Home Story 9 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga agar Lebih Bermakna

9 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga agar Lebih Bermakna

Dalam satu tahun, kamu mungkin hanya memiliki beberapa momentum waktu untuk berlibur bersama keluarga. Jadi, penting untukmu memastikan agar liburanmu tidak gagal. Sejumlah tips liburan dari kami akan membantu kamu untuk hal tersebut.

Apa saja tips liburan bersama anak dan pasangan? Yuk catat baik-baik!

1. Diskusikan Rencana Bersama-sama

Kalau kamu berencana menghabiskan liburan bersama orang-orang terdekat, maka wajib hukumnya untuk melibatkan mereka sebelum berangkat.

Sebaiknya, dengarkan gambaran liburan yang mereka inginkan. Dari sana, kamu bisa mulai hunting dan mencari sejumlah spot liburan yang sesuai kriteria.

Jika kamu berhasil mengakomodir semua keinginan mereka, maka makna liburan lebih terasa bagi semua. Benar, kan?

2. Hindari Tempat yang Terlalu Ramai

Mencari destinasi wisata yang sepi dan benar-benar terasa hanya milik keluarga atau orang terdekat memang sulit. Namun, kamu bisa mencari tempat yang sepertinya tidak terlalu ramai.

Kadang-kadang, tempat yang terlalu ramai justru malah menghilangkan makna liburan. Bahkan, kepadatan orang bisa menyebabkan hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk bisa mendapatkan tempat dengan kriteria semacam ini, kamu perlu riset lebih mendalam seputar spot-spot wisata. Manfaatkan Google, media sosial, atau info dari teman-temanmu yang suka plesiran.

3. Berkunjung ke Tempat Wisata Baru

Baru yang kami maksud bukanlah yang benar-benar baru dibuka. Namun, yang sebelumnya belum pernah kamu dan keluargamu kunjungi.

Ingat, waktu hidup manusia itu terbatas. Kalau Tuhan berikan kesempatan hidup dalam masa yang cukup panjang, syukurilah dengan menjejakan di sebanyak mungkin tempat menakjubkan di bumi. Apalagi, jika kamu berlibur bersama anak-anak.

Berdasarkan riset Alan Steve, seorang psikolog, pengalaman baru akan memberikan kesan lebih mendalam bagi anak.[1]

4. Menginap di Tempat yang Homey

Jika kamu berencana menginap bersama keluarga, carilah penginapan yang homey, nyaman memberi kesan seperti di rumah.

Kadang-kadang, anak memiliki respon yang kurang baik ketika diam di tempat baru. Kamu bisa membantu mereka beradaptasi dengan memilih hotel, resort, atau penginapan yang nuansanya mirip seperti di rumah.

Dengan begitu, mood mereka akan terjaga dan kamu sekeluarga bisa menikmati liburan dengan jaminan menyenangkan.

5. Riset Sebelum Berangkat

Ini adalah tips liburan agar menyenangkan yang sangat penting. Fasilitas internet, bisa kamu manfaatkan untuk memastikan setiap spot yang kamu rencanakan benar-benar berpotensi memberikan makna liburan yang optimal.

Kamu bisa ketik satu per satu nama tempat pilihanmu di Google, YouTube, Instagram, TikTok, dan lainnya untuk dapatkan info mendalam. Terutama, mengenai ulasan orang-orang yang sebelumnya sudah datang ke tempat tersebut.

Pengalaman buruk orang lain, sebaiknya membantumu berpikir beberapa kali untuk tetap datang ke sana. Sebaliknya, pengalaman bagus dari yang lain, dapat kamu jadi penguat agar kamu tetap sesuai rencana.

6. Kurangi Gadget, Perbanyak Kontak Fisik

Liburan keluarga bisa kehilangan makna jika sejak berangkat hingga pulang, masing-masing anggota keluarga sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Karena itu, lakukanlah tips liburan produktif ini.

Bayangkan, kamu datang jauh-jauh, menghabiskan waktu berjam-jam di jalan namun ketika sampai kamu mengerjakan sesuatu yang biasa kamu lakukan di rumah. Bukankah ini sesuatu yang aneh?

Sejak sebelum berangkat, sebaiknya buatlah komitmen agar setiap orang yang liburan membatasi penggunaan HP. Sebaliknya, bangun komunikasi yang efektif secara langsung untuk membuat ikatan keluarga semakin hangat.

7. Kelola Budget dengan Bijak

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai tips liburan hemat adalah menentukan budget maksimal selama liburan. Ini bisa jadi patokan yang mengendalikan keinginan menggunakan uang untuk terlalu banyak hal.

Selama liburan, kamu juga bisa melakukan beberapa penghematan dan hunting informasi promo seputar keperluanmu saat liburan. Entah itu hotel promo, tempat makan promo, dan lainnya.

Kamu juga bisa melakukan hal-hal sederhana seperti bekal air minum, memanfaatkan fasilitas gratis seperti WiFi, dan hal lainnya. Itu semua bisa berkontribusi untuk menjaga dompet tetap berisi ketika pulang.

8. Pastikan Bawa Medical Kit

Tidak ada yang ingin liburannya gagal karena ada yang sedang sakit. Namun bagaimanapun, menyiapkan kemungkinan terburuk tetaplah keharusan.

Kamu bisa menyiapkan medical kit umum semisal obat masuk angin, mabuk perjalanan, demam, serta pembersih luka. Jika ada anggota keluarga yang punya alergi kambuhan, jangan lupa bawa obatnya.

Walaupun pada akhirnya tidak terpakai, percayalah bukan berarti pada liburan selanjutnya kamu bisa mengabaikan poin ini.

9. Jangan Lupa Main ke Tempat Makan

Tahukah kamu? Berdasarkan riset, anak yang suka makan bersama keluarganya, cenderung memiliki kompetensi sosial yang lebih bagus. Hal ini ditandai dengan cara bicaranya yang lebih sopan serta sifatnya yang lebih ulet. [2]

Kalau kamu tahu hal ini, tentu sebaiknya untuk tidak melewatkan agenda makan-makan dalam masa liburan. 

Dalam memilih tempat makan bersama, pastikan tempatnya nyaman, serta memiliki makanan dengan rasa lezat dan menyehatkan.

Kamu bisa mampir ke Steak Hotel by Holycow, Kami sudah membuka gerai di beberapa kota besar yang mungkin jadi lokasi wisata tujuan Anda, antara lain:

  • Bandung
  • Jakarta
  • Tangerang
  • Semarang
  • Depok
  • Pekanbaru

Kamu bisa menikmati aneka steak dengan bumbu yang nagih di lidah. Semua anggota keluarga bisa menikmati sajian ini dengan harga yang relatif terjangkau.

Mudah-mudahan, deretan tips liburan dari kami ini bisa membuat liburanmu lebih berkesan tanpa harus membuat dompet jebol ya, carnivores! 

Leave a comment

All comments are moderated before being published