Home Story Apa Perbedaan Sate Maranggi dan Sate Biasa? Ini Penjelasannya!

Apa Perbedaan Sate Maranggi dan Sate Biasa? Ini Penjelasannya!

Sate bisa dibilang sebagai salah satu hidangan kuliner unggulan di Indonesia. Saking populernya, hampir setiap daerah memiliki ciri khas sate masing-masing. Salah satunya adalah Sate Maranggi dari Jawa Barat. 

Resepnya yang istimewa membuat sate yang satu ini berbeda dari jenis sate lainnya. Tapi apa saja perbedaan Sate Maranggi dan sate biasa? Temukan penjelasannya berikut ini.

Apa itu Sate Maranggi?

Secara umum, Sate Maranggi berasal dari Tanah Sunda – meskipun ada banyak versi sejarah dan asal-usul tentang yang satu ini. Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara Sate Maranggi dan sate dari daerah lainnya adalah penggunaan daging sapi sebagai bahan utama. 

Selain itu, sate yang satu ini melewati proses pengolahan yang unik, sehingga rasa yang hadir cukup otentik. Nah, kamu bisa mencari tahu lebih banyak tentang sate yang menjadi pilihan Kemenparekraf sebagai sate terenak di bawah ini.

1. Sate Asli Jawa Barat yang Punya Filosofi

Sate Maranggi asal mana? Purwakarta dan Cianjur adalah dua tempat di Jawa Barat yang menjadikan kuliner ini sebagai ciri khas daerahnya, meskipun terdapat sedikit perbedaan di antara keduanya.

Oleh karena itu, apabila kamu sedang berkunjung ke Jawa Barat, Sate Maranggi menjadi salah satu jenis kuliner yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Nama hidangan ini berasal dari bahasa Sunda.

Kata "Maranggi" memiliki filosofi yang dikenal sebagai "Tiga Daging Setusuk" atau "Tri Tangtu" dalam bahasa Sunda. Filosofi ini melambangkan tekad, ucap, dan tindakan, mengandung makna yang mendalam dalam budaya Sunda.

Ada beberapa versi asal-usul kata "Maranggi" dalam konteks Sate Maranggi. Salah satunya menyebutkan bahwa "Maranggi" merupakan nama seorang pengrajin keris yang tinggal di tanah Sunda. 

Namun, sumber lain mengatakan bahwa "Maranggi" adalah panggilan seorang penjual sate yang berasal dari Jawa Tengah. Penjual sate ini dulu tinggal di Cianting dan menjual sate yang cukup populer di tahun 60-an. 

Agar lebih mudah dalam pengucapannya, orang-orang kemudian memanggilnya Maranggi. 

2. Disajikan dengan Unik

Seperti penjelasan sebelumnya, sate yang satu ini merupakan kuliner khas Cianjur dan Purwakarta. Apabila kamu memperhatikan, sate yang berasal dari Purwakarta biasanya terhidang bersama kecap dan juga sambal tomat serta acar. 

Namun ciri khas Sate Maranggi Cianjur adalah disajikan dengan sambal oncom dan ketan bakar. Bahkan beberapa rumah makan menghidangkannya dengan nasi timbel. 

Inilah yang menjadikan sate yang satu ini berbeda dari sate lainnya, seperti Sate Madura dan Ponorogo. Meskipun cara penyajiannya berbeda, keduanya termasuk makanan khas Sunda yang populer di Jawa Barat.

3. Proses Pengolahan yang Spesial

Untuk membuat sate maranggi, langkah pertama adalah merendamnya dengan bumbu-bumbu agar meresap. Bumbu yang digunakan terdiri dari jahe, ketumbar, kunyit, lengkuas, sedikit cuka untuk memberikan rasa asam alami, dan sedikit air panas.

4. Tanpa Siraman Bumbu Kacang

Berbeda dengan sate biasa, bumbu Sate Maranggi tidak menggunakan bumbu kacang. Hal tersebut terjadi karena proses marinasi yang sudah dilakukan membuat bumbu-bumbu meresap dengan sempurna. 

Meskipun tanpa menggunakan saus pendamping atau tambahan, rasa sate yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.

5. Sate Terenak Versi Kemenparekraf

Pada tahun 2022 lalu, Kemenparekraf memilih Sate Maranggi sebagai salah satu kuliner terenak. Hal ini tentu bukan karena alasan. Potongan daging sapinya yang tebal berbentuk dadu membuat sate ini terasa nikmat ketika disantap. Selain itu, bumbu-bumbu yang meresap memadukan rasa manis dan gurih yang sempurna.

Sate Maranggi Holycow Steak – Praktis dan Mudah

Nikmati kelezatan cita rasa Sate Maranggi dengan paket premium by Holycow. Paket yang satu ini menggunakan Australian Sirloin beef yang berkualitas. Kamu langsung dapat paket lengkapnya yang sudah siap santap – hanya perlu menyiapkan pan dan kompor.

Setiap paketnya berisi:

  • 6 tusuk Sate Maranggi seberat 130 gram
  • Sambal dan kecap.

Kamu pun sekarang bisa bikin Sate Maranggi yang enak di rumah tanpa harus repot memotong daging hingga membuat olahan bumbu rendaman sendiri. Segera dapatkan paket Sate Maranggi dari Holycow Steak dan rasakan sensasi cita rasa yang otentik.

Sate Maranggi merupakan salah satu hidangan kuliner unggulan yang berasal dari Jawa Tengah. Salah satu hal yang membedakan kuliner ini dengan sate lainnya adalah penggunaan daging sapi dan proses pengolahan yang melewati tahapan marinasi. 

Proses pengolahan ini juga menjadi perbedaan dalam cara penyajian sate – Sate Maranggi tidak perlu saus tambahan atau pendamping karena bumbu-bumbunya sudah meresap sempurna ketika proses marinasi.

Demikian informasi tentang perbedaan Sate Maranggi dan sate biasa yang perlu kamu tahu. Segera dapatkan paket Sate Maranggi dari Holycow Steak dan rasakan sensasi cita rasa yang otentik dari hidangan ini.

Leave a comment

All comments are moderated before being published