Home Story 6 Cara Marinasi Daging Sapi yang Empuk, Enak, & Menyehatkan

6 Cara Marinasi Daging Sapi yang Empuk, Enak, & Menyehatkan

Sejak ratusan tahun lalu, masyarakat dunia sudah mengenal marinasi sebagai salah satu langkah penting dalam mengolah daging. Carnivores mesti tahu, dengan melakukan marinasi daging sapi yang benar dapat membantu mendapatkan hal-hal berikut:

  • Melunakkan tekstur protein pada daging (bikin empuk).
  • Memberikan cita rasa yang kuat dan meresap
  • Menambah kelembaban pada daging.
  • Untuk teknik panggang, dapat mengurangi produksi senyawa penyebab kanker yang bisa muncul karena suhu memasak yang terlalu tinggi.

Jadi, bagaimana cara marinasi daging yang empuk, bikin enak, sekaligus sehat? Silahkan ikuti tips berikut ini.

1. Gunakan Bumbu yang Tepat

bumbu untuk marinasi daging

Di dunia, ada berbagai variasi campuran bumbu marinasi. Garam menjadi salah satu bumbu paling umum yang hampir pasti ada dalam berbagai teknik marinasi.

Ketika kamu melumuri daging dengan garam, struktur protein dalam daging membuka celah kecil yang mengeluarkan cairan. Cairan ini akan meresap kembali ke dalam celah tersebut bersama bumbu-bumbu marinasi yang kamu tambahkan. Oh ya, selain garam, kecap asin bisa jadi alternatif.

Selain garam, kamu juga bisa tambahkan bumbu marinasi daging lain untuk memberi efek rasa dan aroma.  Bahan-bahan umumnya antara lain minyak, lada bubuk, gula, madu, bawang putih, wijen, saus tiram, dan sebagainya.

2. Sayat Daging agar Bumbu Meresap

daging sapi sedang dimarinasi dengan garam

Untuk memberi celah yang semakin besar, kamu juga bisa memberikan sayatan-sayatan tipis pada beberapa bagian daging. Cara ini membantu bumbu agar meresap lebih mudah. Terutama, jika kamu ingin bikin steak.

Poin ini tak berlaku jika yang kamu cari adalah cara marinasi daging slice. Potongan daging yang tipis sudah otomatis memudahkan bumbu rata sekaligus meresap. Logis kan?

3. Lumuri Daging dengan Bumbu Secara Merata

Untuk setengah hingga 1 kilogram daging, kamu perlu menyiapkan setidaknya setengah cangkir bumbu marinasi (bisa lebih banyak). Untuk mendapatkan hasil sempurna, kamu perlu memastikan setiap bagian daging terkena lumuran bumbu.

Kalau kamu menggunakan plastik untuk membungkus daging yang sudah dimarinasi, pastikan bahannya memang aman. Salah satu bahan plastik makanan yang terkenal aman untuk makanan adalah plastik zipper berbahan PE (Polietilena).

4. Simpan Daging di Lemari Es

daging sapi berada di atas es batu yang siap untuk di marinasi

Butuh waktu paling cepat 30 menit untuk menunggu bumbu marinasi meresap sempurna ke dalam daging. Dalam rentang waktu tersebut, hal yang riskan jika kamu membiarkannya berada di dapur atau tempat terbuka lain karena membuka peluang bakteri berkembang.

Jadi, simpanlah daging di lemari es dengan suhu di bawah 5 derajat celcius. FYI, bakteri dapat ruang untuk berkembang di suhu 5 hingga 40 derajat celcius.

Jangan lupa untuk menaruh piring atau baki di bawah daging, untuk mencegah kebocoran pada daging yang sudah kamu bungkus dengan plastik.

5. Dinginkan Dalam Waktu yang Cukup

Berapa lama marinasi daging sapi yang paling pas? Sebenarnya, lamanya relatif. Tergantung jenis potongan daging yang kamu gunakan.

Untuk jenis potongan sudah aslinya memang bertekstur empuk seperti tenderloin atau sirloin, waktu 30 menit sudah cukup. Namun untuk potongan yang keras, kamu perlu waktu 3 sampai maksimal 24 jam. Jangan biarkan terlalu lama juga, karena berpotensi membuat daging terlalu lembek dan teksturnya malah rusak.

6. Eksekusi Daging dengan Tepat

Rangkaian proses marinasi di atas, bisa menjadi sia-sia jika kamu tak mengolah daging dengan tepat.

Saat memasak, kamu perlu tahu karakter potongan yang digunakan, teknik memasak paling cocok, sekaligus suhu terbaik ketika memasaknya.

Kesempurnaan marinasi yang berpadu dengan ketepatan eksekusi, akan menghasilkan daging sapi yang benar-benar lezat.

Demikian beberapa tips marinasi daging sapi agar bumbu meresap dengan sempurna. Meskipun sebenarnya mudah, marinasi bisa jadi sesuatu yang tidak sederhana jika kamu baru pertama kali mengolah daging sapi. Namun jika kamu mengaplikasikan step by step di atas dengan benar, kami yakin kamu akan berhasil.

Leave a comment

All comments are moderated before being published