Home Story Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing Serta Kualitasnya!

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing Serta Kualitasnya!

Kamu mungkin mengalami kesulitan saat harus membedakan daging sapi dan daging kambing. Selain karena warnanya yang hampir sama, tekstur dan bentuk kedua daging ini pun acap kali sama. Oleh karena itu, berikut kami berikan cara membedakan daging sapi dan kambing beserta kualitasnya!

1. Bedakan Dari Warna

Hal pertama yang dapat kamu perhatikan saat membedakan daging sapi dan daging kambing adalah dari warnanya.

Jika kamu perhatikan dengan baik, ternyata perbedaan daging sapi dan kambing dari warna yang dimiliki ternyata cukup mencolok.

Untuk daging sapi biasanya memiliki warna yang cenderung lebih pucat. Selain itu, jika daging sapi terpapar suhu ruangan cukup lama, maka warna dagingnya akan berubah menjadi kecoklatan

Sedangkan, untuk daging kambing, warna yang dimiliki cenderung merah cerah. Selanjutnya, jika daging kambing ada di dalam suhu ruangan dengan waktu cukup lama, maka warna dagingnya akan berubah menjadi warna keunguan, bukan coklat seperti daging sapi.

Oleh karena itu, untuk membedakan daging sapi dan kambing dari warnanya, kamu harus memperhatikannya dengan sangat teliti.

2. Bedakan Dari Aroma

Berikutnya, cara yang dapat kamu terapkan untuk membedakan daging sapi dan daging kambing adalah dengan mencium aromanya.

Salah satu ciri-ciri daging kambing yang paling umum orang ketahui adalah aromanya. Daging kambing cenderung memiliki aroma yang kuat dan khas. Atau, banyak orang sebut sebagai bau prengus. 

Selain itu, aroma daging kambing juga susah untuk kamu hilangkan dari perabotan yang kamu gunakan untuk mengolahnya. Butuh waktu mencuci yang cukup lama jika kamu ingin benar-benar menghilangkan bau prengus daging kambing.

Sedangkan, jika kamu bandingkan dengan daging sapi, aroma yang dimiliki tidak terlalu amis dan mencolok. Selain itu, daging sapi juga lebih mudah untuk kamu hilangkan aromanya di perabotan yang kamu gunakan untuk mengolahnya.

3. Lihat Dari Serat dan Tekstur

Cara jitu lainnya yang dapat kamu gunakan untuk membedakan daging sapi dan kambing adalah dengan memperhatikan serat dan teksturnya.

Ciri-ciri daging sapi salah satunya adalah seratnya yang cenderung halus, berukuran kecil, dan agak renggang. Sedangkan, untuk tekstur, daging sapi akan terasa kenyal dan halus jika kamu pegang.

Berbeda dengan daging sapi, daging kambing cenderung memiliki serat yang lebih tebal. Selain itu, tekstur daging kambing akan terasa lebih kasar dan lembut saat kamu pegang.

Cara yang satu ini merupakan cara paling efektif untuk membedakan daging sapi dan kambing.

4. Perhatikan Lemaknya

Selanjutnya, cara lain untuk membedakan daging sapi dan kambing adalah dengan memperhatikan lemak yang ada di dagingnya.

Untuk daging sapi, garis-garis putih lemak yang ada pada permukaan dagingnya cenderung panjang dan mudah untuk kamu lihat. 

Sedangkan, untuk daging kambing, garis-garis putih lemaknya kurang terlihat. Hal ini karena daging kambing cenderung memiliki lemak yang berkumpul di satu titik saja dan tidak menyebar seperti daging sapi.

5. Rasa Daging Setelah Dimasak

Yang terakhir, cara untuk membedakan daging sapi dan kambing tentunya dengan merasakan dagingnya setelah kamu masak.

Walaupun serupa terlihat sama, ternyata rasa daging sapi dan daging kambing memiliki banyak perbedaan, lho!

Untuk rasa daging kambing, setelah kamu olah dan masak, rasa alot dari dagingnya masih akan terasa di mulut. Selain itu, bau prengus dari daging kambing pun masih tersisa walau sedikit.

Berbeda dengan daging kambing, daging sapi yang telah kamu olah dengan baik dan benar akan memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, tidak akan ada aroma amis yang tersisa.

Selanjutnya, jika kamu sudah mengetahui cara untuk membedakan daging sapi dan daging kambing, maka berikutnya akan kami berikan tips untuk mengetahui kualitas daging sapi dan kambing yang baik dan buruk!

Tips Untuk Mengetahui Kualitas Daging Sapi dan Kambing

Berikut adalah tips yang dapat kamu terapkan untuk mengetahui kualitas daging sapi dan kambing!

1. Perhatikan warna daging yang akan kamu beli. Jangan membeli daging yang warnanya sudah coklat pekat (untuk daging sapi) atau ungu kehitaman (untuk daging kambing). Daging dengan warna demikian biasanya sudah terpapar di luar lemari pendingin dalam waktu yang cukup lama.

2. Pastikan daging yang akan kamu pilih tidak mengeluarkan bau asam. Karena, daging dengan bau asam adalah daging yang sudah basi.

3. Jangan membeli daging yang berair. Air-air merah dari daging adalah "sari" yang ada di dalamnya. Air ini hanya akan keluar jika penyimpanan daging tidak dilakukan dengan benar.

Nah, demikianlah cara membedakan daging sapi dan kambing sekaligus tips untuk mengetahui kualitasnya! Saat ini, di Indonesia sudah ada banyak gerai yang menjual daging sapi atau kambing dengan kualitas yang terpercaya.

Leave a comment

All comments are moderated before being published