Home Story 5 Tips Hubungan Langgeng LDR, Dijamin Awet!

5 Tips Hubungan Langgeng LDR, Dijamin Awet!

Menjalin hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) terkadang terasa menjemukan. Malahan, hal ini kerap kali jadi alasan putusnya sebuah hubungan. Namun, jika kedua pihak mau berusaha bertahan, pasti akan ada jalan. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu tips hubungan langgeng LDR.

Kini, jarak yang ada pada hubungan LDR bukanlah masalah besar. Pasalnya, hal tersebut bisa diakali dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satunya fitur video call. 

Namun, bukan hanya itu cara hubungan langgeng saat LDR yang bisa kamu lakukan. Simak tips agar hubungan LDR langgeng berikut ini!

5 Tips Hubungan Langgeng Saat LDR

Melansir Kavita Patel[1], seorang life and relationship coach, kunci utama dari hubungan yang langgeng ketika ada di dalam LDR adalah koneksi emosional dan dukungan yang kuat selama menjalani hubungan tersebut.

Intip beberapa tips hubungan langgeng ketika kamu ada di dalam sebuah hubungan jarak jauh berikut ini!

1. Tetap Terhubung Secara Rutin

Menjalin komunikasi secara rutin adalah salah satu hal terpenting ketika menjalani LDR. Kamu bisa mewujudkan hal ini dengan saling menelepon atau video call secara rutin. Apabila kalian berdua terlalu sibuk untuk menelepon, coba tetap terhubung melalui chat.

Hal ini didukung oleh sebuah studi dari UCLA[2] yang menyatakan bahwa efektivitas komunikasi ditentukan oleh 38% kualitas suara, 55% oleh komunikasi nonverbal, dan 7% oleh diksi.

Jadi, kamu bisa mengkombinasikan ketiga poin tersebut ketika berkomunikasi dengan pasangan supaya hubungan tetap terjaga.

2. Beri Perhatian Lebih

Wujudkan kasih sayangmu terhadap si dia dengan memberikan perhatian yang lebih. Kamu bisa menunjukkan perhatian dan kekhawatiran melalui pertanyaan-pertanyaan seperti “Kamu mau aku dukung dengan cara gimana?” “Gimana perasaan kamu sekarang? Are u OK?” atau simple say, “How was your day?”.

Dengan menanyakan hal-hal tersebut, kamu bisa keep track situasi dan kondisi perasaan pasangan kamu. Jadi, hubungan kalian berdua bisa tetap rekat meski terpisah jarak.

Namun, jangan terlalu memaksa supaya pasangan kamu mencurahkan isi hatinya ke kamu, ya, karena tidak semua orang bisa dengan mudah mengungkapkan isi hatinya begitu saja. Beri dia waktu dan pengertian bahwa kamu akan siap mendengarkan kapan pun dia membutuhkanmu.

3. Hindari Silent Treatment

Masalah akan selalu ada di setiap hubungan, baik yang LDR maupun tidak. Dalam menyelesaikan suatu masalah, sebisa mungkin hindari yang namanya silent treatment atau mendiamkan pasangan.

Cara yang paling recommended untuk menyelesaikan masalah adalah dengan bersikap terbuka dan menyelesaikan dengan kepala dingin, bukan malah saling mendiamkan.

Apabila kamu merasa masih emosi dan belum bisa berpikir dengan jernih, kamu bisa meminta waktu untuk meredam amarah terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari keluarnya kata-kata yang tak pantas selama menyelesaikan masalah.

4. Hindari Berdebat karena Hal Sepele

Sebisa mungkin, jauhi kebiasaan berdebat karena hal-hal yang sepele. Misalnya, pasangan yang tak mau memberikan kata sandi media sosial. Alih-alih tidak terima, pahami bahwa setiap orang memiliki privasi masing-masing. Jadi, pupuk kepercayaan antara satu sama lain.

Kemudian, contoh hal sepele lainnya adalah perdebatan tentang masa lalu pasangan. Pahami bahwa yesterday is history dan masa lalu seseorang tidak selalu mendefinisikan dirinya di masa kini. Jadi, tak ada faedahnya berdebat mengenai perihal yang sudah terjadi. 

Lalu, kamu juga perlu menghindari overthinking. Memiliki pikiran seperti “Dia beneran cinta, nggak, ya?” dan “Dia tulus, nggak, sih?” adalah hal yang wajar. Namun, hal tersebut jadi tidak wajar jika kamu bertanya tentang hal itu terus-menerus dan berakhir jadi overthinking. Jadi, sebisa mungkin hindari melakukan hal itu. 

5. Jadwalkan Pertemuan jika Sempat

Apabila jarak dari tempat kamu dan pasangan berada masih tergolong terjangkau, jadwalkan pertemuan tiap kali kalian sempat. Bagaimanapun, bertemu tatap muka adalah penawar dari kerinduan yang tertahan selama menjalani LDR.

Ajak pasangan kamu untuk melakukan hal-hal menyenangkan, misalnya piknik di tempat yang sejuk, mengunjungi taman bermain, hingga menyantap hidangan lezat di restoran dengan menu favorit.

Salah satu rekomendasi restoran yang cocok untuk pertemuanmu dan pasangan adalah Steak Hotel by Holycow!

Di sini, kamu bisa merasakan nikmatnya menu steak bintang lima dengan harga relatif terjangkau dengan ambience restoran yang nyaman. Rasakan lezatnya Wagyu Tenderloin, Wagyu Rib Eye, hingga Wagyu Sirloin di TKP Steak Hotel by Holycow yang berada di areamu.

Namun, bagaimana jika kamu dan pasangan susah untuk mencocokkan jadwal untuk bertemu? Tak usah khawatir, Steak Hotel by Holycow menghadirkan Meatshop yang memungkinkan kamu untuk membeli menu andalan Holycow secara online.

Beri kejutan pasanganmu dengan kedatangan menu Holycow di kediamannya dan nikmati dinner romantis berdua melalui video call.

Percayalah,  tips hubungan langgeng LDR di atas pasti berhasil apabila kedua belah pihak memberikan effort yang sama dalam hubungan. Lalu, tak lupa bumbui hubungan kalian dengan kenikmatan menu Steak Hotel by Holycow. Selamat mencoba!

Leave a comment

All comments are moderated before being published