Home Story 5 Makanan Western Populer di Indonesia, Pas di Lidah!

5 Makanan Western Populer di Indonesia, Pas di Lidah!

Kuliner makanan western di Indonesia membuat banyak orang jatuh hati. Pasalnya, kebanyakan citarasa western food yang masuk ke Indonesia dapat diterima oleh lidah mayoritas warga sekitar. Apa saja daftar makanan western yang populer di Indonesia? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Pada dasarnya, western food adalah jenis makanan yang mendapat pengaruh besar dari makanan Prancis[1]. Seiring waktu, makanan western juga mulai mendapat pengaruh dari makanan-makanan dari negara Eropa, seperti Spanyol dan Italia. 

Lambat laun, western food mulai memiliki ciri khas dan cita rasanya sendiri yang kemudian tersebar ke banyak belahan dunia, salah satunya di Indonesia.

Makanan western adalah salah satu opsi menarik untuk kamu yang ingin menambahkan variasi pada menu makanan sehari-hari. Berbeda dengan kuliner lokal nusantara, western food memiliki kelezatannya sendiri.

Jadi, makanan western apa saja yang populer dan recommended untuk dicoba? Nah, berikut ini adalah beberapa menu yang bisa kamu jadikan inspirasi. Check it out!

1. Risotto

sepiring risotto yang siap disantap

Hidangan khas Italia ini berwujud nasi yang ditanak dengan air kaldu. Kamu bisa menggunakan kaldu apa saja, termasuk sayuran, daging, maupun ikan.

Pada variasi lain, risotto juga cukup umum tersaji dengan tambahan white wine, bawang bombay, serta mentega untuk menambah rasa dan tekstur. Kemudian, jamur juga sering menjadi topping.

Rasanya? Secara keseluruhan, risotto memiliki rasa creamy dan tekstur yang agak lengket.

2. Croisant

2 buah croissant di atas tatakan

Bergeser ke dunia pastry, salah satu olahan puff pastry paling populer di Indonesia adalah croissant. Croissant adalah kudapan manis asal Prancis yang berhasil membuat banyak orang Indonesia ketagihan.

Rasa manis dan buttery dari menu ini berasal dari komposisi intinya yang berisi mentega dan gula.

Konon, croissant yang enak adalah yang baru saja matang dan hangat, karena teksturnya masih renyah dan rasanya kuat.

3. Mac and Cheese

semangkuk mac and cheese yang lezat

Saking populernya di Indonesia, versi instan dari menu yang berasal dari Inggris ini relatif gampang kamu temukan di pasaran. Tak heran jika mac and cheese termasuk menu makanan western yang simple untuk kamu buat sendiri di rumah.

Sesuai namanya, bahan utama dari menu ini adalah makaroni dan keju. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sosis, ham, atau bahkan sayur untuk menambah variasi tekstur dan rasa.

4. Chiffon Cake

chiffon cake

Tahukah kamu bahwa kue sifon berasal dari Los Angeles, California? Ternyata, kue ini telah tercipta sejak tahun 1927 oleh Harry Baker, seorang agen asuransi asal LA yang akhirnya menjadi tukang roti.

Chiffon cake memiliki tekstur yang ringan nan empuk, cocok untuk teman minum teh sore hari. Rasa chiffon cake asli adalah buttery namun tak terlalu manis.

Setelah masuk ke Indonesia, makanan western yang mudah dibuat ini menjadi populer hingga banyak yang membuat kreasi baru dengan menambahkan rasa lokal, misalnya rasa pandan dan keju.

5. Steak

steak hotel by holycow

Olahan daging sapi yang satu ini sudah terkenal seantero dunia, termasuk di Indonesia. Steak merupakan potongan daging sapi berlemak yang melalui proses pengolahan dengan level kematangan tertentu

Hasilnya? Tentu saja menggugah selera! Daging yang lembut dan juicy dengan rasa yang kaya dan pastinya bikin kenyang tapi nagih.

Nah, hidangan ini termasuk populer di Indonesia sehingga relatif mudah kamu temukan di mana-mana. Selain itu, kamu pun bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah.

Namun, jika kamu mencari hidangan steak yang dimasak oleh chef profesional dengan rasa autentik dan halal, kami punya rekomendasi restoran buatmu: Steak Hotel by Holycow!

Itulah 5 makanan western yang populer dan pas di mayoritas lidah masyarakat Indonesia, kamu bisa juga loh buat sendiri atau membeli makanan tersebut. 

Leave a comment

All comments are moderated before being published