Home Story 13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia, Bikin Semangat

13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia, Bikin Semangat

Nonton film kemerdekaan Indonesia bisa jadi salah satu agenda wajib di bulan Agustus. Selain bisa mengenang jasa pahlawan, kamu juga bisa mempelajari sikap patriotisme dan nasionalisme. Apa saja rekomendasi film kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu tonton saat ini?

1. November 1928 (1979)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Magma Entertainment

Film perjuangan Indonesia jadul satu ini diarahkan langsung oleh Teguh Karya dengan pemeran utama Slamet Rahardjo. 

Mengambil latar waktu tahun 1928, film ini memperlihatkan kegigihan rakyat di Jawa melawan penjajahan Hindia Belanda kala itu. Durasi filmnya 2 jam 20 menit dan berhasil meraih 7 awards di FFI (Festival Film Indonesia) lho

2. Doea Tanda Mata (1985)

13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Flickr

Ejaan jadul dari Dua Tanda Mata ini berkisah tentang 2 perwira yang berjuang bersama meski memiliki latar belakang berbeda. Film ini merupakan hasil kolaborasi PH Benoa dan Cinema Delapan.

Saat menonton film ini kamu tidak akan merasa kecewa karena riset mendalam membuat plotnya begitu menarik dan nyata. Kamu bisa merasakan kehidupan dan kegiatan di akmil saat itu lho.

3. Tjoet Nja’ Dhien (1988)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

CNN Indonesia

Rekomendasi film perjuangan Indonesia lain yang bisa kamu tonton di Mola TV adalah Tjoet Nja’ Dhien. Kamu bisa melihat perjuangan rakyat Aceh yang dipimpin oleh Cut Nyak Dien bersama rekan-rekannya di perang Aceh. 

FIlm ini berhasil meraih 8 piala di Piala Citra dan sempat direstorasi di Belanda lalu naik lagi ke layar lebar lho

4. Trilogi Merdeka (2009)

13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Rupa Rupa

Kamu yang hobi nonton film dengan alur yang nyambung bisa nonton trilogi Merdeka. Film Merah Putih (2009) bercerita tentang Agresi Militer Belanda pertama yang kala itu terjadi tahun 1947. 

Darah Garuda (2010) berkisah tentang terpecahnya para pejuang karena rahasia masa lalu. Hati Merdeka (2011) lebih fokus pada pejuang yang diuji kesetiaannya karena pimpinannya mundur. 

5. Soegija (2012)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Mimbar Untan

Film drama satu ini mengambil latar sejarah Indonesia. Menjadi karya kesekian sutradara Garin Nugroho tentang film sejarah. Kisahnya mengenai catatan harian Mgr. Soegijapranata, tokoh pahlawan nasional.

Di film ini hadir pula cerita tentang tokoh dari Jepang, Belanda, dan bahkan sipil dan militer. Jadi kamu bisa menambah wawasan sejarah lebih lengkap.

6. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Zigi.id

Karya sutradara kawakan, Hanung Bramantyo ini berdurasi 137 menit. Kamu bisa melihat perjalanan hidup sang proklamator lewat film ini. 

Dirilis tahun 2013 lalu, film Soekarno: Indonesia Merdeka berhasil meraih penghargaan Film Terpuji di FFB tahun 2014. Kamu bisa nonton film ini di platform Netflix dan Vidio ya.

7. Jenderal Soedirman (2015)

 

13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Graha Permata Group

Dalam film perjuangan Indonesia ini, kamu bisa melihat perlawanan Indonesia terhadap Belanda saat Agresi Militer II. Kala itu, Soekarno-Hatta diasingkan ke Pulau Bangka dan Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya untuk mengalahkan Belanda. 

Kamu bisa merasakan semangat luar biasa dari sosok sang jenderal yang terus mengobarkan semangat bagi rakyat. 

8. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

FFI

Film perjuangan Indonesia yang satu ini bertabur bintang seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, dan lain-lain. Diarahkan langsung oleh Garin Nugroho, film ini berkisah tentang guru bangsa yang menjadi sosok penting dibalik pendidikan pemimpin negeri ini.

Feedback positif dari masyarakat juga diiringi dengan raihan 3 piala di FFI tahun 2015 lalu.

9. Battle of Surabaya (2015)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Good News From Indonesia

Film kemerdekaan untuk anak-anak, Battle of Surabaya adalah animasi tentang keterlibatan Musa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Remaja semir sepatu ini jadi kurir bagi arek-arek Suroboyo dan menyaksikan perjuangan mereka tanggal 10 November 1945.

Bentuk film dalam animasi tentunya membuat anak lebih mudah mencerna informasi yang disampaikan.

10. Kartini (2017)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Netflix

Meski Hari Kartini diperingati di bulan April, tapi tak ada salahnya menonton film biografi beliau di bulan Agustus. Film garapan Hanung Bramantyo ini mendapuk Dian Sastro sebagai sosok Kartini.

Kamu bisa melihat sosok wanita yang kuat, cerdas, dan berani dalam mengambil keputusan serta menghadapi masalah yang menderanya. Film ini berhasil meraih piala di FFI 2017.

11. Perburuan (2019)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Movieden

Film tentang kemerdekaan Indonesia satu ini mengangkat kisah tentang pejuang PETA. Latar waktunya 6 bulan setelah gagalnya PETA melawan penjajah Jepang.

Salah satu komandan peleton PETA menjadi buruan tentara Jepang dan harus bersembunyi. Di satu waktu, ia akhirnya tahu kenyataan pahit bahwa ia dikhianat oleh ayah tunangan dan juga sahabatnya.

12. Bumi Manusia (2020)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

Popbela

Ini adalah karya lain dari sutradara kawakan, Hanung Bramantyo. Berhasil meraih 4 piala di FFB kala itu. Diadaptasi langsung dari buku laris karya Pramoedya Ananta Toer dengan latar waktu masa penjajahan Belanda.

Kisahnya tentang Minke dan Annelies yang memiliki latar belakang berbeda namun saling jatuh cinta. Banyak masalah sosial dan budaya yang tidak adil karena hubungan mereka.

13. Kadet 1947 (2021)


13 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia

IMDb

Ini adalah salah satu film perjuangan Indonesia terbaru di Netflix. Berkisah tentang misi serangan udara pertama Angkatan Udara oleh para kadet atau calon penerbang AU. 

Latar tempat film ini adalah markas pertahanan Belanda di Ambarawa, Salatiga, dan juga Semarang. Kadet 1947 juga berhasil meraih feedback positif dari pecinta film tanah air lho.

Rekomendasi film kemerdekaan Indonesia di atas bisa kamu tonton tak hanya pada bulan Agustus saja lho. Lengkapi moment nontonmu dengan menyantap steak berkualitas dari Holycow! Butuh rekomendasi? Cobain deh Grain Fed Tomahawk yang lembut dan juicy. Pilih side dish favoritmu sekarang!

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published