Home Story Rekomendasi Film Sejarah Indonesia, Kamu Wajib Tonton!

Rekomendasi Film Sejarah Indonesia, Kamu Wajib Tonton!

Salah satu aktivitas yang seru untuk melepas penat adalah menonton film. Ada banyak genre dan tema film yang bisa kamu tonton, misalnya tentang perjuangan. Indonesia sendiri mempunyai banyak film yang menceritakan sejarah atau tokoh inspiratif. Penasaran apa saja rekomendasi film sejarah Indonesia yang apik dan berkesan? Yuk, simak ulasan di bawah ini. 

Rekomendasi Film Sejarah Indonesia, Kaya Makna dan Inspirasi

Daftar film di bawah ini tidak hanya menceritakan semangat juang masyarakat Indonesia melawan penjajah, namun juga dapat menambah wawasan. Tidak perlu menunggu 17 Agustus untuk menonton film perjuangan, bukan? 

1. Tjoet Nja Dhien (1988)

Tjoet Nja Dhien (1988)

Film yang menjadi pemenang Piala Citra tahun 1988 berkisah tentang biografi salah satu tokoh perempuan pejuang asal Aceh, Tjoet Nja Dhien. Dikisahkan, Tjoet Nja Dhien sangat gigih melawan penjajahan Belanda. 

Peperangan antara Belanda dan Aceh merupakan yang terpanjang di dalam sejarah. Namun, justru orang kepercayaan lah yang memberontak kepadanya. Akankah Tjoet Nja Dhien menang? 

2. Trilogi Merdeka (2009-2011)

Hati Merdeka

Sebagai film trilogi pertama di Indonesia, Trilogi Merdeka cukup memberikan kesan kagum di hati penonton. Film sejarah Indonesia sebelum merdeka berkisah tentang pejuang yang sedang melawan penjajah. 

Rilis tahun 2009, film pertama berjudul “Merah Putih” berlatar sejarah perjuangan di daerah Jawa Tengah. Film ini tergolong fiktif, namun cukup menarik. 

3. Sang Pencerah (2010)

sang pencerah

Film lain yang bertema biografi adalah Sang Pencerah, rilis tahun 2010 silam. Mengadaptasi dari kisah hidup KH. Ahmad Dahlan selaku pimpinan organisasi Islam Muhammadiyah. 

Tak hanya tentang perjuangan KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah, film ini juga sarat makna. Ada banyak nilai-nilai yang diajarkan, seperti toleransi, semangat perubahan hingga konsistensi. 

Sempat kontroversial, namun penggambaran KH. Ahmad Dahlan di film ini sangat menginspirasi. 

4. Soekarno (2013)

soekarno

Film garapan Hanung Bramantyo ini merupakan kisah perjuangan Soekarno sebagai proklamator Indonesia. Aktor Ario Bayu berperan sebagai Soekarno muda yang harus keluar masuk penjara karena dianggap pemberontak. 

Beberapa scene di film ini sempat menjadi kontroversi, namun penggambarannya tokoh Soekarno sudah sangat pas dan cukup heroik. Film yang berdurasi 137 menit ini berhasil menang dalam ajang Festival Film Bandung. 

5. Sang Kyai (2013)

sang kiai

Salah satu film drama sejarah terbaik adalah Sang Kyai. Kisah yang mengangkat perjuangan pendiri Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asyari ini berlatar belakang larangan pengibaran merah putih. Sebagai tokoh agama, KH. Hasyim Asy'ari menolak hal tersebut, namun ditangkap. 

Dengan bantuan Soekarno, KH. Hasyim Asy’ari mencetuskan jihad untuk mempertahankan Indonesia. Bagaimana kisah perjuangan ulama Islam ini?

6. Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015)

guru bangsa tjokroaminoto

Film tokoh sejarah Indonesia selanjutnya adalah Guru Bangsa : Tjokroaminoto. Kisah HOS Tjokroaminoto dalam memperjuangkan hak serta martabat masyarakat Indonesia yang diperankan Reza Rahardian ini berhasil menghipnotis penonton. 

Sutradara film ini sangat apik menggambarkan kehidupan di era Hindia Belanda. Tjokroaminoto yang merupakan keturunan bangsawan rela berbaur dengan rakyat jelata karena merasakan adanya ketidakadilan dan bertekad melawan penjajah. 

Sebagai tokoh pencetus Sarekat Dagang Islam, Tjokroaminoto berhasil merekrut 2 juta anggota. Gebrakan ini dianggap bahaya oleh penjajah. Ingin melihat bagaimana pribumi menuntut kesetaraan hak? Masukkan film ini dalam playlist kamu. 

7. Kartini (2017)

kartini

Kartini merupakan film sejarah perempuan yang rilis 2017 lalu. Sebelumnya  film sejarah Indonesia di Netflix ini pernah tayang tahun 1982 silam. Sosok Kartini adalah perempuan cerdas yang mendirikan sekolah untuk para pribumi dan berjuang demi emansipasi. 

Ia beranggapan bahwa perempuan juga layak mendapatkan pendidikan seperti laki-laki. Dalam film ini, penonton akan dibawa perasaan, terlebih saat scene Kartini menjadi istri ketiga. Film inspiratif ini menyabet banyak penghargaan.

8. Sultan Agung (2018)

sultan agung

Film tentang perjuangan Indonesia selanjutnya adalah Sultan Agung. Bercerita tentang kisah Sultan Agung yang mulai beranjak dewasa dan permasalahan melawan VOC.  Ia berniat menyatukan kembali adipati yang tercerai berai akibat fitnah VOC. Akankah perjuangannya membuahkan hasil? 

Holycow Pilihan Terbaik Teman Menonton Film

Nah, menonton film memang paling enak sambil mengunyah sesuatu. Kalau biasanya kamu menikmati jalannya film sambil ngemil popcorn, kini kamu bisa mencoba menu di resto Steak Hotel by Holycow

Holycow hadir untuk memberikan pengalaman menonton yang berbeda, nih. Apalagi sekarang kamu bisa memasak steak Holycow di rumah, segampang membuat mie instan, loh. 

Ada beberapa pilihan menu yang cocok untuk menemani aktivitas menonton, misalnya sate maranggi premium  dengan daging Australian Sirloin Beef. kamu bisa menyantap sate sambil menonton salah satu rekomendasi film sejarah Indonesia di atas, ya

Jangan kuatir, Holycow juga menyediakan menu lainnya yang bisa kamu pilih. Jadi, tunggu apa lagi? 

Leave a comment

All comments are moderated before being published