Home Story 10 Jenis Potongan Kentang Goreng Paling Populer

10 Jenis Potongan Kentang Goreng Paling Populer

Hi, Carnivores! Makan steak di Holycow pasti terasa belum lengkap tanpa tambahan kentang goreng. Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis potongan kentang yang bisa menambah nikmatnya makan steak?

Terlebih lagi, ada juga potongan kentang yang dapat langsung kamu santap sebagai camilan. Nah, berikut ini adalah 10 jenis potongan kentang yang yang paling populer.

Jenis Jenis Potongan Kentang Goreng Yang Paling Populer

1. Standard-cut Fries

potongan kentang yang paling populer standard cut fries

Standard-cut fries adalah jenis potongan kentang yang paling populer di dunia. Oleh karena itu, kamu pasti bisa menemukan kentang goreng berbentuk jari telunjuk ini di mana saja.

Lebih terkenal dengan istilah french fries, kamu pasti sudah sering melihat bentuk kentang persegi panjang tersebut disajikan sebagai pelengkap beragam menu makanan seperti steak, fried chicken, dan lain sebagainya.

2. Curly Fries

Jenis potongan kentang ini memiliki bentuk keriting atau spiral. Untuk mendapatkan potongan curly fries, kamu butuh alat pemotong khusus.

Biasanya, kamu bisa menemukan hidangan curly fries di beberapa restoran yang bergaya Amerika seperti cafe atau restoran siap saji.

3. Wedges

1 porsi potato wedges yang terlihat enak

Potongan wedges memiliki bentuk setengah lingkaran. Cara memotongnya sangat mudah. Dalam artian, kamu tidak perlu menggunakan alat pemotong tersendiri hanya untuk menghasilkan potato wedges.

Pertama-tama, kamu harus membelah kentang menjadi 2 bagian. Selanjutnya, kamu bisa memotongnya lagi menjadi beberapa bagian. Setelah melewati proses pengolahan, kamu bisa menikmati potongan wedges sebagai pelengkap steak, daging panggang dan ayam panggang.

4. Crinkle Cut

potato crinkle cut, terlihat sangat lezat dan menggugah selera

Crinkle cut merupakan jenis potongan kentang yang berbentuk gerigi. Untuk menghasilkan potongan seperti ini, kamu membutuhkan crinkle cut slicer atau pisau khusus.

Berbeda dari standard cut fries, crinkle cut berukuran lebih tebal dan lebih besar. Oleh karena itu, crinkle cut cepat memberi rasa kenyang ketika kamu memakannya.

5. Long Fries

Jenis potongan kentang yang satu ini menghadirkan bentuk memanjang seperti pensil. Panjang long fries bahkan melebihi ukuran normal sebuah kentang.

Hasil potongan seperti ini bisa kamu dapatkan dengan menumbuk kentang terlebih dahulu. Kemudian, kamu harus memasukkan adonannya ke dalam sebuah alat khusus.

Setelah melalui proses ini, kamu dapat menggoreng long fries dengan teknik deep frying. Selanjutnya, kamu dapat langsung menikmatinya dengan saus atau aneka taburan.

6. Hash Brown

potato hash brown dengan latar belakang putih

Hash brown merupakan jenis potongan kentang yang berasal dari proses penyerutan kasar. Hasil potongan yang kecil-kecil ini kemudian disatukan seperti dadar sebelum melalui proses penggorengan.

Kamu dapat menikmati hash brown sebagai camilan maupun sebagai pelengkap menu daging-dagingan.

7. Waffle Fries

Karena bentuknya yang kotak-kotak dan berlubang, jenis potongan kentang seperti ini diberi nama Waffle fries.

Untuk membuatnya, kamu memerlukan alat pemotong yang bernama waffle fries cutter. Dengan menekan cutter di atas kentang yang sudah bersih, kamu bisa mendapatkan hasil potongan berpola kotak-kotak ini.

8. Tater Tots

Kentang goreng tater tots terbuat dari serutan kentang kasar. Sebelum masuk ke proses penggorengan, koki biasanya akan mencampurkan bumbu dan tepung ke dalam hasil serutan.

Tater tots biasanya memiliki hasil akhir berbentuk silinder. Kamu bisa menikmatinya sebagai snack saat lapar atau sebagai pelengkap menu makanan lain.

9. Tornado Fries

jajanan tornado fries di korea selatan

Tornado fries adalah kentang goreng yang memiliki jenis potongan kentang spiral dan melingkar. Berbeda dari curly fries, kamu bisa mendapatkannya dengan cara memotong sebuah kentang dengan cara melingkar tanpa putus.

Hasil potongannya kemudian masuk ke penggorengan dengan teknik deep frying. Cara ini kemudian menghasilkan potongan kentang yang tipis, spiral, dan memanjang.

Tornado fries umumnya dapat kamu nikmati sebagai camilan dengan tambahan saus atau taburan rasa.

10. Dice Potato

Jenis potongan kentang yang satu ini umumnya kamu temukan dalam hidangan sup. Berbentuk kubus kecil-kecil, dice potato memang cocok untuk menu-menu yang membutuhkan teknik slow-cooking.

Potongan kentang berbentuk dice berguna untuk mempertahankan teksturnya ketika harus melalui proses memasak yang cukup lama.

Selain dalam sup, kamu juga bisa menemukan jenis potongan kentang ini dalam masakan pelengkap steak seperti crispy diced potatoes.

Kesimpulan

Dari nikmatnya potongan wedges hingga serunya tornado fries, kamu pasti sudah memahami bahwa jenis potongan kentang memberikan pengaruh sendiri pada tekstur dan rasa hidangan.

Next time berkunjung ke Holycow, jangan lupa pesan french fries kami juga, ya!

Leave a comment

All comments are moderated before being published