Home Story Berbagai Tips dan Cara Merebus Daging Sapi Biar Empuk!

Berbagai Tips dan Cara Merebus Daging Sapi Biar Empuk!

Dalam membuat olahan dari daging sapi, salah satu tantangan yang paling sulit adalah pada saat merebus daging sapi agar terasa empuk. Jika kamu menerapkan cara merebus yang salah, bisa saja daging saping yang akan kamu olah malah alot dan berbau. Oleh karena itu, berikut kami berikan tips dan cara merebus daging sapi biar empuk!

Tentunya sebelum kamu memasak daging apapun akan lebih baik jika daging tersebut kamu rebus. Selain membuat tekstur daging menjadi lebih empuk dan lembut saat dimakan, merebus daging terutama daging sapi juga dapat menjaga kualitas daging agar tetap higienis.

Nah, untuk kamu yang mau merebus daging sapi di rumah, berikut kami berikan cara merebus daging sapi biar cepat empuk dan tidak bau!

Rebus Dengan Panci Presto

Cara merebus daging supaya tidak alot yang pertama adalah dengan menggunakan panci presto. Nah, untuk kamu yang memiliki alat presto di rumah, maka kamu dapat menggunakannya dengan cara berikut ini.

1. Siapkan Daging Sapi

Pertama, pastikan kamu sudah menyiapkan daging sapi yang akan kamu gunakan. Pilih bagian yang akan kamu olah lalu potong sesuai dengan kebutuhan. Setelahnya, cuci hingga bersih agar daging sapi tetap higienis.

2. Siapkan Air

Selanjutnya, tambahkan air dan juga bumbu-bumbu yang diperlukan (seperti garam, perasan jeruk lemon, atau bumbu penyedap lainnya) ke dalam panci presto. Pastikan kamu menggunakan air yang cukup, sehingga nantinya panci presto tidak akan mengering. Jika sudah, masukkan daging sapi yang telah kamu siapkan tadi.

3. Cek Tutup Panci

Setelah memasukkan daging, kemudian tutup panci presto. Langkah ini harus kamu lakukan dengan baik dan benar, sehingga hasil rebusan akan maksimal. Setelahnya, rebus daging sapi sampai terdengar bunyi desisan dari arah panci.

4. Matikan Kompor Perlahan

Jika sudah terdengar bunyi desisan, maka kamu dapat menurunkan besar atau suhu api kompor dengan perlahan. Selanjutnya, tunggu beberapa menit hingga uap di dalam presto berkurang. Daging sapi pun siap untuk kamu olah dan tentunya dengan tekstur empuk dan lembut!

Rebus Tanpa Presto

Untuk kamu yang tidak punya alat presto di rumah, maka tenang saja. Berikut kami berikan cara merebus daging agar cepat empuk tanpa presto!

1. Rebusan Pertama (5 Menit)

Langkah pertamanya adalah dengan merebus daging sapi selama 5 menit.

Saat akan merebus daging sapi yang akan kamu olah, kamu tidak perlu mencucinya. Yang harus kamu lakukan pertama adalah mendidihkan air di panci (sesuai dengan kebutuhan). Kemudian, rebus daging sampai warna daging sapinya berubah. Setelahnya, angkat lalu tiriskan. Jangan lupa untuk membuat air rebusan pertama tadi.

Selanjutnya, didihkan air secukupnya dan masukkan daging sapi. Kali ini, tunggu sekitar 5 menit baru matikan api kompor.

2. Diamkan Daging Sapi Selama 30 Menit

Langkah selanjutnya adalah dengan mendiamkan daging sapi yang kamu rebus tadi di dalam air rebusan. Pastikan panci yang kamu gunakan sudah tertutup dengan rapat.

Nah, selama kamu mendiamkan daging sapinya, kamu tidak boleh membuka tutup pancinya, ya! Sehingga, daging sapi dapat empuk dan lembut.

3. Rebusan Ketiga (7 Menit)

Yang terakhir adalah merebus daging sapi selama 7 menit.

Setelah daging sapi kamu diamkan selama 30 menit, maka selanjutnya kamu boleh menyalakan api kompor dan merebus daging sapi selama 7 menit dengan air yang sama. Jika sudah, maka matikan api kompor. Tunggulah beberapa saat, baru buka tutup panci. Daging sapi pun menjadi empuk dan tidak bau!

Nah, jika kamu sudah mengerti cara merebus daging sapi agar tidak bau dan alot, maka selanjutnya kami berikan tips dalam merebus daging sapi!

Tips Merebus Daging Sapi

Di bawah ini adalah tips jitu yang dapat membuat daging sapi yang akan kamu olah menjadi lebih empuk!

1. Jangan Rebus Terlalu Lama

Pertama, kamu tidak boleh merebus daging sapi terlalu lama. Kamu dapat menerapkan metode pertama, yakni merebus dengan waktu 5-30-7. Merebus daging sapi terlalu lama akan membuat tekstur daging sapi buruk dan nutrisi yang terkandung di dalamnya berkurang.

2. Jangan Sering-sering Membuka Tutup Panci

Selanjutnya, saat merebus daging sapi, usahakan untuk membiarkan panci tertutup dengan rapat. Hal ini akan mempercepat daging sapi menjadi lebih empuk dengan bantuan uap dari air.

3. Tambahkan Garam Saat Merebus

Tips terakhir adalah dengan menambahkan garam di permukaan daging sapi sebelum kamu merebusnya. Hal ini karena garam akan membantu dalam menghancurkan kandungan protein di dalam daging sapi saat merebusnya. Tenang saja, kandungan proteinnya hanya dihancurkan dan tidak dihilangkan, kok!

Nah, demikianlah tips dan cara merebus daging sapi biar cepat empuk! Tentunya cara-cara di atas telah banyak diterapkan oleh restoran atau rumah makan dengan hidangan utama daging sapi. Selamat mencoba di rumah!

Leave a comment

All comments are moderated before being published