Home Story Apa itu Taichan? Bagaimana Awal Kemunculannya?

Apa itu Taichan? Bagaimana Awal Kemunculannya?

Apa itu taichan? Bagaimana asal-usul munculnya sate ini? Sudah tahukah kamu sejarah dari sate taichan di Indonesia? Awal kemunculannya unik dan tidak terduga.

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan sate taichan bukan? Sate ini merupakan salah satu jenis sate populer di kalangan anak muda Indonesia.

Tahukah kamu sate taichan ini ternyata bukan asli Jepang, China, maupun Korea Selatan, lho. Sate ini merupakan kreasi dari sate madura.

Ingin tahu bagaimana sejarah munculnya sate ini dan bisa populer sampai sekarang? Simak penjelasan lengkapnya hanya di sini.

Ciri Khas dan Keunikan Sate Taichan

Sebelum membahas bagaimana asal mula sate taichan ini, kamu harus tahu terlebih dahulu ciri khas dan keunikannya. Bahan sate taichan sebenarnya sama dengan sate pada umumnya yaitu daging ayam atau sapi. Namun yang membuat sate ini berbeda dengan sate pada umumnya adalah bumbu yang digunakan.

Seperti yang kamu tahu, sate taichan tidak berwarna coklat melainkan warnanya putih pucat. Hal ini karena sate ini tidak menggunakan bumbu kecap, dagingnya hanya diberi jeruk nipis dan garam saja. Selain itu, penyajiannya juga tidak dilengkapi dengan bumbu kacang, hanya sambal saja.

Cara membuat sate taichan juga tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya yaitu dibakar di atas arang. Karena tidak menggunakan kecap dan bumbu lainnya maka satenya terlihat pucat. Inilah yang menjadi ciri khas dari sate taichan.

Banyak anak muda yang menyukai sate ini karena cita rasanya yang khas. Selain itu, sambalnya yang pedas juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Daging sate taichan juga lebih juicy karena tidak ada bumbunya. Kamu bisa merasakan lembut dan sensasi daging  juicy yang lumer dimulut ketika menikmatinya. Untuk kamu para pecinta daging pasti langsung suka dengan menu sate taichan.

Sate taichan sekarang ini sudah sangat mudah kamu jumpai. Harganya juga cukup terjangkau, tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya.

Asal Mula Munculnya Sate Taichan

Tahukah kamu apa sebenarnya kepanjangan taichan itu? Atau sudah tahukah kamu bagaimana awal munculnya sate ini?

Taichan sendiri tidak mempunyai kepanjangan, ini adalah nama yang diberikan oleh orang yang membuat kreasi sate ini.

Asal usul nama sate taichan sebenarnya sangat unik. Melansir dari berbagai sumber, ada 2 versi sejarah munculnya sate ini.

Versi yang pertama adalah sate ini merupakan sate kreasi yang diajarkan oleh orang Korea Selatan kepada salah satu pemilik warung sate madura yang ada di Senayan. Karena sudah menjadi langganan orang Korea ini mengajarkan cara membuat sate taichan tanpa bumbu.

Pada mulanya sate taichan menggunakan sambal yang sama yaitu irisan cabe, bawang dan tomat. Namun pemilik warung ini mengkreasikannya menjadi sambal seperti yang sekarang ini.

Versi kedua asal mula sate taichan berbeda lagi. Cerita versi kedua ini lebih banyak dipercaya daripada yang pertama karena lebih related dengan keberadaan sate taichan pertama kali.

Cerita kemunculan sate taichan yang kedua ini bermula ketika ada pasangan muda mudi Indonesia-Jepang yang datang ke warung sate madura Pak Amir yang ada di Senayan. Warung ini ada di dekat gerbang masuk GBK dan menjadi salah satu warung sate teramai di sini. Kejadian ini terjadi sekitar tahun 2014.

Lelaki Jepang yang tidak suka dengan bumbu kacang pada sate madura minta untuk dibakarkan sate tanpa menggunakan bumbu. Dia mau satenya diberi jeruk nipis dan garam saja kemudian dibakar. Selain itu, dia juga tidak ingin menggunakan bumbu kacang dan meminta menggantinya dengan sambal cabe saja.

Ketika pemilik warung sate bertanya kepada lelaki Jepang tersebut apa nama sate ini. Dia menjawab “taichan”. Sejak saat itulah sate ini dinamakan dengan sate taichan.

Pak Amir, pemilik warung sate madura ini mulai menjual menu baru yaitu sate taichan. Sejak saat itu, banyak juga anak muda yang memesan menu ini. Karena banyak peminatnya banyak juga orang yang terinspirasi menjual sate taichan ini.

Rekomendasi Sate Taichan Terenak di Indonesia

sate taichan wagyu

Kamu lebih percaya dengan versi yang mana? Terlepas dari asal usulnya, sate taichan tetap menjadi favorit anak muda sampai sekarang.

Selama ini jenis sate taichan yang populer adalah sate ayam. Namun tahukah kamu sate taichan terenak bukanlah dari daging ayam melainkan dari daging sapi.

Holycow berkreasi dengan Nagita Slavina dan memunculkan menu baru sate taichan yaitu sate taichan wagyu A5. Dari namanya saja sudah jelas, jika sate taichan ini dibuat dengan daging wagyu terbaik yaitu wagyu A5.

Kamu yang ingin merasakan sensasi makan sate taichan dengan tekstur yang lembut dan juicy wajib mencoba menu yang satu ini. Sekali gigit kamu akan langsung merasakan kenikmatannya. Dagingnya yang lumer di mulut dan rasanya yang khas akan membuat kamu langsung ketagihan.

Apalagi sate ini disajikan dengan salad, nasi, dan bumbu khas. Dijamin rasanya semakin enak.

Sekarang kamu sudah tahu bukan apa itu taichan dan rekomendasi sate taichan terenak? Segera datang atau reservasi terlebih dahulu di Holycow untuk menikmati menu sate taichan terenak ini.

Leave a comment

All comments are moderated before being published