Home Story Jenis Daging Wagyu Berdasarkan Grade, Ras, dan Potongan

Jenis Daging Wagyu Berdasarkan Grade, Ras, dan Potongan

Bagi kamu yang sedang berburu wagyu, kamu mungkin terheran-heran karena di pasaran ada berbagai istilah yang menunjukan jenis daging wagyu. Karena itu, bukan tak mungkin kamu malah menemui kebingungan tatkala hendak membelinya.

Faktanya, masing-masing jenis memiliki maknanya tersendiri. Kamu perlu tahu ini agar bisa mendapatkan wagyu yang lebih sesuai dengan keinginanmu.

Jenis Daging Wagyu Berdasarkan Grade

Di Jepang, ada lembaga bernama Japanese Meat Grading Association yang bertugas menetapkan standar kualitas wagyu. Dalam melakukan penilaian, ada dua simbol yang digunakan, yakni huruf (A,B, C), serta angka (1,2,3,4,5).

Simbol huruf menunjukan kadar sedikit atau banyaknya daging berkualitas dalam satu potongan daging. Makna angkanya adalah sebagai berikut:

  • A: paling bagus, sapi dengan darah keturunan murni wagyu
  • B: menengah, biasanya merupakan hasil blasteran
  • C: kualitas paling rendah, berasal dari daging sapi angus atau whole stain

Sedangkan simbol angka, menunjukan seberapa bagus tampilan (look) dari wagyu. Penilaiannya meliputi warna daging, warna lemak, kehalusan tekstur, level ketegasannya, dan marbling daging.

Adapun 1 sampai 5 adalah angka yang menjadi acuan penilaian. Semakin tinggi angkanya, maka semakin bagus kualitasnya.

ranking wagyu berdasarkan grade

Kalau mengacu pada chart di atas, untuk menjawab pertanyaan berapa jenis daging wagyu, maka secara total ada 15 grade.

Dengan ini, di pasaran kamu akan menemukan istilah wagyu A3, A4, A5, dan sebagainya. Maka, kalau kamu bertanya kenapa daging wagyu A5 mahal, jawabannya karena secara grade ini adalah yang paling tinggi levelnya.

Jenis Daging Wagyu Berdasarkan Ras

Selain berdasarkan sistem grading, pengelompokan wagyu juga bisa mengacu pada ras atau keturunan sapi yang memproduksi wagyu. Masing-masing, punya karakteristik dagingnya tersendiri. Di Jepang, pengembangbiakan setiap ras juga umumnya dilakukan di tempat (prefektur) yang berbeda.

Setidaknya, ada empat jenis daging sapi wagyu berdasarkan rasnya di Jepang, antara lain:

1. Kuroge Washu (Japanese Black)

japanese black cow

Jenis ras ini mendominasi pasar, karena 90% penjualan wagyu adalah dari ras kuroge. Faktanya, daging sapi ini punya tekstur yang sangat empuk dengan lemak yang enak dan dapat meleleh di dalam mulut.

Karena itu, sapi hitam Jepang ini pengembangbiakannya dapat kamu temukan di seluruh wilayah di Jepang.

2. Akage Washu (Japanese Brown)

japanese brown cow

Meski sapinya berwarna coklat, akage populer juga dengan sebutan red wagyu. Secara tekstur, wagyu akage memang cenderung keras. Namun, ini dapat tertutupi oleh rasanya yang nikmat.

Ada lima wilayah yang menjadi tempat pemeliharan akage, yakni Hokkaido, Miyagi, Akita, Shizuoka, serta Kumamoto.

3. Nihon Tankaku Washu (Japanese Shorthorn)

japanese shorthorn cow

Sapi berwarna merah kecoklatan dengan tanduk gagah ini biasanya punya ukuran lebih besar ketimbang sapi wagyu lainnya. Dagingnya punya karakter tak mengandung lemak dan punya tekstur lebih kenyal.

Hanya ada satu daerah yang menjadi tempat nihon tankaku berkembang biak, yakni Tohoku Utara.

4. Mukaku Washu (Japanese Poll)

japanese poll cow

Sapi dengan yang menghasilkan rasa nikmat dan tekstur yang juga kenyal ini merupakan hasil persilangan antara sapi Jepang dengan sapi Skotlandia. Selain tidak bertanduk, mukaku juga secara ukuran lebih kecil serta pendek. Di Jepang, peternakan mukaku washu dapat kamu temukan di daerah Yamaguchi.

Jenis Daging Wagyu Berdasarkan Potongan

Satu lagi klasifikasi jenis daging steak wagyu yang perlu kamu tahu adalah berdasarkan potongannya. Layaknya steak pada umumnya, wagyu yang beredar di pasaran juga memiliki berbagai potongan berdasarkan bagian yang diambil saat produksinya.

Beberapa potongan yang populer antara lain:

1. Tenderloin Wagyu

Tenderloin merupakan potongan has dalam, yang berasal pada bagian tengah sapi wagyu. Tekstur bagian ini tergolong yang paling empuk, lembut, dan mengandung lemak yang membuat rasanya nikmat.

2. Sirloin Wagyu

Sirloin adalah potongan yang berasal dari punggung sapi. Meskipun secara tekstur cenderung lebih alot, tapi rasanya tak kalah nikmat dengan kadar lemak yang lebih sedikit. Di berbagai restoran, sirloin termasuk potongan steak unggulan yang banyak peminatnya.

3. Rib Eye Wagyu

Berasal dari sekitar tulang rusuk dan area punggung, rib eye juga menjadi potongan unggulan. Di Indonesia, kamu mungkin lebih akrab dengan istilah iga. Bagian ini punya keunggulan dari tingkat kegurihannya yang bikin ketagihan.

Meskipun mungkin beredar jenis potongan wagyu lain di pasaran, tapi tiga potongan ini yang termasuk paling populer dan memiliki rasa lezat.

Kalau kamu mencoba langsung kelezatannya, kamu bisa pesen daging steak sekarang di Steak Hotel by Holycow. Kami memiliki paket set steak wagyu tenderloin, sirloin, serta rib eye dengan kualitas premium dan harga yang minimum.

Berbagai jenis daging wagyu unggulan tersebut, kami siapkan dengan komponen lain seperti seasoning, sauce, sayuran, serta sumber karbohidrat. Jadi, kamu bisa lebih praktis dalam mengolah dan menyantapnya. 

Kamu bisa pesan sekarang untuk buktikan kelezatannya!

Leave a comment

All comments are moderated before being published