Home Story Bagaimana Daging Sapi Membantu Memenuhi Kebutuhan Protein Sesuai Usia

Bagaimana Daging Sapi Membantu Memenuhi Kebutuhan Protein Sesuai Usia

Tahukah kamu bahwa kebutuhan protein harian adalah hal krusial dalam kehidupan sehari-hari? Selain menjadi fuel untuk membentuk otot, protein juga menjadi aspek yang harus ada agar proses dalam tubuh manusia berjalan dengan benar. 

Dari perbaikan sel hingga mengatur metabolisme, protein menjadi sebuah keharusan untuk kesehatan kamu. Mari jelajahi bagaimana memadukan protein yang cukup dalam daily diet kamu, agar tubuh tetap sehat untuk tahun-tahun yang akan datang.

Kebutuhan Protein Harian untuk Semua Usia

Berbagai sumber protein

Sebagai komponen yang penting dan harus ada dalam tubuh, protein memiliki peran dalam banyak hal—mulai dari pertumbuhan dan perbaikan hingga memastikan semua sel berfungsi dengan baik. 

Komponen yang menyusun termasuk asam amino esensial, sehingga membangun dan membentuk otot pasti memerlukan protein. Selain itu, protein berperan penting dalam meningkatkan imunitas serta sumber energi yang baik.

Usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan menjadi faktor penentu yang membedakan kebutuhan harian kita akan protein. Berikut adalah tabel asupan protein ideal sehari-hari yang disarankan.[1] 

Kelompok Usia

Kebutuhan Per Hari

Wanita dewasa

0,75 gram per kilogram berat badan

Pria dewasa

0,84 gram per kilogram berat badan

Ibu hamil dan menyusui, atau lansia di atas 70 tahun

1 gram per kilogram berat badan

Anak-anak

Variatif, sesuai kebutuhan pertumbuhan

Mengonsumsi sumber protein lengkap—daging merah, ayam, ikan, dan dairy products serta biji-biian—membantu mendapatkan semua asam amino penting.

Apa Fungsi Protein dalam Tubuh?

Selain yang telah disebutkan di atas, berikut adalah fungsi protein dalam memastikan tubuh selalu fungsional.

1. Menjaga dan Memperbaiki Kulit dan Tulang

Sumber protein nabati

Kolagen dan keratin merupakan bagian dari protein juga. Keberadaannya menyediakan struktur dan kekuatan untuk kulit, rambut, kuku, dan juga tulang. Kolagen sendiri efektif dalam menjaga kekuatan tulang dan elastisitas kulit.[1] 

2. Berperan sebagai Enzim

Potongan daging sirloin di atas nampan kayu

Protein juga bisa berfungsi sebagai enzim. Enzim ini membantu mempercepat reaksi kimia sehingga pencernaan dan metabolisme dalam tingkat seluler lancar.

3. Memperbaiki Kinerja Hormon

Ragam potongan daging sapi

Beberapa protein memiliki fungsi sebagai hormon, terutama dalam mengirimkan pesan antarsel dan organ. Proses ini krusial agar pertumbuhan serta metabolisme dan reproductive functions berjalan dengan lancar. 

Insulin, misalnya, adalah peran protein sebagai hormon dalam mengatur kadar gula darah.

4. Transportasi dan Penyimpanan

Daging mentah di meja kayu

Hemoglobin merupakan protein yang ada dalam darah. Tentu kita tahu bahwa perannya adalah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, ferritin juga merupakan protein yang fungsinya storing zat besi dalam hati.[2]

5. Menyediakan Antibodi

Daging mentah dan bumbunya

Antibodi tubuh juga merupakan protein, yang fungsinya menangkal free radicals serta patogen. Melakukan diet tinggi protein juga berarti memberikan tubuh cukup pasokan untuk menangkal virus.

6. Menjaga Keseimbangan pH

Ayam fillet dan bumbunya di atas nampan kayu

Keseimbangan asam basa dalam tubuh juga penting, yang mana dilakukan oleh protein dalam darah. Hal ini berpengaruh dalam semua fungsi sel dalam tubuh.

7. Menyembuhkan Luka

Api yang keluar dari arang grill

Dalam proses menyembuhkan luka maupun mengganti jaringan yang rusak, protein menjadi bahan dasar. Maka dari itu, penting untuk memenuhi kebutuhan harian akan protein agar tubuh berfungsi sebagaimana mestinya.

Lebih dari apa pun, fungsi protein tidak terbatas pada kesehatan fisik. Memastikan asupan protein yang cukup merupakan bagian kunci dari diet sehat dan seimbang.

Perbandingan Nutrisi Daging Sapi dan Sumber Protein Lain

Daging mentah di antara sayuran dan bumbu dapur

Bicara soal sumber protein terbaik, daging sapi terbilang sebagai yang utama. Hal ini karena profil asam amino yang lengkap serta tingkat kecernaan yang tinggi sehingga tubuh juga mudah menyerapnya.[3]

Dalam konteks membandingkan dengan sumber protein lain, daging sapi menawarkan lebih banyak iron, zinc, dan vitamin B12. Ini merupakan pilihan ideal untuk mendukung kesehatan, terutama memperkuat imunitas memberikan protein untuk otot.[4] 

Namun, penting untuk mengintegrasikan daging sapi ke dalam pola makan yang seimbang. Untuk melakukannya, kamu bisa mengombinasikan red meat dengan sayuran beraneka warna dan kacang maupun biji-bijian. Ini akan membentuk profil sumber lemak sehat untuk menu makan yang komprehensif.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk memastikan bahwa makanan kaya akan protein yang kamu siapkan ini sesuai dengan kebutuhan individu. Hal ini akan semakin krusial apabila kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Kesimpulan

Daging sapi dan bumbu di atas meja kayu

Memastikan bahwa kebutuhan protein kamu terpenuhi setiap hari adalah hal penting. Tak kalah penting juga untuk menyediakan sumber yang sehat dan berkualitas, untuk mencapai kesehatan jangka panjang.

Daging sapi, dengan profil nutrisi yang kaya, menjadi opsi yang baik untuk membangun dan memelihara otot. Selain itu, keberadaannya memberikan support lengkap untuk imunitas tubuh.

Dapatkan daging sapi berkualitas tinggi di Holycow Meatshop. Tidak hanya segar, kami juga menyediakan daging sapi berkualitas—ada pilihan marbling juga untuk kamu yang tertarik dengan rasa lembut dan juicy. Kunjungi Holycow hari ini dan penuhi kebutuhan protein harian kamu dengan sumber protein terbaik.

Leave a comment

All comments are moderated before being published