Home Story Ini Lho, 10 Manfaat Makan Daging Sapi Yang Jarang Orang Tahu

Ini Lho, 10 Manfaat Makan Daging Sapi Yang Jarang Orang Tahu

Hi, Carnivores!

Ada banyak menu olahan daging sapi yang mungkin sudah sering kamu makan, mulai dari steak, rendang, dendeng, semur, sop, hingga sate. Rasanya, hmm, pasti bikin perut kamu mendadak lapar ya carnivores. Hehe

Tapi tahukah kamu, selain rasanya yang enak, daging sapi juga punya banyak manfaat kesehatan, lho.

Menurut penelitian, setidaknya ada 10 manfaat makan daging sapi yang bisa carnivores dapatkan, diantaranya; menguatkan tulang, memperbesar massa otot, menyehatkan kulit, rambut, kuku, dan masih banyak lagi.

Manfaat lain yang mungkin membuat kamu kaget adalah daging sapi bisa menurunkan berat badan lho carnivores. Bisa jadi, selama ini kamu menganggap daging sapi bisa bikin gemuk ya.

Biar nggak penasaran, yuk, simak ulasan kami tentang manfaat daging sapi berikut!

Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi Bagi Kesehatan

1. Menguatkan tulang dan gigi

Buat carnivores yang punya anak-anak dan remaja, olahan daging sapi bisa jadi menu harian yang bagus buat mereka. Manfaat daging sapi untuk remaja dan anak-anak adalah menguatkan tulang dan gigi.

Hal ini karena daging sapi kaya kandungan fosfor yang membantu gigi dan tulang mereka tumbuh sempurna dan kuat.

Tapi nggak cuma anak-anak dan remaja saja yang butuh fosfor ya. Orang dewasa juga memerlukan fosfor untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat, biar nggak mudah rapuh dan patah. Jadi, carnivores mesti mengonsumsi daging sapi juga ya.

2. Meningkatkan massa otot

Carnivores sedang menjalani program fitness, aerobik, atau program membentuk tubuh ideal lainnya?

Jika iya, daging sapi harus menjadi menu utama kamu nih. Sebab, di dalamnya mengandung protein dan asam amino yang cukup tinggi. Kedua zat ini berperan penting dalam pembentukan serat otot, sehingga otot menjadi lebih besar, padat, dan berisi.

Buat para ladies, mengonsumsi makanan kaya protein dan asam amino dapat menjaga massa otot kamu biar bentuk badan tetap proporsional dan kencang, tidak lembek akibat kebanyakan lemak daripada otot.

3. Menyehatkan kulit, rambut, dan kuku

Nggak cuma buat otot, memenuhi kecukupan asam amino dalam tubuh akan membuat kulit dan kuku carnivores lebih sehat, rambut menjadi kuat dan makin berkilau.

Kalau carnivores sering mengalami rambut rontok dan warna kulit tubuh tampak pucat, cobalah untuk lebih sering mengonsumsi daging sapi. Mudah-mudahan, rambut carnivores tidak mudah rontok lagi dan warna kulit menjadi lebih segar.

4. Menjaga berat badan

Mungkin selama ini kamu tidak berani sering-sering makan daging sapi, karena banyak informasi yang mengatakan makanan ini mengandung kolesterol tinggi.

Tapi jangan salah carnivores, di balik kolesterolnya yang tinggi, daging sapi juga mengandung suplemen L-carnitine dan asam linoleat terkonjugasi, lho.

Penelitian menemukan bahwa konsumsi suplemen L-carnitine secara rutin dapat menurunkan berat badan lebih signifikan dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya. Sedangkan asam linoleat terkonjugasi terbukti mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

5. Mengurangi resiko diabetes

Penelitian lain mengungkapkan, bahwa asam linoleat terkonjugasi dan L-carnitine di dalam daging sapi juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit diabetes.

Hal itu karena asam linoleat terkonjugasi bisa meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, sementara suplemen L-carnitine berguna memperbaiki kadar glukosa dalam darah, termasuk keseluruhan profil kolesterol pada pasien diabetes tipe 2.

6. Menambah asupan vitamin dan mineral tubuh

Tak hanya sayur dan buah-buahan saja yang kaya vitamin dan mineral ya carnivores. Daging sapi juga diperkaya vitamin B3, B6, B12, seng, zat besi, selenium, niasin, fosfor, kreatin, glutathione, taurin, dan kolesterol.

Makan daging sapi secara rutin akan menjaga kecukupan vitamin dan mineral dalam tubuh kamu, sehingga carnivores bisa selalu sehat dan bugar.

Jadi, kalau selama ini kamu sudah rutin makan daging sapi, lanjutkan terus ya carnivores!

7. Meningkatkan imunitas

Melansir dari Lemonilo.com, menyebutkan bahwa daging sapi mengandung karnosin 50% lebih banyak dari karnosin pada unggas. Tak hanya pada hewan, zat ini juga tersebar di hampir seluruh jaringan tubuh manusia.

Karnosin merupakan salah satu jenis asam amino yang memiliki sifat anti-glikosilasi, yaitu dapat meminimalisir bahaya dari proses yang disebut glikasi atau suatu proses dalam tubuh yang dapat menimbulkan aterosklerosis dan penyakit kronis.

Tak hanya itu, asam amino ini juga dapat membantu peningkatan daya tahan tubuh carnivores dari serangan berbagai macam penyakit, serta menurunkan resiko peradangan dalam tubuh.

8. Menyehatkan jantung

Daging sapi mengandung asam lemak DHA, Lipid, lemak trans dan vitamin B12. Asam lemak DHA dan Lipid bermanfaat untuk meminimalisir carnivores terkena berbagai macam penyakit berkaitan jantung. Sedangkan lemak trans dan vitamin B12 secara klinis mampu mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular lainnya.

Oleh karena itu, selain rajin berolahraga, carnivores juga bisa memasukkan daging sapi ke dalam menu harian agar jantung kamu menjadi semakin sehat.

9. Meningkatkan kadar oksigen dalam darah

Kandungan zat besi di dalam daging sapi sangat membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin, yaitu sejenis protein yang berfungsi membantu darah mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Kekurangan zat besi akan berdampak pada penurunan kadar oksigen dalam darah, sehingga menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah, lesu, lemas, dan pusing.

10. Mempercepat penyembuhan luka

Melansir dari Halodoc.com, kandungan seng dalam daging sapi sangat bermanfaat untuk membantu tubuh memperbaiki jaringan-jaringan sel yang rusak.

Buat carnivores yang memiliki banyak aktivitas fisik dan sering mengalami cedera atau luka, maka ada baiknya mengonsumsi daging sapi agar cedera yang carnivores alami bisa cepat sembuh.

Begitu juga untuk kamu yang punya anak kecil, membiasakan mereka makan daging sapi bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai cedera yang si kecil alami selama bermain.

Pilih, Olah, dan Konsumsi Dengan Tepat

Manfaat makan daging sapi pada akhirnya hanya sekedar membuat kamu kenyang apabila salah dalam memilih, mengolah dan mengonsumsinya.

Pilihlah potongan daging sapi yang bersih dari lemak dan hindari memasak menggunakan bahan-bahan tidak sehat, sebagaimana yang kami lakukan di Holycow Steak.

Selain itu, konsumsilah dengan porsi yang wajar, tidak berlebihan. Mengonsumsi 70 gram daging sapi perhari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Nikmati sajian steak daging sapi terbaik hanya di Holycow Steak.

Leave a comment

All comments are moderated before being published