Home Story Pasti Jitu! Ini 4 Cara Menghadapi Tetangga yang Berisik

Pasti Jitu! Ini 4 Cara Menghadapi Tetangga yang Berisik

Menjalin hubungan baik dengan tetangga adalah suatu keharusan agar tercipta hubungan masyarakat yang ideal. Namun, apa jadinya kalau kamu punya tetangga yang berisik dan suka nyinyir? Faktanya, banyak kasus tetangga yang menyebalkan sehingga orang-orang mencari tahu cara menghadapi tetangga yang berisik.

Menghadapi tetangga yang berisik memang perlu tenaga cukup ekstra. Intip informasi seputar cara menghadapi tetangga yang menyebalkan berikut ini!

4 Cara Mengatasi Tetangga yang Menyebalkan

Meskipun kamu tinggal di rumah yang bagus di sebuah kota yang tenang pun, kemungkinan untuk memiliki tetangga yang berisik dan nyinyir akan tetap ada. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagimu.

Bayangkan, ketika kamu ingin beristirahat setelah hari yang berat di tempat kerja, tetanggamu malah memutar musik kencang-kencang lewat speaker. Lalu, misalnya kamu ingin menidurkan si kecil, namun tetanggamu teriak dan tertawa keras-keras hingga si kecil jadi rewel.

Kemudian, bayangkan jika kamu hanya ingin hidup tenang tanpa drama tapi tetanggamu punya bakat terpendam nyinyirin hidup orang lain. Tentu akan sangat menyebalkan, kan?

Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, kamu perlu mengetahui tips menghadapi tetangga-tetangga seperti itu. Simak selengkapnya!

1. Beri Teguran dengan Sopan dan Tegas

Langkah awal untuk menghadapi tetangga yang berisik adalah dengan memberi tahu mereka secara langsung apa yang kamu rasakan atas perbuatan mereka. Cara ini adalah cara yang paling aman dan sopan untuk mengatasi gangguan dari tetangga.

Bisa jadi, tetangga tersebut tidak sadar bahwa mereka terlalu berisik. Jadi, pastikan mereka sadar akan perbuatannya dan dampaknya kepada lingkungan sekitar dengan memberi tahu secara langsung.

Sampaikan keluhan dan teguranmu dengan tegas supaya tetangga tersebut tidak meremehkan kamu, ya!

2. Kumpulkan Bukti

Jika kamu telah berusaha menegur tetangga tersebut secara baik-baik tapi tak ada perubahan perilaku, coba kumpulkan beberapa bukti di mana tetangga tersebut mengganggu kamu lewat keberisikan dan kenyinyirannya.

Kemudian, apabila bukti-bukti tersebut sudah terkumpul cukup banyak, datangi sekali lagi tetangga tersebut dan tunjukkan bukti tersebut. Beri tahu rasanya berada di posisi kamu sebagai tetangganya jika harus berhadapan dengan hal-hal berisik serta mengganggu dari tetangga tersebut.

Dengan menunjukkan bukti, kamu tak akan dianggap mengada-ada. Jadi, tetangga tersebut akan lebih sadar diri atas perbuatannya yang kurang elok.

3. Datangkan Mediator

Apabila seluruh langkah di atas masih belum berhasil, kamu bisa mendatangkan mediator untuk mengatasi permasalahan antara kamu dan tetangga. Namun, pastikan mediator tersebut merupakan orang yang netral alias tidak memihak, ya!

Salah satu mediator paling tepat yang bisa kamu andalkan adalah ketua RT/RW setempat. Pertama, minta bantuan kepada ketua RT/RW setempat dan minta untuk mengadakan pertemuan antara beliau dengan kamu dan tetangga berisik tersebut.

Kemudian, dalam pertemuan tersebut, ungkapkan keluhanmu secara rinci dan beserta bukti-bukti lengkap kepada mediator tersebut. Lalu, minta saran dan bantuan untuk menyelesaikan masalah antara kamu dan tetangga.

Dengan begitu, ada kesempatan untuk memberikan tetangga berisik tersebut pelajaran untuk tidak mengulangi perilaku buruknya.

4. Beri Hadiah Kecil-kecilan

Salah satu cara untuk “membalas” tetangga yang hobi berisik dan nyinyir adalah dengan memberi hadiah kecil-kecilan. Cara ini bisa kamu terapkan jika tak ingin terjadi ribut-ribut sesama tetangga.

Pertama, datangi tempat tinggalnya dan berikan hadiah tersebut. Lalu, pelan-pelan ajak berbicara dan sampaikan secara halus bahwa kamu seringkali merasa terganggu dengan berisik dan nyinyirnya tetangga tersebut. Niscaya, tetangga tersebut akan refleksi diri sekaligus berterima kasih atas hadiah kamu.

Salah satu hadiah yang tepat untuk diberikan kepada tetangga yang hobi mengganggu adalah makanan. Melansir Crown Asia[1], memberikan makanan setiap beberapa waktu sekali adalah salah satu sikap baik yang pasti diapresiasi tetangga.

Nah, salah satu opsi makanan yang bisa kamu berikan adalah menu lezat ala Steak Hotel by Holycow! Deretan menu steak lezat ala Holycow tentu akan melunakkan hati tetangga kamu dan membuatnya jadi tidak berisik dan nyinyir.

Antarkan menu tersebut kepada si tetangga berisik sembari menyenggol tipis-tipis tentang topik nyamannya hidup bertetangga jika semua damai tanpa berisik dan nyinyir.

Pilihan menunya pun beragam, mulai dari Wagyu Tenderloin, Wagyu Sirloin, Wagyu Rib Eyes, Japanese Sirloin, hingga Australian Sirloin. Selain itu, kamu juga bisa memilih beragam saus dan side dish seperti French Fries atau Potato Wedges sebagai pelengkap.

Tak ingin repot-repot datang ke TKP Steak Hotel by Holycow dan membungkusnya pulang? Tenang saja, sekarang kamu bisa memesan menu Holycow lewat aplikasi antar makanan online atau membeli mentahannya untuk diolah melalui Holycow Meatshop.

Dengan segala kemudahan tersebut, cara menghadapi tetangga yang berisik di atas akan terlaksana dengan lancar. Segera pesan menu lezat Steak Hotel by Holycow sekarang juga!

Leave a comment

All comments are moderated before being published