Home Story Kaya Protein, Ini 7 Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

Kaya Protein, Ini 7 Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

Daging sapi jadi salah satu bahan makanan favorit masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak resep legendaris tanah air lahir dari daging sapi, mulai dari rendang, sate, empal, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, manfaat daging sapi pun beragam.

Melansir informasi WebMD[1], daging sapi termasuk daging merah yang kaya akan protein dan nutrien bermanfaat lainnya. Tak heran, para pakar kesehatan sangat merekomendasikan konsumsi daging sapi. Simak kandungan dan manfaat daging sapi untuk kesehatan berikut ini!

7 Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

Mengutip penjelasan Healthline[2], dalam setiap 100 gram daging sapi terkandung 217 kalori, 26,1 gram protein, sekaligus 11,8 gram lemak. Kandungan daging sapi yang tinggi protein ini tentu punya banyak manfaat untuk tubuh manusia. Apa saja?

Simak daftar manfaat dari daging sapi berikut ini!

1. Menjaga Kesehatan Sel Darah

Manfaat daging sapi bagi manusia yang pertama adalah dapat membantu menjaga kesehatan sel darah. Pasalnya, daging sapi merupakan sumber zat besi yang mantap. Apa hubungannya?

Zat besi punya peran penting untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin dapat membantu peredaran oksigen di dalam sistem peredaran darah. Nah, jika kadar zat besi dalam darah terlampau minim, ada risiko seseorang bisa terjangkit anemia.

Maka dari itu, salah satu cara terbaik untuk mengontrol kadar zat besi dalam tubuh sekaligus menghindari penyakit adalah dengan mengonsumsi daging sapi. 

2. Menjaga Kekuatan Otot

Otot tubuh manusia perlu dijaga kekuatannya supaya aktivitas sehari-hari dapat berjalan normal. Salah satu nutrien yang penting untuk kekuatan otot adalah protein. 

Protein dapat membantu membangun kembali jaringan otot yang aus secara alamiah tiap harinya. Nah, manfaat makan daging sapi selanjutnya adalah untuk membantu proses penguatan otot karena kandungan protein yang kaya.

3. Meningkatkan Kinerja Saat Olahraga

Masih dalam hal menjaga fungsi otot, ada satu nutrien di dalam daging sapi yang juga bermanfaat, yakni carnosine. Carnosine dapat membantu kinerja saat olahraga sekaligus meminimalisir kelelahan.

Tak hanya itu, carnosine juga bisa menambah stamina sehingga dapat menambah durasi saat olahraga. Dengan begitu, aktivitas olahraga akan jadi makin maksimal dengan konsumsi rutin daging sapi.

4. Menjaga Imunitas Tubuh

Di dalam daging sapi, terdapat kandungan zinc yang bermanfaat bagi tubuh. Zinc berperan dalam proses pemulihan jaringan tubuh yang rusak sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengkonsumsi yang diolah dengan benar secara rutin, imunitas tubuh pun dapat terjaga sehingga kamu tak mudah jatuh sakit.

5. Membuat Rambut Tetap Sehat

Rambut yang sehat dan kuat adalah impian banyak orang. Untuk memiliki rambut sehat impian, mengkonsumsi daging sapi adalah salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan. Mengapa?

Ternyata, protein yang terkandung di dalam daging sapi bisa membantu memperbaiki, menumbuhkan, dan menyuburkan folikel rambut. Jika kamu memiliki folikel rambut yang sehat, otomatis tampilan rambut pun akan turut cemerlang.

Sebaliknya, jika kamu kekurangan protein, kamu berpotensi mengalami kerontokan rambut. Maka dari itu, konsumsi daging sapi disarankan untuk menjaga kesehatan rambut.

6. Menghindari Lemas Saat Menstruasi

Sebagian besar wanita pernah merasakan lemas di kala sedang menstruasi. Pasalnya, saat sedang menstruasi, kadar zat besi di dalam tubuh pun turut berkurang.

Nah, sebagai salah satu sumber zat besi yang kaya, daging sapi dapat dijadikan pilihan untuk membantu meningkatkan kadar zat besi pada tubuh untuk menggantikan zat besi yang hilang saat menstruasi.

7. Menjaga Kesehatan Tubuh Secara General

Selain kaya akan protein, daging sapi juga punya kandungan vitamin yang bermanfaat, mulai dari vitamin B12, B3, B6, B2, B5, E, hingga K. sederet vitamin tersebut punya signifikansi masing-masing untuk kesehatan tubuh.

Misalnya, vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, menjaga mood, meningkatkan kualitas tidur, serta regenerasi saraf. Kurangnya kadar B12 di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko depresi dan masalah mental lainnya.

Maka dari itu, jika kamu ingin menjaga kesehatan tubuh secara general, konsumsi daging sapi rutin adalah alternatif yang bagus.

Konsumsi Rutin Daging Sapi dengan Menu Lezat Ini

Berdasarkan penjelasan di atas, tertera jelas bahwa manfaat daging sapi untuk tubuh sungguh beragam. Maka dari itu, tak heran jika pakar kesehatan merekomendasikan konsumsi daging sapi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Masalahnya, tak semua orang punya waktu untuk mengolah daging sapi hingga menjadi menu masakan yang menggugah selera. Namun, tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba variasi menu olahan daging sapi di Steak Hotel by Holycow.

Mulai dari Wagyu Steak, Holycow’s Signature Steak, hingga Japanese Steak, Steak Hotel by Holycow menawarkan variasi menu yang beragam dengan jaminan harga relatif terjangkau dan citarasa yang lezat.

Rasakan manfaat daging sapi secara maksimal dengan mencoba menu steak dari Steak Hotel by Holycow sekarang juga!

Leave a comment

All comments are moderated before being published