Home Story Cara Makan Steak Yang Benar: Etika Dasar dan Aturannya

Cara Makan Steak Yang Benar: Etika Dasar dan Aturannya

Steak seringkali menjadi hidangan khusus dalam acara tertentu. Tentu saja, cara makannya pun tidak bisa sembarangan. Ada etiket tersendiri untuk menikmati hidangan ini. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari cara makan steak yang benar terlebih dahulu.

Pentingnya Tahu Cara Makan Steak yang Benar

Kamu pasti mengetahui bahwa setiap negara memiliki makanan khas tersendiri. Cara makannya pun berbeda-beda. Menggunakan cara makan yang benar membuat kamu bisa menikmati hidangan dengan lebih nyaman.

Kamu bisa mengambil contoh dari acara minum teh di Jepang, Tiongkok, dan Inggris. Sebagai bagian dari budaya tradisional, ada tata cara tersendiri untuk menikmati secangkir teh. 

Mengikuti tata cara ini merupakan bentuk cerminan bahwa kamu menghargai diri sendiri dan juga orang yang mengundang kamu.

Tata cara yang sama juga berlaku saat kamu diundang untuk menikmati Steak. Steak yang merupakan hidangan lezat dengan bahan dasar daging, berasal dari daratan Eropa dan Amerika. Hidangan ini umumnya bisa kamu pesan di restoran untuk kamu nikmati bersama keluarga. 

Tidak boleh sembarangan, ada 2 cara menyantap steak. Yang pertama adalah cara Amerika dengan ‘Zig-Zag’ style-nya, kemudian cara Eropa atau Kontinental Style. 

Walaupun memiliki perbedaan, kedua style ini juga punya kesamaan. Sudahkah Carnivores mengenalinya? Yuk, simak ulasan berikut ini! 

Etika Dasar Makan Steak 

Sebelum membahas secara lengkap perbedaan tata cara makan steak, kami akan mengupas terlebih dahulu etiket dasar menyantap makanan. Terutama etika menyantap makanan ketika kamu menghadiri undangan dengan style Eropa atau Amerika.

Tata cara perjamuan makan di berbagai budaya dan wilayah bisa memiliki karakteristik yang berbeda. Di Eropa dan Amerika, lazim untuk menyantap makanan di atas meja. 

Jadi, kamu harus menerapkan cara duduk yang benar sebelum mulai menyantap hidangan. Pertama-tama, ambilah posisi duduk dengan tegap, tidak condong ke depan atau menyandar ke belakang.

Kemudian, terapkan etika berikut ini selama menikmati hidangan steak bersama tamu lainnya:

  1. Setelah duduk tegap, Carnivores tidak boleh menempatkan tangan di atas meja. Kemudian, jagalah posisi siku agar tidak tampak melebar, atau terlalu keluar.
  2. Usahakan jangan berbicara saat makan, terutama saat mulut sedang penuh makanan.
  3. Menyantap hidangan dengan ritme teratur akan jauh lebih menawan. Pada sela-sela waktu makan, Carnivores bisa menetralkan lidah dengan minuman yang disediakan untuk lebih menikmati hidangan.
  4. Setelah makan, Carnivores bisa meletakkan pisau dan garpu di atas piring makan. Garpu dan pisau bisa kamu letakkan berdampingan dengan posisi garpu menghadap ke atas atau ke bawah.

Keempat hal tersebut merupakan tata cara dasar dalam menikmati hidangan steak makan pada umumnya.

Perbedaan Tata Cara Makan Steak Ala Amerika dan Eropa

Alat makan steak daging biasanya berupa garpu dan pisau. Pada dasarnya, kamu harus meletakkan garpu pada tangan kiri, dan pisau di tangan kanan. Tidak ada perbedaan antara style Eropa dan Amerika untuk peletakan pisau dan garpu.

Cara Makan Steak Ala Amerika

Menikmati Steak dengan cara Amerika akan sedikit berbeda dengan cara menikmati steak ala Eropa. Cara makan steak ala Amerika biasa dikenal dengan nama ‘Zig-Zag’, karena ada perpindahan garpu dari tangan kiri ke tangan kanan. 

Menikmati Steak cara Amerika lebih lengkapnya seperti ini: 

  • Pertama-tama, letakkan garpu di tangan kiri dan pisau di tangan kanan. 
  • Saat memotong daging steak, kamu bisa menahan daging menggunakan garpu kemudian memotongnya dengan pisau.
  • Untuk menyantap daging, kamu harus meletakan pisaunya terlebih dahulu di atas piring. Kemudian, pindahkan garpu ke tangan kanan dan mulailah menyantapnya. Apabila kamu kidal atau dominan kiri, kamu bisa langsung memakan daging steak tanpa memindahkan garpu.

Proses ini bisa kamu lakukan pada setiap gigitan hingga daging steak habis. Setelah menyelesaikan santapan, kamu bisa meletakkan garpu dan pisau berdampingan dengan posisi garpu menghadap atas.

Cara Makan Steak ala Eropa

Orang eropa cenderung memandang cara makan steak Amerika terlalu merepotkan. Pasalnya, kamu harus memindahkan pisau dan garpu terlebih dahulu sehingga tata cara makan terkesan kurang praktis. 

Oleh karena itu, cara eropa terbilang lebih mudah dan simpel.

  • Sama seperti cara Amerika, kamu bisa mulai dengan meletakkan garpu pada tangan kiri dan pisau pada tangan kanan. 
  • Cara memotong steak ala Eropa adalah dengan menahan daging menggunakan garpu lalu mengirisnya  dengan pisau. 
  • Tanpa mengubah posisi garpu, kamu bisa langsung menyantap steak. 
  • Setelah selesai menyantap hidangan, kamu bisa meletakkan garpu dan pisau berdampingan di atas piring dengan posisi garpu menghadap ke bawah.

Penggunaan tangan untuk makan masih diperbolehkan dalam kondisi tertentu, terutama ketika kamu harus memilah daging yang membalut tulang. Kendati demikian, usahakan tidak menggunakan tangan terlalu sering. 

Mempelajari cara makan steak yang benar merupakan tindakan tepat ketika kamu ingin menunjukkan rasa hormat kepada tamu atau host yang mengundang. Carnivores juga bisa mencoba mempraktikkan cara ini ketika makan di Holycow, loh!

Leave a comment

All comments are moderated before being published