Home Story Apa Itu Daging Wagyu? Ini 7 Fakta Menarik Tentang Wagyu

Apa Itu Daging Wagyu? Ini 7 Fakta Menarik Tentang Wagyu

Untuk yang sudah akrab dengan kuliner steak, istilah wagyu pasti sudah tidak asing lagi. Namun bagi kamu yang baru-baru ini tertarik mencoba kelezatan steak, tentunya wagyu agak asing di telingamu. Kamu pasti bertanya-tanya, “Apa itu daging wagyu? daging steak macam apa itu? Adakah bedanya dengan steak lain?”

Agar kamu tak lagi menyimpan rasa penasaran, sekarang mari kita kupas berbagai fakta menarik seputar wagyu. Oke?

1. Wagyu Adalah Daging Sapi Asal Jepang

seorang pria sedang duduk di salah satu restoran jepang

Wagyu itu daging apa sih? Wagyu merupakan kata dalam bahasa Jepang yang memiliki makna wa (Jepang) dan gyu (daging sapi). Jadi, ini adalah daging sapi.

Meskipun memiliki arti demikian, itu tak berarti bahwa semua daging sapi yang ada di Jepang termasuk dalam wagyu. Faktanya, istilah wagyu ini merujuk pada potongan daging dari berbagai ras sapi terbaik di Jepang.

Tak heran, jika kamu punya kesempatan jalan-jalan dan makan di resto yang ada di Jepang, kamu akan temukan fakta bahwa wagyu itu tergolong makanan mewah.

2. Berasal Dari Ras Sapi Unggulan Jepang

Dari sekian banyak jenis sapi yang ada di negeri sakura, ada empat ras yang dikembangbiakan untuk memproduksi wagyu. Jadi, kalau kamu bertanya daging wagyu dari hewan apa, maka jawabannya adalah keempat ras sapi Jepang berikut:

  • Black
  • Brown
  • Polled
  • Shorthorn
  • Meskipun demikian, secara genetis berbagai sapi untuk wagyu sebenarnya mendapatkan pengaruh juga dari sapi Eropa. Pengembangbiakan antara sapi Jepang dan Eropa ini mulai berkembang pada akhir abad 19 hingga awal abad ke-20.

    3. Sapi Wagyu Dipelihara dengan Teknik Khas

    padang-rumput-peternakan-yang-luas

    Banyak yang bilang, wagyu tergolong steak paling enak. Namun kamu perlu tahu, di balik rasa tersebut, ada proses produksi yang sangat serius. Beberapa perlakuan khusus terhadap sapi peternak lakukan untuk mendapatkan daging terbaik, antara lain:

    • Memberikan pijatan yang enak kepada sapi
    • Makanan sapi wagyu memiliki nutrisi yang terjamin
    • Lokasi peternakan jauh dari tempat yang memberi potensi stres pada sapi
    • Memberikan pencahayaan yang baik dan musik untuk mengatur mood sapi

    Bagaimana, luar biasa bukan? Bahkan, perlakuan peternak terhadap wagyu ini bisa jadi sama istimewanya dengan perlakukan orang tua terhadap anaknya sendiri.

    4. Wujud Dagingnya Memiliki Ciri Khas

    wagyu sirloin holycow

    Ketika telah mengalami proses pemotongan dan tersaji sebagai steak siap olah, kamu akan menemukan wujud yang khas pada wagyu. Umumnya, potongan daging memiliki corak marmer abstrak yang menggugah selera.

    Untuk menjaga keaslian dari wagyu, pemerintah Jepang menetapkan aturan yang cukup ketat. Termasuk, mereka juga menguji keotentikan wagyu yang warganya produksi.

    5. Memiliki Cita Rasa yang Lezat

    Dengan proses yang tak main-main, cita rasa yang wagyu hasilkan juga jelas lezat bukan main. 

    Selain gurih, wagyu juga punya efek manis yang khas. Bahkan ketika kamu santap, kamu bisa dapatkan sensasi dagingnya yang meleleh di mulut. Hal itu karena wagyu punya titik leleh yang lebih rendah ketimbang daging sapi lainnya.

    Menariknya lagi, rasa yang lezat ini mendapat dukungan dari teksturnya yang lebih lembut dari keumuman steak lain.

    Namun tingkat kelezatannya ini juga sangat tergantung dari grade wagyu yang kamu makan. Faktanya, di pasaran daging lezat yang ini punya berbagai level kualitas dengan harga yang juga berbeda-beda.

    6. Kandungan Gizi yang Tinggi

    Selain rasa, Carnivores juga harus mempertimbangkan gizi. Asam lemak omega 3 dan 6 adalah di antara keunggulan nutrisi pada wagyu. Walaupun daging sapi lain umumnya juga memilikinya, tapi kadar yang terdapat pada wagyu lebih besar.

    Bukan hanya itu, daging ini juga memiliki asam lemak tak jenuh yang menyehatkan tubuh, zat besi, serta natrium. Untuk protein, tentu tak perlu ditanya. Sebagaimana daging-daging lainnya, wagyu mengandung protein yang juga besar. 

    7. Harganya Relatif Lebih Mahal

    Dengan segala keunggulannya, kamu tak perlu heran jika menemukan banderol wagyu relatif lebih mahal ketimbang daging sapi lain. 

    Jika per 1 kilogram daging di pasar umumnya punya harga sekitar Rp100.000, maka wagyu bisa Rp400.000-800.000. Tergantung dari grade yang kamu beli.

    Tapi kamu perlu ingat, bahwa di balik harga tersebut, ada proses yang panjang, rasa yang lezat, serta kandungan gizi yang tinggi. Jadi, kalau boleh jujur, harga yang beredar di pasaran cukup wajar dan wagyu worth it untuk kamu beli.

    Makan Wagyu Enak di Steak Hotel by Holycow!

    Bagaimana, kamu penasaran ingin menyantap wagyu? Kamu bisa mulai hunting di berbagai toko daging sapi di sekitar tempat tinggalmu atau di internet. Namun, kamu perlu hati-hati agar tidak mendapatkan wagyu abal-abal.

    Jika kamu takut dan tak mau ambil resiko, kamu bisa beli wagyu di Steak Hotel by Holycow. Kami pastikan bahwa wagyu yang kami jual berkualitas premium dengan harga yang terjangkau. Jadi, setelah kamu tahu apa itu daging wagyu, kamu bisa langsung menikmati kelezatannya secara maksimum!

    Leave a comment

    All comments are moderated before being published