pilihan aman. 

4. Coba Olahraga Ekstrem

Kamu suka memacu adrenalin? Coba deh masukkan list permainan ekstrem yang dijamin tidak gagal memacu keseruan. 

Rekomendasi liburan akhir tahun yang tidak biasa ini bisa kamu lakukan di berbagai tempat. Mulai dari panjat tebing di Lembah Harau Payakumbuh, Sumatera Barat. Kamu juga bisa mencoba sensasi paralayang di Bukit Paralayang Puncak. 

Masih kurang ekstrem? Coba saja skydiving di Taman Laut Bunaken atau bungee jumping di Bali. Ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk bungee jumping di Pulau Dewata seperti Kuta, Seminyak, dan juga Gianyar. 

5. Wisata Sambil Belajar Budaya

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba hal berbeda dengan berwisata sambil belajar budaya. Indonesia terkenal dengan ragam budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

Kamu bisa memilih desa wisata terdekat dari tempat tinggal jika tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu besar. Beberapa desa wisata juga memiliki penawaran staycation terbaik lho. Sensasinya jelas berbeda dari menginap di hotel. 

Desa-desa wisata di Indonesia menawarkan banyak kegiatan menarik terkait dengan budaya. Mulai dari membatik, menari, menenun, mendalami kesenian daerah, hingga membuat makanan khas. Kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan keinginan.

6. Retret Kesehatan

Menjelang akhir tahun, artinya kamu akan menyongsong hari-hari baru di tahun depan. Hari baru, pengalaman baru, dan juga tantangan baru. Agar lebih siap menghadapi tahun depan yang belum tentu wujudnya, kamu bisa banget menghabiskan waktu untuk retret kesehatan.

Pilihan untuk retret ini baik bagi kesehatan tubuh dan mental kamu. Jangan ragu untuk memilih lokasi retret terbaik agar hasilnya lebih maksimal. Jika butuh rekomendasi, Pulau Dewata punya banyak pilihan tempat retret seperti resort keluarga dengan fasilitas dan penawaran terbaik. 

Kamu bisa retret sendirian atau mengajak keluarga. Inti dari retret sendiri adalah menenangkan dan menjauhkan diri dari kebisingan atau hiruk-pikuk kepadatan kota. 

7. Makan Besar di Steak Hotel by Holycow

Tak lengkap rasanya jika berlibur di akhir tahun  tanpa mengagendakan untuk makan-makan. Selain mencoba menu-menu tradisional tiap daerah, kamu juga bisa makan besar di Steak Hotel by Holycow. 

Outlet Holycow tersebar di berbagai kota di Indonesia sehingga mudah untuk diakses. Pilihan menu yg ditawarkan juga beragam. Mulai dari steak hingga sate taichan.

Belum lagi, variasi proteinnya juga terdiri dari daging sapi, ayam, hingga ikan. Cocok untuk makan bersama keluarga besar atau teman-teman ketika berlibur. 

Kamu yang tidak memiliki rencana liburan akhir tahun, juga bisa menghabiskan momen malam tahun baru di Holycow, lho. Tentunya banyak promo menarik menjelang akhir dan awal tahun yang sayang untuk kamu lewatkan.

Leave a comment

All comments are moderated before being published