Home Story Gampang-Gampang Susah, Ini Cara Menghadapi Wanita PMS

Gampang-Gampang Susah, Ini Cara Menghadapi Wanita PMS

Pernahkah kamu menghadapi seorang wanita, misalnya pacar, istri, atau ibu, yang tiba-tiba mudah marah dan berakhir kena semprot? Jika iya, bisa jadi wanita tersebut sedang mengalami yang namanya PMS. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana cara menghadapi wanita PMS supaya tak salah langkah.

Simak informasi seputar PMS dan cara menyikapi wanita PMS dengan tepat berikut ini!

Apa Itu PMS?

Sebelum membahas apa itu PMS, kamu perlu tahu bahwa fase menstruasi seorang wanita terbagi menjadi beberapa fase berbeda yang berurutan. Apa saja fase-fase tersebut? Ini dia fase-fasenya:

  1. Fase menstruasi, terjadi saat lapisan rahim seorang wanita luruh akibat absennya pembuahan.
  2. Fase folikuler/pra-ovulasi, terjadi secara tumpang tindih dengan fase akhir menstruasi. Pada fase ini, folikel, yang merupakan kantong cairan berisi oosit matang, akan mulai tumbuh dan berakhir melepaskan sel telur yang matang.
  3. Fase ovulasi, terjadi ketika sel telur yang telah matang akhirnya lepas.
  4. Fase luteal, bermula ketika sel telur mulai berjalan menuruni tuba falopi.

Ternyata, dari berbagai fase di atas, PMS terjadi di fase luteal. Melansir WebMD[1], hormon progesteron, yaitu hormon yang akan mempertahankan dinding rahim, akan mulai meningkat. Sedangkan, hormon estrogen akan menurun.

Bersamaan dengan meningkatnya hormon progesteron, muncullah gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti sakit kepala, sakit pinggang, dada nyeri, cemas, nafsu makan meroket, hingga kesulitan mengontrol emosi. Namun, gejala-gejala tersebut terjadi dengan intensitas yang berbeda pada tiap wanita.

Nah, gejala-gejala yang terjadi sebelum fase menstruasi dimulai ini adalah fase alamiah yang akan terjadi pada setiap wanita. Sebuah studi[2] menyatakan bahwa setidaknya 3 dari 4 wanita pernah mengalami gejala PMS di sepanjang hidupnya.

Oleh karena itu, kamu tak boleh meremehkan seorang wanita yang sedang mengalaminya. Selain itu, kamu perlu mengetahui apa yang diinginkan wanita saat PMS.

Simak tips dan trik berikut ini!

4 Cara Jitu Hadapi Wanita PMS yang Gampang Mood Swing

Menghadapi seorang wanita yang memiliki gejala PMS memang gampang-gampang susah. Mood swing atau naik turunnya mood adalah sifat wanita yang lagi PMS yang sering kali terjadi sehingga perlu perhatian yang tepat. Jangan khawatir, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini!

1. Jangan Menganggap Remeh PMS

Ketika seseorang sedang mengalami PMS, ketahuilah bahwa hal tersebut bukan sebuah guyonan atau hal yang mengada-ada. Oleh karena itu, jangan pernah kamu menganggap remeh atau membuat lelucon di atas penderitaannya. 

Jika kamu melakukannya, dia pasti akan merasa tersinggung dan makin bad mood. Apabila hal ini terjadi, segeralah minta maaf tentang perbuatanmu.

Lalu, meskipun kamu tak bisa memahami sepenuhnya tentang apa yang dia rasakan, utarakan bahwa kamu akan berusaha memberinya pengertian. Pokoknya, wanita yang lagi PMS jangan diganggu!

2. Dampingi Dia

Fakta wanita PMS selanjutnya adalah sering kali dia tidak membutuhkan pertolonganmu sama sekali. Pasalnya, mereka sudah berpengalaman menghadapi dan mengatasi gejala tersebut sendirian.

Jadi, yang bisa kamu lakukan adalah menawarkan terlebih dahulu apakah ada sesuatu yang bisa kau lakukan untuk membantu meringankan gejala yang sedang dialaminya. Selain itu, yakinkan dia bahwa kamu selalu ada di sisinya dan siap mendengarkan segala keluh kesahnya.

Setidaknya, fakta bahwa kamu siap sedia untuk mendengarkan seluruh keluh kesahnya akan membuatnya jadi luluh dan berpotensi mengurangi intensitas mood swing.

3. Biarkan Dia Beristirahat

Saat mengalami gejala PMS, wanita seringkali menginginkan me time atau waktu sendirian. Namun, jika dia tak menyampaikan hal ini secara terang-terangan, kamu bisa menawarkan kesempatan me time kepadanya.

Apabila dia menjawab bahwa ingin me time, jangan sekali-kali mengganggu waktu sendirinya tersebut supaya mood-nya tak makin hancur. Setelah itu, coba pastikan apakah dia sudah selesai dan mood-nya berubah menjadi lebih baik untuk berinteraksi lagi dengan kamu. 

4. Beri Dia Hadiah

Ketika sedang mengalami mood swing, seorang wanita memang kerap kali susah ditebak apa maunya. Nah, untuk menghadapi hal tersebut, kamu bisa memberinya kejutan dengan mengajaknya menyantap menu lezat favorit. Salah satu restoran paling recommended adalah Steak Hotel by Holycow!

Steak Hotel by Holycow punya variasi menu yang terbukti good untuk meningkatkan mood. Kamu bisa memilih beragam menu, mulai dari Wagyu Sirloin, Wagyu Rib Eye, Japanese Sirloin, Australian Rib Eye, hingga add ons seperti Potato Wedges atau Tatter Tots.

Si dia kurang sreg untuk datang ke TKP Holycow? Tenang saja, kamu bisa mendatangkan menu lezat ala Holycow dengan layanan pesan antar makanan online atau membuatnya sendiri dengan memesan bahan-bahan dari Holycow Meatshop.

Dengan begitu, kamu bisa makan romantis ala restoran hanya dari rumah saja! Tunggu apa lagi, segera jalankan cara menghadapi wanita PMS di atas dengan menyantap menu lezat Steak Hotel by Holycow. Selamat mencoba!

Leave a comment

All comments are moderated before being published